4 Contoh Formulir Survey Kredit Beserta File Download PDF & DOC

Contoh Formulir Survey Kredit – Pengajuan kredit memang mengharuskan calon debitur mengisi formulir pengajuan. Dimana formulir tersebut sudah pasti berisi mengenai informasi data diri, baik nama, pekerjaan, alamat, jaminan dan lain sebagainya. Membahas mengenai kredit, formulir survey kredit juga diperlukan baik ketika pengajuan pinjaman di bank, kredit motor/mobil, KPR dan kredit lainnya. Biasanya formulir ini diperlukan oleh para surveyor dari perusahaan terkait ketika melakukan survei ke rumah calon debitur. nantinya para survei juga akan menanyakan sejumlah informasi terlampir di dalam surat survei tersebut.

Membahas mengenai formulir survey kredit, terkadang masih ada beberapa orang mempertanyakan akan hal ini, apakah formulir survey kredit ini diperlukan ataukah hanya berlaku formalitas saja? Penting diketahui juga bahwasanya formulir survey kredit ini memiliki peran penting dalam proses survei ketika calon debitur mengajukan pinjaman di perusahaan terkait. Seperti halnya ketika mengajukan pinjaman di bank, koperasi ataupun lembaga keuangan lainnya, bahkan aplikasi pinjaman Online pun juga menyediakan formulir ini. Maka dari itu kalian harus benar-benar mengerti dan memahami apa pengertian formulir survey kredit.

Survei juga menjadi tahap akhir dalam proses pengajuan pinjaman. Jadi, bisa dikatakan bahwa proses ini merupakan proses final, calon debitur juga akan mengetahui apakah pengajuan ditolak atau disetujui. Nah di pertemuan kali ini ini kami akan mengupas secara lengkap dan detail mengenai apa maksud dari formulir survey kredit dan juga beserta informasi lainnya terkait akan pembahasan hari ini, seperti halnya format penulisan formulir survey kredit, cara menulis formulir survey kredit dan juga kalian bisa mendownload beberapa referensi contoh formulir survey kredit yang akan kami siapkan nanti di bawah.

Bagi kalian yang mungkin masih bingung mengenai bagaimana cara menulis, lalu apa saja format struktur yang harus ada di dalam formulir survey kredit, nanti kalian akan dapat mengetahuinya maka dari itu terus simak pembahasan kali ini sampai akhir. Untuk soal referensi Sebenarnya kalian bisa dengan mudah mencarinya di internet atau meminta bantuan kepada teman yang sudah mengetahui betul bagaimana membuat formulir survey kredit. Baiklah daripada penasaran tapi baik kita langsung masuk ke topik pembahasan utama mengenai Contoh formulir survey kredit yang telah ide kredit.com siapkan di bawah ini.

Contoh Formulir Survey Kredit

Apa Itu Survey Kredit?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan utama mengenai contoh formulir survey kredit di sini kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai Apa yang dimaksud dengan survei kredit. Istilah survei kredit mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua khususnya mereka yang mungkin sudah pernah mengajukan pinjaman di lembaga keuangan. Adapun pengertian dari pada survei kredit adalah proses pengecekan dari pihak pemberi layanan pinjaman ataupun pembiayaan kepada calon debitur. Singkatnya, survei kredit dilakukan para penyedia kredit guna memastikan data dalam formulir pengajuan kredit sesuai dengan apa adanya atau kenyataan di lapangan. Di samping memberikan formulir yang perlu diisi, biasanya ada sesi pertanyaan atau tanya jawab ke anggota keluarga nasabah ketika proses survey berlangsung.

Baca  √ Kredit Agro Griya 2021: Syarat, Suku Bunga & Limit Pinjaman

Penting diketahui juga bahwa ada beberapa penyedia pinjaman yang melakukan survei ke ke tetangga atau warga sekitar Nah dari sini bisa kita simpulkan bahwa proses survei bisa saja dilakukan dengan sistem random, atau tidak harus bertanya kepada anggota keluarga nasabah. nantinya para surveyor juga akan mendapatkan informasi pasti mengenai calon debitur tersebut apakah layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Catatan yang cukup penting disini bahwa tidak semua pemberi pinjaman mengharuskan nasabah mengisi formulir survey kredit karena pada kenyataannya formulir ini lebih sering dipegang serta diisi langsung oleh petugas survei lapangan

Poin Penting Dalam Formulir Survey Kredit

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan survey kredit selanjutnya kita akan menuju ke pembahasan berikutnya mengenai poin apa saja yang biasanya ada dalam formulir survey kredit. Adapun untuk poin-poin tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Identitas Calon Debitur

Adapun untuk poin pertama ada identitas calon debitur. Pada bagian ini kalian perlu mengisi kolom data diri mulai dari nama, nomor KTP, tempat, alam, Nomor Pokok Wajib Pajak dan juga nomor HP yang aktif. informasi ini merupakan informasi penting dimana nantinya digunakan oleh para pihak pemberi pinjaman untuk mengetahui identitas dari calon debitur. Usahakan juga untuk mengisi semua kolom di formulir tersebut dengan benar.

2. Pekerjaan

Kemudian di bagian kedua ada pekerjaan. poin pekerjaan juga menjadi salah satu yang penting penting dimana nantinya pihak pemberi pinjaman akan mengetahui berapa pemasukan dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh calon debitur di setiap bulannya. Selain mempertanyakan perihal pekerjaan biasanya survei juga menanyakan apa saja jenis kredit yang sudah diajukan atau apakah ada angsuran kredit lain yang masih menjadi tanggungan. Bukan itu saja, tanggungan keluarga juga akan dipertanyakan dalam proses survey ini.

Baca  7 Cara Pengajuan Kredit Motor Agar Cepat Disetujui

3. Kondisi Jaminan

Setiap mengajukan pinjaman, pihak pemberi pinjaman akan mewajibkan calon debitur untuk melampirkan jaminan atau agunan baik berupa sertifikat (SHM/SHGB), BPKB kendaraan bermotor atau dokumen resmi lainnya. Nah di sini kondisi jaminan juga masuk dalam bagian penting survei kredit. Di beberapa contoh kredit seperti pembiayaan kendaraan bermotor, terkadang formulir ini terdapat pernyataan bahwa pengguna bersedia disurvei serta waktu yang akan pengguna sediakan kepada petugas survei

4. Perencanaan Pinjaman

Kemudian poin yang terakhir adalah mengenai perencanaan pinjaman. Calon debitur akan di beri pertanyaan mengenai dana pinjaman akan digunakan untuk keperluan apa. Entah itu untuk keperluan bangun rumah, renovasi rumah, liburan, biaya pendidikan ataupun investasi. Ini akan menjadi pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh para surveyor ketika melakukan survey ke tempat calon debitur.

Contoh Formulir Survey Kredit Motor

Untuk lebih mudah dan paham mengenai contoh formulir survey kredit, kalian bisa lihat contoh formulir survey kredit yang telah kami siapkan di bawah ini.

Format Penulisan Contoh Formulir Survey Kredit Motor

Melihat referensi penulisan contoh formulir survey kredit motor diatas, dapat diketahui bahwa untuk form survey kredit layanan pinjaman ataupun pembiayaan dapat diisi secara online melalui website penyedia layanan tersebut.

Download Contoh Formulir Survey Kredit

Sebagai tambahan referensi serta memudahkan kalian, kami juga telah menyiapkan beberapa file contoh formulir survey kredit yang bisa kalian unduh berikut ini.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh formulir survey kredit diatas. Disini kami bisa menyimpulkan bahwa formulir tersebut bisa diisi secara online ketika mengajukan pinjaman secara online. Kemudian penting diketahui juga bahwa form ini biasanya hanya dimiliki oleh pihak pemberi pinjaman ketika melakukan survey ke tempat calon debitur. Kolom-kolom didalam form biasanya akan diisi langsung oleh pihak surveyor.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh formulir survey kredit. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.