√ KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel 2021 : Syarat, Bunga & Plafon

KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel – KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu fasilitas kredit yang disalurkan oleh beberapa bank di Indonesia. Salah satu bank penyalur KUR yang akan kami bahas adalah Bank Sumsel Babel. Seperti sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya mengenai KUR BANK SUMSEL BABEL, penting diketahui juga bahwa Bank Sumsel Babel juga menyediakan KUR Super Mikro. Dimana fasilitas kredit ini bisa diajukan dengan sangat mudah tanpa agunan/jaminan.

Kredit Usaha Rakyat Super Mikro juga merupakan program pemerintah untuk membantu para pekerja yang mengalami pemutusan hak kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha dengan skala kecil. Dengan adanya KUR Super Mikro, Bank Sumsel Babel bersama Pemerintah juga berharap fasilitas pinjaman tersebut bisa dimanfaatkan oleh mereka yang merupakan sasaran kredit untuk membangun usaha ataupun mengembangkan usaha yang terkena dampak pandemi seperti sekarang ini.

Menariknya dari produk KUR Super Mikro Bank Babel ini, calon debitur tidak perlu melampirkan jaminan berupa SHM maupun BPKB Kendaraan Bermotor. Ada beberapa dokumen persyaratan yang wajib dipersiapkan, namun semuanya bisa dikatakan cukup ringan. Selain itu untuk plafon, KUR Super Mikro hanya memberikan plafon pinjaman yang cukup kecil jika dibandingkan jenis KUR Mikro maupun KUR Kecil, yakni hanya sebesar Rp 10 juta saja dengan tenor maksimal hingga 3 tahun.

KUR Super Mikro ini juga memiliki 2 skim produk, yakni untuk modal kerja maupun investasi. Berbicara mengenai hal ini, idekredit.com akan memberikan beragam informasi lain yang terdapat di dalam produk KUR Super Mikro Bank Sumsel satu ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Super Mikro Sumsel Babel berikut ini.

KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Apa Itu KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel?

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu Kredit Usaha Rakyat Super Mikro, fasilitas pinjaman ini merupakan produk pinjaman yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk disalurkan kepada para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif dengan skala mikro. Pemerintah juga berharap dengan adanya pinjaman ini, nantinya para sasaran kredit bisa mengembangkan usaha atau membangun usaha agar lebih baik.

Keunggulan

Berbicara mengenai keunggulan, KUR Super Mikro ini tentunya memiliki beragam keunggulan yang nantinya bisa dinikmati oleh para calon debitur. Adapun keunggulan Kredit Super Mikro dari Bank Sumsel Babel adalah sebagai berikut.

  • Persyaratan mudah tanpa jaminan
  • Suku bunga ringan
  • Tenor pinjaman fleksibel
  • Proses pengajuan cepat
  • Bisa digunakan untuk keperluan investasi dan modal usaha

Bunga & Biaya

Lalu untuk perihal suku bunga dan juga biaya, Bank Sumsel Babel memberikan besaran suku bunga yang sama dengan produk KUR reguler yang mereka miliki, yakni hanya 6% efektif per tahun. Besaran suku bunga tersebut memang sangatlah ringan jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya. Selain itu, untuk soal biaya, calon debitur akan dibebaskan dengan biaya administrasi dan juga biaya provisi. Ketentuan seperti ini bisa berubah, jadi alangkah baiknya kalian bertanya langsung kepada pihak terkait agar mendapatkan kejelasan pastinya.

Plafon Pinjaman & Tenor Angsuran

Seperti sudah kami singgung diatas, bahwa Bank Sumsel Babel melalui KUR Super Mikro memberikan plafon pinjaman sebesar Rp 10 juta. Nantinya calon debitur juga dapat memilih tenor angsuran mulai dari 1 tahun hingga maksimal 5 tahun tergantung dari jenis skim produk yang akan dipilih, yakni kredit investasi maupun modal kerja.

Jenis Pinjaman KUR Super Mikro Sumsel Babel

Jenis Pinjaman KUR Super Mikro Sumsel Babel

Ada 2 jenis skim produk yang bisa dipilih ketika kalian mengajukan KUR Super Mikro dari Bank Sumsel Babel satu ini Dan kedua produk tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kredit Investasi

Kredit Investasi sendiri merupakan fasilitas pinjaman yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.

2. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja adalah fasilitas pinjaman yang diberikan ke pelaku usaha, baik perusahaan korporat maupun UMKM sebagai pembiayaan terhadap modal kerja atau modal usaha.

Syarat Pengajuan KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Syarat Pengajuan KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Kemudian untuk soal persyaratan. Persyaratan pengajuan KUR Super Mikro ini cukuplah ringan. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan dokumen tanpa harus melampirkan agunan/jaminan. Lebih jelasnya simak syarat KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel berikut ini.

Syarat Umum

  • Individu (perorangan).
  • Berusia 21 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima pinjaman dari perbankan kecuali pinjaman konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

Syarat Dokumen

  • Identitas berupa KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat ijin usaha
  • Dokumen penting lainnya

Cara Pengajuan KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Cara Pengajuan KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Setelah kalian mengetahui beberapa informasi lengkap diatas mulai dari pengertian, suku bunga, plafon kredit dan juga persyaratan pengajuan. Berikutnya kami akan menyampaikan langkah-langkah melakukan pengajuan pinjaman Usaha Rakyat Super Mikro yang dapat kalian simak di bawah ini.

  1. Siapkan persyaratan lengkap dan kemudian tuju kantor cabang Bank Sumsel Babel setempat.
  2. Temui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan KUR Super Mikro.
  3. Petugas meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan.
  4. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar lalu serahkan kepada petugas beserta dengan syarat dokumen.
  5. Petugas akan melakukan evaluasi dan verifikasi data yang terlampir di formulir pengajuan.
  6. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak Bank.

Tahap survey menjadi tahap dari pengajuan pinjaman. Nantinya petugas akan memberikan beberapa pertanyaan, usahakan untuk menjawab sesuai dengan pertanyaan dan se jujur-jujurnya karena tahap ini akan menjadi pertimbangan dari pihak bank untuk memberikan pinjaman tersebut. Jika pengajuan diterima, nantinya kalian akan mendapatkan telepon dari pihak bank. Kalian juga akan diminta untuk datang ke kantor guna menyelesaikan proses administrasi dan pencairan dana pinjaman.

Tabel Angsuran KUR Super Mikro Sumsel Babel

Tabel Angsuran KUR Super Mikro Bank Sumsel Babel

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sangat merekomendasikan salah satu fasilitas pinjaman Bank Sumsel Babel satu ini. Hadir dengan syarat ringan, bunga rendah dan proses pengajuan cepat, tentunya sangat cocok bagi kalian yang membutuhkan modal usaha dengan skala mikro. Sayangnya plafon pinjaman ini sangatlah kecil jika dibandingkan dengan produk pinjaman Bank Sumsel Babel lainnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Super Mikro dari Bank Sumsel Babel. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.