√ Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat 2021 : Syarat & Keuntungan

Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat – Pembiayaan syariah menjadi salah satu produk pembiayaan yang saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat. Seperti kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Untuk menghindari pinjaman uang dengan suku bunga besar yang dianggap riba, masyarakat tentunya akan lebih memilih mengajukan pinjaman di beberapa bank syariah kenamaan di Indonesia, salah satunya adalah Bank Muamalat. Bank Muamalat sendiri memiliki beberapa jenis fasilitas pembiayaan, seperti KPR BANK MUAMALAT. Pembiayaan Multiguna dan Pembiayaan khusus untuk modal kerja.

Pembiayaan modal kerja ini akan menjadi topik utama dalam pembahasan kali ini yang akan idekredit.com sampaikan. Pembiayaan modal kerja memang bukan hanya dimiliki oleh bank syariah saja, melainkan bank konvensional juga menyediakan pinjaman satu ini. Berbicara mengenai pembiayaan modal kerja, pembiayaan ini memang diperuntukkan bagi perorangan maupun badan usaha untuk memenuhi segala macam kebutuhan modal kerja, seperti salah satunya adalah untuk pembelian barang-barang ataupun perlengkapan kantor, pabrik dan lain sebagainya. Bagi para pelaku bisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan fasilitas pembiayaan ini.

Perlu diketahui juga bahwa pembiayaan yang dihadirkan oleh Bank Muamalat sendiri tidak membebankan suku bunga kepada nasabah nya. Karena menggunakan prinsip secara Islami, Bank Muamalat akan menggunakan akad syariah, yakni akad musyarakah, mudharabah, atau murabahah yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan modal kerja. Dengan adanya fasilitas pembiayaan modal kerja, Bank Muamalat juga berharap agar dana tersebut dapat membantu melancarkan usaha yang tengah dijalani serta rencana pengembangan usaha menjadi lebih baik.

Bank Muamalat menyediakan plafon pinjaman mulai dari Rp 100 juta yang dapat diajukan dengan syarat-syarat yang cukup ringan. Selain membahas mengenai informasi-informasi tersebut, masih ada beberapa informasi lain yang nanti akan kami bahas secara lengkap. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat, keuntungan serta cara mengajukan pembiayaan modal kerja Bank Muamalat yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat

Apa Itu Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat?

Pembiayaan Modal Kerja dari Bank Muamalat adalah produk pembiayaan yang diperuntukkan kepada nasabah perorangan dan badan usaha yang memiliki legalitas di Indonesia. Pembiayaan ini juga bisa digunakan untuk membantu kebutuhan modal kerja usaha agar usaha yang dijalani dapat berkembang serta kelancaran operasional dapat terjamin.

Keuntungan Pembiayaan Modal Kerja

Keuntungan Pembiayaan Modal Kerja

Setelah mengetahui apa itu pembiayaan modal kerja, berikutnya kalian juga wajib mengetahui apa saja keuntungan yang dimiliki oleh pembiayaan ini. Perlu diketahui juga sebelumnya bahwasanya keuntungan setiap produk pembiayaan memang selalu dihadirkan untuk menarik minat nasabah. Adapun keuntungan pembiayaan modal kerja bank Muamalat adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan prinsip syariah dengan pilihan akad musyarakah, mudharabah, atau murabahah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan modal kerja
  • Pembiayaan bisa digunakan untuk meningkatkan atau memenuhi tambahan omset penjualan dan membiayai kebutuhan bahan baku atau biaya-biaya overhead
  • Tenor pembiayaan akan disesuaikan dengan spesifikasi modal kerja
  • Menyediakan plafond pinjaman mulai Rp 100 juta
  • Bagi Nasabah perorangan akan dilindungi oleh asuransi jiwa sehingga pembiayaan akan dilunasi oleh perusahaan asuransi apabila nasabah meninggal dunia
  • Pelunasan sebelum jatuh tempo tidak dikenakan denda atau biaya penalti
  • Dapat menggunakan skema revolving maupun non-revolving (bergantung karakteristik Nasabah)
  • Dapat memanfaatkan pembiayaan rekening koran syariah sehingga lebih memudahkan Anda dalam mencairkan pembiayaan

Syarat Pengajuan Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat

Syarat Pengajuan Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat

Kemudian untuk soal persyaratan. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa pembiayaan modal kerja ini diperuntukkan bagi perorangan dan badan usaha. Nah keduanya tentu memiliki persyaratan pengajuan yang berbeda-beda, baik untuk persyaratan umum maupun persyaratan dokumen. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak syarat pengajuan pembiayaan modal kerja bagi nasabah perorangan maupun badan usaha berikut ini.

Persyaratan Perorangan

  • Formulir permohonan pembiayaan untuk individu
  • FC KTP dan Kartu Keluarga
  • FC Surat Nikah (bila sudah menikah)
  • FC NPWP
  • Asli slip gaji & surat keterangan kerja (untuk pegawai/karyawan)
  • Laporan keuangan/ laporan usaha 2 tahun terakhir
  • FC mutasi rekening buku tabungan/statement giro 6 bulan terakhir
  • FC rekening telepon dan listrik 3 bulan terakhir
  • Bukti legalitas jaminan (SHM/SHGB/BPKB/bilyet deposito dan lainnya)
  • Bukti-bukti purchase order atau Surat Perintah Kerja (SPK) jika ada

Persyaratan Institusi/Perusahaan

  • Surat permohonan pembiayaan dari manajemen/pengurus
  • NPWP institusi yang masih berlaku
  • Legalitas pendirian dan perubahannya (jika ada) dan pengesahan nya
  • Izin-izin usaha : SIUP, TDP, SKD, SITU, dan lainnya (jika dibutuhkan) yang masih berlaku
  • Data-data pengurus perusahaan
  • Laporan keuangan 2 tahun terakhir
  • FC mutasi rekening buku tabungan/statement giro 6 bulan terakhir
  • Bukti legalitas jaminan (SHM/SHGB/BPKB/ bilyet deposito dan lainnya)
  • Bukti-bukti purchase order atau Surat Perintah Kerja (SPK) jika ada

Cara Pengajuan Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat

Cara Pengajuan Pembiayaan Modal Kerja Bank Muamalat

Setelah mengetahui informasi lengkap mengenai persyaratan dokumen pengajuan. Maka berikutnya kalian dapat simak langsung prosedur cara mengajukan pembiayaan Modal Kerja dari Bank Muamalat berikut ini.

  1. Kunjungi kantor cabang Bank Muamalat setempat dengan membawa persyaratan diperlukan.
  2. Setelah sesampainya di lokasi, kalian bisa langsung menemui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan pembiayaan modal kerja.
  3. Nantinya petugas akan dengan senantiasa membantu proses pengajuan.
  4. Berikutnya kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembiayaan. Isi formulir tersebut dengan benar dan lengkap.
  5. Serahkan formulir tersebut beserta dokumen persyaratan diperlukan.
  6. Petugas akan melakukan evaluasi mengenai formulir dan syarat yang kalian berikan.
  7. Sampai disini kalian dapat kembali ke rumah dan tunggu kabar baik dari pihak bank.

Perlu diketahui bahwa proses pengajuan pembiayaan modal kerja ini membutuhkan waktu kurang lebih 7 sampai 14 hari kerja setelah dokumen dan formulir pengajuan diterima oleh pihak bank. Biasanya akan ada proses survey ke rumah kalian serta lokasi usaha dijalankan. Nah jika pengajuan diterima, maka pihak bank akan menghubungi melalui telepon dan meminta kalian untuk datang ke kantor cabang guna menyelesaikan akad pembiayaan serta pencairan dana pinjaman.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami rekomendasikan pembiayaan modal kerja dari Bank Muamalat ini. Disamping proses pengajuan dan persyaratan mudah, akad yang digunakan juga sangat sesuai dengan ketentuan Islami. Maka diharapkan semua proses dapat berjalan lancar, aman dan berkah bagi kedua belah pihak.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara mengajukan pembiayaan modal kerja Bank Muamalat yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi lengkap yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.