√ Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel 2021 : Syarat, Bunga & Tabel Angsuran

Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel – Bank Kalsel adalah salah satu bank yang menyediakan beberapa jenis produk pinjaman. Dimana setiap produk pinjaman bank Kalsel pastinya memiliki beberapa keunggulan yang dapat dinikmati oleh para nasabahnya. Selain memiliki PINJAMAN KUR BANK KALSEL, kredit usaha mikro juga menjadi salah satu produk pinjaman yang banyak diminati oleh nasabah Bank Kalsel. Kredit Mikro ini dapat digunakan sebagai modal usaha ataupun investasi.

Dengan adanya fasilitas pinjaman mikro dari bank Kalsel, para pelaku UMKM saat ini tidak perlu lagi merasa kebingungan akan modal usaha. Dimana mereka dapat mengajukan pinjaman dengan mudah asalkan semua persyaratan sudah dipersiapkan. Mengenai persyaratan, Bank Kalsel dikenal tidak terlalu memberatkan syarat kepada para nasabah yang ingin mengajukan pinjaman satu ini.

Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel ini juga diperuntukkan bagi nasabah Bank Kalsel yang memiliki usaha mikro dan kecil yang bergerak di semua sektor. Dan perlu diketahui juga bahwa nantinya ada syarat agunan yang wajib dilampirkan apabila kalian berniat mengajukan kredit usaha mikro ini. Agunan tersebut dapat berupa SHM/SHGB/SHGU, BPKB Kendaraan Bermotor dan beberapa lagi lainnya.

Lalu untuk cara pengajuan, fasilitas kredit mikro Bank Kalsel hanya dapat diajukan melalui kantor cabang Bank Kalsel langsung. Sampai saat ini belum ada kabar bahwa pengajuan bisa dilakukan secara online seperti kebanyakan bank-bank lainnya. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel

Apa Itu Kredit Usaha Mikro Banua Bank Kalsel?

Sebelum kita ke pembahasan berikutnya, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu Kredit Usaha Mikro dari Bank Kalsel satu ini. Kredit Usaha Mikro atau KUM Banua Bank Kalsel merupakan fasilitas kredit yang disediakan untuk membantu para pelaku usaha mikro dan kecil untuk pembiayaan modal usaha produktif dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga maksimal Rp 50 juta.

Fasilitas ini juga nantinya bisa digunakan untuk keperluan modal usaha/kerja serta investasi. Penting untuk diketahui bahwa tenor angsuran di setiap jenis tersebut juga berbeda-beda, dimana untuk kredit modal kerja diberikan tenor angsuran mulai dari 6 bulan hingga maksimal 24 bulan. Sedangkan untuk kredit investasi diberikan tenor mulai dari 12 bulan hingga maksimal 36 bulan.

Keunggulan

Kemudian berbicara mengenai keunggulan, hampir setiap produk kredit milik Bank Kalsel ini menghadirkan keunggulan tak terkecuali Kredit Usaha Mikro ini. Adapun keunggulan dari Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel sendiri adalah sebagai berikut.

  • Suku Bunga Kompetitif
  • Persyaratan ringan
  • Proses pengajuan cepat
  • Tenor angsuran fleksibel

Suku Bunga & Biaya

Untuk informasi suku bunga dan biaya, melalui laman resminya bank Kalsel tidak memberikan besaran biaya serta suku bunga untuk pinjaman ini. Bisa dikatakan untuk soal suku bunga dan biaya ini kurang transparan, jadi kami sarankan untuk menghubungi Call Center 08001122000 atau Kantor Cabang Bank Kalsel terdekat. Adapun jenis biaya-biaya Kredit Usaha Mikro adalah sebagai berikut.

  • Biaya provisi :
    • Jangka waktu 0 – 2 tahun sebesar 1% dari plafon kredit
    • Jangka waktu > 2 tahun sebesar 1,5% dari plafon kredit
  • Biaya notaris
  • Biaya materai
  • Biaya asuransi agunan

Syarat Pengajuan KUM (Kredit Usaha Mikro) Banua

Syarat Pengajuan KUM Kredit Usaha Mikro Banua

Kemudian untuk perihal persyaratan, Kredit Usaha Mikro milik Bank Kalsel ini mewajibkan setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman untuk melengkapi beberapa dokumen, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia berusia 21 tahun sampai dengan 65 tahun atau sudah menikah.
  2. Usaha telah berjalan minimal 1 tahun.
  3. Tidak sedang menikmati fasilitas kredit produktif pada bank lain, tidak termasuk kredit konsumtif, kartu kredit dan leasing.
  4. Persyaratan dokumen :
    • FC e-KTP pemohon dan suami/istri.
    • FC Kartu Keluarga.
    • FC buku nikah.
    • Pas photo diri dan suami/istri ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.
    • Surat keterangan usaha dari Kepala Desa/Lurah/Camat.
    • Surat referensi karakter dari RT/RW/Lurah atau dari keluarga/debitur yang telah dikenal oleh bank.
    • FC kepemilikan agunan.

Cara Pengajuan KUM (Kredit Usaha Mikro) Banua

Cara Pengajuan KUM Kredit Usaha Mikro Banua

Setelah mengetahui informasi persyaratan pengajuan diatas, berikutnya kalian dapat simak beberapa langkah untuk mengajukan pinjaman melalui kantor cabang Bank Kalsel berikut ini.

  • Kunjungi kantor Bank Kalsel dengan membawa semua persyaratan lengkap.
  • Sesampainya di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor dipanggil.
  • Setelah dipanggil, datang dan temui CS lalu sampaikan bahwa kalian hendak melakukan pengajuan Kredit Usaha Mikro (KUM) Banua.
  • Nantinya CS akan memberikan informasi detail mengenai fasilitas pinjaman tersebut. Jika dirasa sudah paham, kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  • Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan beserta syarat yang diperlukan
  • CS akan melakukan evaluasi dan verifikasi berkas-berkas persyaratan serta formulir pengajuan yang telah kalian isi.
  • Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu survey dari pihak bank.

Prosedur pengajuan KUM Banua ini membutuhkan proses survey, nah proses survey ini merupakan tahap akhir yang tentunya menjadi pertimbangan dari pihak bank apakah calon debitur layan mendapatkan dana pinjaman atau tidak. Jika pengajuan disetujui, kalian diminta untuk datang ke bank guna menyelesaikan proses pinjaman, mulai dari tanda tangan kontrak kredit, pembayaran biaya-biaya serta terakhir pencairan dana.

Tabel Angsuran Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel

Tabel Angsuran Kredit Usaha Mikro Bank Kalsel

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, fasilitas Kredit Usah Mikro Bank Kalsel ini bisa dikatakan hampir mirip dengan produk KUR. Hanya saja untuk perihal suku bunga kemungkinan berbeda. Selain itu untuk pengajuan melalui kantor cabang juga kami rasa akan lebih baik karena kalian bisa bertanya langsung kepada CS terkait apa saja informasi yang ada di dalam kredit mikro tersebut.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Usaha Mikro yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.