√ Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri Ditolak ? Penyebab & Cara Mengatasi

Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri Ditolak – Pinjaman bank sampai saat ini masih menjadi opsi utama bagi sebagian masyarakat di Indonesia, khususnya bagi para pelaku UMKM. Salah satu jenis pinjaman yang paling banyak diajukan oleh pelaku UMKM adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Produk pinjaman ini merupakan salah satu program dari Pemerintah yang disalurkan oleh bank HIMBARA seperti BRI, Mandiri dan BNI. Nah disini kami akan membahas mengenai KUR Mandiri.

Seperti kita tahu bahwa KUR BANK MANDIRI memang memiliki persyaratan pengajuan yang cukup ringan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua calon debitur yang mengajukan sudah pasti disetujui oleh pihak bank Mandiri. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa penyebab mengapa pengajuan KUR Mandiri ditolak oleh pihak bank. Banyak para nasabah yang bertanya mengapa pengajuan KUR ditolak, padahal semua dokumen sudah lengkap.

Kelengkapan dokumen juga bukan menjadi tolak ukur pihak terkait menerima pengajuan, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa kalian ketahui. Penyebab lainnya juga kemungkinan dikarenakan kalian memiliki riwayat kredit yang buruk. BI Checking ini diperlukan ketika mengajukan pinjaman Mandiri, jadi jika calon debitur memiliki skor kredit yang buruk, sudah pasti pihak terkait akan menolak pengajuan pinjaman calon debitur tersebut.

Lalu jika sudah demikian, apakah ada cara lain agar pengajuan KUR Mandiri bisa diterima pihak bank? Nah maka dari itu kalian bisa simak terus pembahasan kali ini sampai akhir, karena kami akan memberikan informasi terkait pengajuan KUR Mandiri ditolak, dan bagaimana cara mengatasi agar nantinya pinjaman KUR Mandiri tidak ditolak. Daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pengajuan KUR Mandiri Ditolak

Penyebab Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri Ditolak

Pada poin pembahasan kali ini, kami akan memberikan beberapa alasan atau penyebab mengapa pengajuan pinjaman KUR Mandiri kalian ditolak. Informasi seperti ini sangat penting untuk kalian pahami, jadi ketika kalian mengalami hal ini, kalian bisa langsung memahami mengapa pengajuan pinjaman KUR Mandiri ditolak oleh pihak bank. Lebih jelasnya langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Baca  Blibli Paylater Tidak Bisa Digunakan ? 6 Penyebab dan Solusi

1. Dokumen Kurang Lengkap

Penyebab pengajuan ditolak pertama adalah dikarenakan dokumen persyaratan kurang lengkap. Mandiri tentunya selalu mewajibkan calon debitur untuk menyiapkan dokumen persyaratan ketika hendak mengajukan pinjaman. Adapun syarat tersebut juga nantinya akan menjadi pertimbangan dasar dari pihak bank. Maka dari itu apabila dokumen tersebut kurang lengkap, otomatis pihak perbankan tidak akan melanjutkan proses pengajuan sebelum dokumen tersebut benar-benar lengkap.

2. Tidak Lolos BI Checking

Penyebab berikutnya adalah dikarenakan calon debitur memiliki skor kredit yang sangat buruk. BI Checking juga merupakan prosedur pengajuan yang diwajibkan oleh Mandiri. Dengan mengetahui riwayat kredit calon debitur ini juga menjadi pertimbangan apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Skor kredit buruk biasanya karena debitur sebelumnya pernah menunggak pembayaran angsuran atau tidak membayar angsuran.

3. Memiliki Pinjaman Bank Lain

Ada beberapa bank yang mungkin tidak masalah ketika debitur memiliki pinjaman bank lain dan kemudian mengajukan pinjaman. Akan tetapi lain halnya dengan Mandiri, jika calon debitur masih memiliki pinjaman lain, walaupun semua syarat dan lain-lain sudah lengkap, pihak bank akan menolak pengajuan tersebut.

4. Tujuan Pinjaman Tidak Jelas

Setiap jenis pinjaman pastinya memiliki tujuan yang pasti. Akan tetapi jika kalian mengajukan pinjaman tanpa memberikan informasi kejelasan akan dana pinjaman yang akan digunakan, maka pihak bank tidak bisa menyetujui pengajuan kredit tersebut.

5. Tidak Memiliki Usaha Nyata

KUR Mandiri memiliki syarat dan ketentuan, dimana pinjaman ini diperuntukkan bagi para pelaku UMKM yang memiliki usaha nyata. Nantinya pinjaman tersebut juga bisa digunakan untuk menambah modal usaha maupun investasi. Apabila kalian mengajukan pinjaman KUR dan tidak memiliki bentuk usaha nyata, maka pengajuan KUR akan ditolak.

Baca  AstraPay Paylater Gagal Sinkronisasi Akun ? Penyebab dan Solusi

6. Tidak Memiliki Agunan/Jaminan

Penyebab pengajuan KUR Mandiri ditolak adalah karena calon debitur tidak memiliki agunan. Padahal disini sudah jelas bahwasanya Bank Mandiri mewajibkan calon debitur melampirkan surat jaminan seperti BPKB Kendaraan Bermotor atau SHM. Apabila tidak memiliki agunan sudah pasti pinjaman KUR akan ditolak.

7. Jumlah Pinjaman Terlalu Besar

Penyebab pengajuan pinjaman KUR Mandiri ditolak yang terakhir adalah karena calon debitur mengajukan pinjaman dengan nominal yang melebih batas minimal pinjaman KUR. KUR Mandiri sendiri bisa memberikan besaran pinjaman maksimal hingga Rp 200 juta. Jadi jika pinjaman melebihi batas maksimal tersebut, maka pinjaman ditolak.

Tips & Cara Mengatasi Agar Pengajuan KUR Mandiri Tidak Ditolak

Tips Cara Mengatasi Agar Pengajuan KUR Mandiri Tidak Ditolak

Kalian tidak perlu berkecil hati jika pengajuan pinjaman KUR Mandiri kalian ditolak. Ada beberapa solusi mengatasi agar pinjaman bisa disetujui. Nah untuk itu kalian bisa simak beberapa tips dan cara agar pengajuan bisa disetujui oleh Mandiri, diantaranya adalah:

  • Pastikan kembali bahwa semua dokumen persyaratan diperlukan sudah lengkap.
  • Riwayat BI Checking juga bisa kalian cek lebih dahulu, jika dirasa masih memiliki track record buruk, sebaiknya urungkan niat kalian mengajukan pinjaman.
  • Jika memiliki pinjaman di bank lain, kalian bisa melunasinya lebih dulu baru kemudian ajukan pinjaman di bank Mandiri.
  • Tujuan pinjaman juga harus jelas, entah untuk tambahan modal usaha atau investasi.
  • Memiliki bentuk usaha nyata dan memiliki pembukuan keuangan yang jelas.
  • Gunakan agunan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diwajibkan oleh bank.
  • Terakhir ajukan pinjaman sesuai dengan maksimal limit pinjaman diberikan

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas, kami bisa menyimpulkan bahwa bank Mandiri tentunya memiliki wewenang lebih untuk menerima atau menolak pinjaman yang diajukan oleh calon debitur. Sebelum mengajukan pinjaman alangkah baiknya menyiapkan beberapa poin-poin yang menjadi penyebab mengapa pinjaman ditolak.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pengajuan KUR Mandiri ditolak. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.