15 Contoh Penipuan Pinjaman Online Lewat WA & Cara Mengatasinya

Contoh Penipuan Pinjaman Online – Saat ini pinjaman online ilegal memang kerap mencari mangsa melalui pesan SMS, WA dan juga aplikasi sosial media. Minimnya pengetahuan mengenai pinjaman online dan juga keterbatasan informasi terkait akan hal tersebut memang banyak orang yang terjerat oleh pinjaman ilegal tersebut. Terlebih lagi ketika dalam keadaan mendesak, orang-orang akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang pinjaman secara instan, tidak perduli dengan bunga besar maupun tenor yang singkat.

Hal ini memang harus benar-benar diperhatikan, karena banyak sekali orang yang terjerat pinjaman online ilegal. Alih-alih mendapatkan bantuan, yang ada mereka malah semakin menambah masalah. Banyak sekali contoh kasus penipuan pinjaman online lewat WA. Dimana merek tergiur dengan besaran pinjaman besar, dengan suku bunga ringan. Padahal tidak seperti itu adanya, setiap pinjaman online ilegal memang melakukan penipuan dengan memberikan iming-iming bunga rendah dan proses cepat serta syarat yang hanya berupa KTP saja.

Namun untuk segi biaya admin dan lain sebagainya, pasti mereka tidak akan memberikan informasi lengkap. Padahal setiap pinjaman online yang terdaftar di OJK, mereka akan memberikan informasi secara transparan. Maka dari itu disini kami akan menginformasikan beberapa contoh penipuan pinjaman online lewat WA yang bisa kalian jadikan pengetahuan agar tidak terjebak oleh pinjaman online tersebut. Selain membahas terkait hal tersebut, kami juga akan memberikan informasi lainnya terkait bagaimana cara mengatasi ketika ada penipuan lewat WA yang dilakukan oknum tersebut.

Baca  √ Pinjaman Modal Usaha Bank Mandiri 2021: Syarat dan Keuntungan

Membahas mengenai contoh pinjaman online, ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kalian gunakan untuk mengatasi penipuan ini. Cara pertama sudah pasti dengan mengabaikan pesan lewat WA atau SMS yang dilakukan oleh sejumlah oknum tersebut. Kemudian usahakan untuk mempertimbangkan dengan matang ketika hendak mengajukan pinjaman online. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap terkait contoh penipuan pinjaman online yang telah kami siapkan berikut ini.

Contoh Penipuan Pinjaman Online

Ciri-Ciri Penipuan Pinjaman Online

Penipuan pinjaman online memang cukup meresahkan di kalangan masyarakat. Maka dari itu kalian perlu berhati-hati karena ada banyak sekali modus yang dilakukan oleh para oknum tersebut untuk meraup keuntungan dengan cara penipuan berkedok pinjaman online. Banyak juga contoh-contoh modus penipuan pinjaman online yang mungkin sudah banyak kalian lihat di beberapa forum atau lainnya. Penting diketahui bahwa ada beberapa ciri-ciri penipuan pinjaman online, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Syarat Ketentuan Tidak Transparan

Ciri-ciri penipuan pinjaman online pertama biasanya mereka tidak akan memberikan informasi terkait syarat ketentuan dengan jelas. Padahal pemberi pinjaman harus menginformasikan hal tersebut dengan lengkap dan jelas.

2. Meminta Uang Muka

Ciri-ciri atau modus penipuan pinjaman online biasanya mereka akan meminta uang muka terlebih dahulu kepada peminjam sebelum menerima dana pinjaman. Modus seperti ini seharusnya sangat tidak masuk akal, karena bagaimana bisa seorang yang butuh pinjaman harus menyetorkan uang terlebih dahulu?

3. Terkesan Memaksa

Kemudian terkesan adanya unsur pemaksaan ketika menawarkan pinjaman secara online. Contoh penipuan dengan kasus seperti ini memang kerap terjadi, bagi yang minim pengalaman pinjaman online mereka akan dengan mudah mengikuti semua arahan yang diminta oleh oknum tersebut.

4. Meminta Izin Akses Selain Camera, Microphone dan Location

Kemudian ciri-ciri penipuan pinjaman online yang terakhir kerap meminta izin akses lebih selain kamera, suara dan lokasi. Padahal sesuai aturan OJK, pinjaman online harus meminta izin akses tidak lebih dari 3 poin tersebut. Jika mereka meminta izin akses hingga kontak, galeri dan sebagainya, sudah dapat dipastikan mereka merupakan PINJAMAN ONLINE ILEGAL.

Baca  8 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal & Resiko Gagal Bayar

Cara Mengatasi Penipuan Pinjaman Online Lewat WA

Kemudian berbicara mengenai seperti apa cara mengatasi penipuan pinjaman online, adalah dengan melaporkan pinjaman tersebut ke pihak berwajib. Mengenai cara melaporkan pinjaman online ilegal ini bisa dilakukan melalui 3 metode, yakni sebagai berikut.

1. Lapor ke Pihak Kepolisian

Cara pertama yakni dengan melaporkan ke pihak Kepolisian untuk proses hukum. Pelaporan bisa dilakukan melalui laman https://patrolisiber.id atau mengirim pengaduan ke alamat email info@cyber.polri.go.id.

`2. Lapor ke Satgas Waspada Investasi

Cara kedua adalah dengan melaporkan ke Satgas Waspada Investasi untuk pemblokiran melalui alamat email waspadainvestasi@ojk.go.id.

3. Lapor ke Aduan Konten Kominfo

Terakhir adalah dengan melaporkan ke Aduan Konten Kominfo melalui alamat email aduankonten@kominfo.go.id, atau ke nomor WhatsApp 08119224545 dan laman aduankonten.id.

Contoh Penipuan Pinjaman Online Lewat WA & SMS

Nah di bawah ini juga dapat kalian simak beberapa informasi mengenai contoh penipuan pinjaman online lewat WA yang bisa kalian jadikan pengetahuan agar mudah mengetahui modus penipuan pinjaman ilegal tersebut.

Penipuan Pinjaman Online Lewat SMS
Penipuan Pinjaman Online Lewat SMS 2
Penipuan Pinjaman Online Lewat SMS 3
Penipuan Pinjaman Online Lewat SMS 4
Penipuan Pinjaman Online Lewat SMS 6
Penipuan Pinjaman Online Lewat WA
Screenshot 2019 07 06 10 35 16

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh penipuan pinjaman online lewat WA dan juga SMS. Disini kalian harus benar-benar mengetahui seperti apa ciri-ciri dan modus yang dilakukan oleh oknum-oknum tersebut. Jika kalian sudah mengetahuinya, tentu kalian bisa mengabaikan pesan tersebut dan segera menghubungi pihak terkait agar bisa ditangani. Kalian juga melakukan pemblokiran nomor tersebut agar tidak mengganggu.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak mengenai contoh penipuan pinjaman online lewat WA dan SMS. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.