30 Syarat KUR TKI Sinarmas 2021 : Biaya, Bunga & Keuntungan

Syarat KUR TKI Sinarmas – Bank Sinarmas menjadi salah satu bank yang dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan produk PINJAMAN KUR. KUR Bank Sinarmas diperuntukkan untuk para pelaku usaha mikro dan juga untuk para calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

Membahas mengenai KUR TKI Sinarmas, pada pertemuan kali ini idekredit. com akan membahas mengenai informasi seputar KUR TKI Sinarmas. Pembahasan ini mulai dari syarat, suku bunga, keunggulan, biaya dan juga cara mengajukan KUR Sinarmas.

Bagi kalian yang sudah mendaftar menjadi pekerja di negara lain dan membutuhkan dana tunai, kalian tentu dapat mengajukan KUR TKI Sinarmas. Besaran kredit maksimal adalah Rp 25 juta, dengan suku bunga rendah serta syarat ringan.

Lalu bagaimana untuk cara pengajuannya? Kemudian biaya apa saja yang dibebankan? Nah mengenai hal ini, lebih baik langsung saja kalian simak informasi lengkap seputar syarat dan cara mengajukan KUR TKI Bank Sinarmas berikut.

Syarat KUR TKI Sinarmas

Mengenai pembahasan dibawah ini, kami akan memberikan informasi apa itu KUR TKI Sinarmas, lebih jelasnya simak berikut.

Apa Itu KUR TKI Sinarmas?

KUR TKI Bank Sinarmas merupakan KTA atau kredit tanpa agunan untuk diberikan kepada Calon Tenaga Kerja Indonesia dan dapat digunakan untuk mengganti biaya pengurusan dokumen, pelatihan dan pemberangkatan sampai penempatan di negara tujuan.

KUR Sinarmas sendiri hadir dengan plafon dan jangka waktu pinjaman sesuai dengan cost structur (struktur biaya) yang dirilis oleh pihak BNP2TKI. Tanpa adanya jaminan, plafond sesuai dengan Cost Structure serta dapat mengajukan biaya sesuai analisa bank.

Suku bunga mulai dari 0,4% flat/bulan (KUR), 0,9% flat/bulan (Non KUR) dan tenor kredit maksimal sesuai masa kontrak.

Keunggulan KUR TKI Sinarmas

Keunggulan KUR TKI Sinarmas

KUR Bank Sinarmas khusus untuk para TKI ini juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

Jangka Waktu Maksimal

Dengan mengajukan kredit melalui produk KUR TKI di Bank Sinarmas, kalian dapat memilih jangka waktu kredit maksimal sesuai dengan jangka waktu kontrak. Ini menjadi salah satu keunggulan yang jarang dimiliki oleh produk KUR bank lain. Maka tak heran jika KUR TKI Sinarmas banyak diminati.

Plafond Maksimal

Selain itu, keunggulan kedua adalah plafond kredit maksimal sampai Rp 25 juta. Dengan dana tersebut dapat kalian manfaatkan untuk biaya proses pemberangkatan ke negara tempat kalian akan bekerja.

Suku Bunga Kompetitif

Sedangkan untuk suku bunga juga sangat bersaing, dimana KUR TKI Sinarmas memiliki suku bunga 9% flat efektif per tahun sesuai dengan ketentuan KUR.

Tanpa Agunan

Dan keunggulan terakhir adalah pinjaman ini tidak memerlukan agunan atau jaminan.

Tarif & Biaya

Pengajuan KUR TKI dari Bank Sinarmas juga memiliki beberapa biaya-biaya yang dapat kalian simak di bawah.

KeteranganBiaya
Biaya ProvisiGratis biaya provisi
Biaya Administrasi3% eff x plafond
Suku Bunga9% eff p.a

Syarat Mengajukan KUR TKI Sinarmas

Syarat Pengajuan KUR TKI Sinarmas

Setelah mengetahui apa itu KUR TKI Sinarmas, keunggulan serta suku bunga dan biayanya, selanjutnya kalian dapat simak beberapa syarat yang diperlukan sebelum memutuskan melakukan pengajuan. Adapun syarat tersebut diantaranya adalah:

  • Perorangan, Warga Negara Indonesia.
  • Usia Minimal 18 Tahun.
  • Foto Copy KTP calon debitur.
  • Foto Copy Kartu Keluarga.
  • Foto Copy Passpor masih berlaku.
  • Foto Copy Perjanjian Penempatan Antara TKI dan PPTKIS.
  • Foto Copy Perjanjian Kerja antara TKI dan majikan yang dikeluarkan oleh Kamar Dagang Ekonomi Indonesia KDEI / KJRI/KBRI di negara penempatan.
  • Surat Pengajuan ke Lembaga Keuangan.
  • Hasil BI Checking Positif (kolektibilitas 1) pada saat pengajuan kredit.
  • Formulir Aplikasi KTA TKI yang sudah diisi lengkap & ditandatangani oleh calon TKI.

Cara Mengajukan KUR TKI Sinarmas

Cara Pengajuan KUR TKI Sinarmas

Jika semua syarat pengajuan sudah dilengkapi, langkah selanjutnya adalah cara mengajukan. Perlu kalian ketahui bahwa pengajuan KUR TKI Sinarmas ini hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang Sinarmas langsung. Di bawah ini dapat kalian simak prosedur pengajuan pinjaman KUR TKI berikut ini.

  1. Pertama datang ke kantor bank Sinarmas terdekat setempat, jangan lupa juga bawa syarat dokumen.
  2. Setelah itu ambil nomor antrian CS dan tunggu sampai nomor antrian dipanggil.
  3. Jika sudah dipanggil, datang dan temui petugas lalu sampaikan niat kalian yakni untuk mengajukan pinjaman KUR TKI.
  4. Petugas akan menjelaskan lebih detail mengenai produk pinjaman tersebut.
  5. Jika dirasa sudah paham, petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir. Jika sudah mengisi formulir KTA melalui aplikasi, serahkan kepada petugas beserta syarat dokumen yang diperlukan.
  6. Sampai disini petugas akan melakukan evaluasi formulir pengajuan dan syarat dokumen milik kalian.
  7. Kalian dapat kembali kerumah dan menunggu informasi dari pihak bank terkait diterima atau tidaknya pengajuan tersebut.

Perlu diketahui bahwa proses mengajukan KUR TKI juga sama dengan bank-bank lain, dimana biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja. Nah, jika pengajuan pinjaman diterima, pihak akan menghubungi melalui nomor HP yang ada di formulir pengajuan. Biasanya kalian akan diminta untuk datang ke kantor untuk melakukan tanda tangan kontrak serta pencairan dana pinjaman.

FAQ

Apakah pengjuan KUR TKI Sinarmas ini tidak memerlukan jaminan?

Tidak.

Berapa maksimal pinjaman dari KUR TKI Sinarmas?

Maksimal pinjaman adalah Rp 25 juta.

Apakah pengajuan dapat dilakukan secara online?

Untuk saat ini pengajuan hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang Sinarmas setempat.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR TKI Sinarmas yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.