8 Cara Bayar Tagihan PLN Lewat AstraPay : Syarat & Biaya Admin

Cara Bayar Tagihan PLN Lewat AstraPay – Banyaknya aplikasi dompet digital memang kerap dijadikan sebagai layanan pembayaran online oleh kebanyakan orang. Terkadang mereka malah mengganti layanan Mobile Banking dengan dompet digital untuk urusan keuangan sehari-hari. Dari banyaknya aplikasi dompet digital tersebut, kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan LinkAja, OVO, Dana, Gopay, ShopeePay dan yang terbaru adalah AstraPay.

Nah disini kami akan menjelaskan mengenai AstraPay atau lebih tepatnya cara bayar tagihan PLN lewat AstraPay. Ya, AstraPay memang menjadi salah satu layanan dompet digital terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti pembayaran tagihan, pembelian bahkan pinjaman online. Pinjaman online AstraPay sendiri dikenal dengan AstraPay Paylater yang juga sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya. Maka dari itu, ini yang mungkin menjadi faktor mengapa AstraPay banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Kembali ke topik utama di pertemuan kali ini mengenai cara bayar tagihan PLN lewat AstraPay. Disini kami bukan hanya memberikan informasi detail terkait langkah-langkah pembayaran tagihan PLN saja, namun syarat dan informasi biaya admin juga akan kami sampaikan di pertemuan kali ini. Selain itu ada juga beberapa poin penting terkait pembayaran tagihan lewat Astra Pay satu ini, salah satunya adalah jatuh tempo bayar tagihan PLN.

Menyinggung sedikit mengenai jatuh tempo, untuk pembayaran tagihan PLN ini bisa dilakukan sebelum tanggal 20 di setiap bulannya untuk menghindari denda keterlambatan. Dengan adanya AstraPay ini, kami rasa kalian akan jauh dari kata denda karena bisa melakukan pembayaran kapan pun dan dimana pun. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai cara bayar tagihan PLN lewat AstraPay berikut ini.

Cara Bayar Tagihan PLN Lewat AstraPay
Citayam

Syarat Bayar Tagihan PLN Lewat AstraPay

Pembahasan awal, kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai syarat. Syarat merupakan hal penting yang wajib diketahui oleh kalian dalam proses ini. Syarat untuk melakukan pembayaran tagihan disini adalah kalian sudah mengetahui nomor ID Pelanggan PLN, kemudian pastikan kembali bahwa saldo di AstraPay telah tersedia dan terakhir pastikan koneksi internet yang digunakan stabil agar nantinya proses pembayaran tagihan bisa berjalan lancar tanpa kendal. Selain ketiga syarat tersebut, kami rasa tidak ada syarat lain yang diperlukan sehingga proses pembayaran bisa segera dilakukan.

Baca  √ Pinjaman Online Asakita 2022 : Keunggulan, Syarat & Pengajuan

Cara Bayar Tagihan PLN Lewat AstraPay

Setelah kita mengetahui lebih jelas mengenai syarat bayar tagihan listrik PLN lewat AstraPay diatas, berikutnya kita akan masuk ke poin pembahasan utama yaitu cara bayar tagihan PLN lewat Astra Pay. Ada beberapa langkah disini yang wajib kalian simak baik-baik. Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.

1. Buka Aplikasi AstraPay

Langkah pertama disini kalian bisa masuk ke aplikasi AstraPay terlebih dahulu. Nah di halaman utama, kalian bisa langsung pilih menu Tagihan & Isi Ulang.

Buka Aplikasi AstraPay

2. Pilih Menu PLN

Di halaman berikutnya, akan muncul beberapa pilih menu, nah disini kalian bisa langsung pilih menu PLN.

Pilih Menu PLN

3. Masukkan Nomor Tagihan

Kemudian kalian akan diminta untuk memasukkan nomor tagihan PLN. Jika kalian pengguna listrik prabayar, kalian bisa pilih menu Token, dan jika kalian pengguna listrik pascabayar kalian pilih tagihan. Nah disini kalian pilih tagihan dan masukkan nomor pelanggan PLN kalian dengan lengkap.

Masukkan Nomor Tagihan

4. Konfirmasi Transaksi

Berikutnya akan muncul halaman konfirmasi transaksi. Cek kembali apakah semua data sudah benar. Jika sudah tap Bayar.

Konfirmasi Transaksi

5. Masukkan PIN AstraPay

Lalu masukkan PIN AstraPay kalian.

Masukkan PIN AstraPay

6. Masukkan Kode OTP

Dan untuk langkah terakhir, kalian bisa memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP terdaftar di AstraPay dan tunggu proses pembayaran selesai.

Masukkan Kode OTP

Mengenai pembayaran tagihan listrik PLN diatas, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan disini. Pertama adalah bahwa produk listrik PLN Token dan Tagihan tersebut tidak akan tersedia pada jam cut off maintenance di pukul 23.00-01.00. Jadi bisa diartikan apabila kalian melakukan transaksi pada jam-jam tersebut, maka transaksi akan diproses ketika sudah masuk jam kerja. Kemudian untuk jatuh tempo pembayaran PLN Tagihan adalah per tanggal 20 di setiap bulannya.

Baca  4 Cara Bayar Cicilan FIFGROUP di AstraPay (Syarat dan Biaya Admin)

Biaya Admin

Lalu untuk soal biaya admin bayar tagihan listrik lewat AstraPay, disini kalian akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.000 saja. Besaran biaya admin yang cukup ringan dibandingkan dengan kalian membayar tagihan melalui Alfamart, Indomaret maupun kantor pos yang bisa dibebani biaya admin diatas Rp 2.000. Maka dari itu disini kami sangat merekomendasikan AstraPay untuk kalian jadikan opsi utama ketika bayar tagihan Listrik PLN kalian.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan daripada pembahasan diatas mengenai cara bayar tagihan PLN lewat AstraPay. Bisa disimpulkan bahwa AstraPay merupakan salah satu aplikasi pembayaran online yang bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan pembayaran, bukan hanya bayar tagihan listrik saja, kalian juga bisa bayar tagihan motor lewat AstraPay ini. Selain itu, pembayaran tagihan listrik ini juga akan dikenai biaya admin yang cukup ringan, yakni hanya Rp 2.000 saja. Namun ketahui juga bahwa ada jam-jam tertentu dimana transaksi bayar tagihan tidak bisa langsung dilakukan, yaitu pada pukul 23.00-01.00.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai tutorial lengkap cara bayar tagihan PLN lewat AstraPay. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian serta menjadi referensi ketika bingung cara bayar tagihan listrik di AstraPay.