Syarat dan Cara Oper Kredit Motor Terbaru 2020

Cara Oper Kredit Motor – Seperti kita ketahui bahwa sepeda motor saat ini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bukan hanya untuk memudahkan kita dalam bepergian, namun juga sudah menjadi gaya hidup kebanyakan masyarakat. Maka tak heran jika saat ini banyak sekali komunitas sepeda motor yang ada di tanah air.

Selain itu, dengan kita memiliki motor mungkin nantinya dapat menjadi solusi ketika kita membutuhkan biaya darurat dengan cara menjualnya atau dengan cara take over atau oper kredit motor. Saat ini banyak sebagian dari mereka yang lebih memilih untuk melakukan oper kredit motor mereka dibandingkan mereka harus menjualnya.

Hal ini tentu memiliki pandangan masing-masing pelaku. Dan berbicara mengenai oper kredit motor, disini kami akan membahas mengenai syarat dan cara oper kredit motor serta tips agar untuk dan bagaimana cara menghitungnya. Oper kredit juga biasanya dikarenakan pemilik motor tidak sanggup untuk mengangsur.

Jadi mereka lebih memilih untuk mengoper kredit ke tetangga, saudara atau kerabat lainnya. Lalu apakah mudah cara oper kredit motor ini? Caranya sebenarnya mudah, namun kalian wajib mengetahui terlebih dahulu poin penting, kelebih serta kekurangan dari oper kredit motor ini. Lebih jelasnya simak dibawah ini.

Syarat dan Cara Oper Kredit Motor Terbaru

Cara Oper Kredit Motor

Perlu kalian ketahui juga bahwasannya kendaraan sepeda motor ataupun mobil tidak diperbolehkan untuk dijual, disewakan, digadaikan atau alih kredit tanpa seizin perusahaan pembiayaan. Tak tanggung-tanggung, atura ini juga sudah tertuang dalam undang-undang Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan penjara maksimal 4 tahun dan denda Rpp 900 juta.

Selain itu ada juga pasal lain yang menjerat, yakni Pasal 36 UU No. 42 Tahun 1999 tentang jaminan Fidusia, dimana ancaman hukumannya paling maksimal 2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Maka dari itu sebelum kalian melakukan cara oper kredit motor alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian oper kredit motor berikut ini.

Apa Itu Oper Kredit Motor

Over kredit motor merupakan sebuah tindakan pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor yang masih dalam masa kredit dari satu pihak (lembaga atau perorangan) kepada pihak lain yang dilakukan secara sah berdasarkan sebuah perjanjian yang berlaku di bawah aturan hukum tertentu.

Alasan Oper Kredit Motor

  • Memperoleh suku bunga yang lebih ringan.
  • Membeli sebuah kendaraan yang lebih baik (upgrade).
  • Kebutuhan keuangan atau dana mendesak untuk keperluan lain.

Syarat Oper Kredit Motor

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi surat keterangan penghasilan atau slip gaji

Prosedur Cara Oper Kredit Motor

Persiapan Dokumen

Untuk poin ini sebenarnya sama saja dengan persyaratan diatas, dimana kita memerlukan adanya persyaratan seperti foto kopi KTP, KK, rekening tabungan 3 bulan terakhir dan juga foto kopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

Proses Secara Resmi

Setelah itu lakukan oper kredit motor secara resmi. Dimana kalian wajib memberitahukan kepada pihak leasing bahwa kalian hendak melakukan oper kredit motor atau dengan kata lain mengalihkan cicilan kredit motor ke orang lain atau perusahaan leasing yang lain.

Penuhi Persyaratan yang Ditentukan Pihak Leasing

Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan masing-masing, jadi kalian dapat menanyakan langsung ke masing-masing perusahaan leasing terkait agar dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Mengikuti Proses Negosiasi

Kemudian ikutilah proses negosiasi. Tahap ini merupakan tahap dimana negosiasi dilakukan untuk menentukan jumlah kredit yang dialihkan dan harus dibayarkan oleh pihak pembeli motor yang di oper kredit ke pihak penjual. Jumlah ini ditentukan oleh jumlah uang muka yang sudah dibayarkan oleh si penjual sebagain pembeli pertama motor tersebut, serta jumlah cicilan kredit yang sudah dibayarkan, tergantung kesepakan kedua belah pihak.

Bisa berupa uang muka yang sudah dibayarkan saja atau uang muka ditambah dengan persentase tertentu dari total cicilan yang sudah dibayar. Disamping itu juga pada tahap ini harus ditentukan pada cicilan keberapa kredit motor tersebut diambil alih.

Menyelesaikan Administrasi

Dan yang terakhir adalah menyelesaikan administrasi. Administrasi yang dimaksud adalah proses balik nama, dan legalisasi pengambilalihan kredit motor atas nama pengambil kredit lama ke pengambil kredit baru. Proses ini mencakup balik nama debitur (pengambil kredit), pengikatan hak tanggungan untuk jaminan, balik nama asuransi serta surat-surat motor seperti STNK dan BPKB.

Cara Menghitung Oper Kredit Motor

Untuk cara menghitung oper kredit motor ini dapat kalian jadikan dasar, apakah oper kredit motor akan dilanjut atau tidak. Pastikan oper kredit yang nantinya dibayarkan tetap masuk akal dan tidak memberatkan. Disamping itu, untuk menghitung oper kredit juga cukup mudah atau dengan kata lain tidak ada penghitungan spesifik dalam proses ini.

Dimana kalian dapat menentukan berapa biayanya dengan kesepakatan bersama, antara kalian dan pihak yang over kredit motor kalian. Jadi dengan kata lain, dalam transaksi ini kalian bisa mencari jalan tengah agar sama-sama untung dan tidak ada yang dirugikan.

Tips Untung Oper Kredit Motor

  • Pastikan pihak pembeli kedua memiliki komitmen kuat untuk menjalin hubungan kerja sama perkreditan motor.
  • Kondisi motor wajib mulus agar harga tidak anjlok di mata pembeli kedua.
  • Membuat kontrak hukum perjanjian pembayaran antara leasing, pihak pembeli pertama, dan pembeli kedua.
  • Hindari adanya kredit macet dari pembeli kedua agar proses take over lebih mulus.
  • Dokumen administrasi sudah lengkap dan tidak ada kebocoran seperti nama yang salah di eja atau nomor plat motor yang tidak sama.

Kelebihan dan Kekurangan Oper Kredit Motor

Melakukan cara oper kredit motor juga tentu memberikan keuntungan tersendiri dari beberapa pihak. Dan yang jelas adalah penjual, dimana mereka dapat dana segar dengan melakukan oper kredit motor ini. Akan tetapi bagaimana dengan pembeli?

Pembeli juga akan mendapatkan keuntungan berupa harga motor yang lebih murah dengan kualitas yang bisa dikatakan baik. Akan tetapi dengan catatan, dimana pembeli juga harus tahu soal mesin serta bagian-bagian penting dari sebuah motor.

Hal ini bertujuan agar pembeli dapat mengecek apakah kondisi motor tersebut benar-benar aman atau tidak. Dibalik keuntungan tersebut, proses ini juga memiliki kekurangan bagi penjual dan pembeli. Dimana pembeli merupakan bukan pihak terpercaya untuk penjualnya.

Lain halnya jika penjual merupakan keluarga atau teman sendiri. Lalu nantinya juga akan ada biaya tambahan setelah melakukan oper kredit. Terkait surat kepemilikan motor, nantinya si pembeli akan mengganti nama dan memerlukan biaya yang tidak sedikit, terlebih jika luar kota tentu biaya yang dikeluarkan akan cukup banyak.

Sedangkan kerugian bagi pihak penjual adalah ketika proses oper kredit motor secara ilegal, ia dapat terjerat hukum yang berlaku soal Fidusa. Maka dari itu alangkah baiknya jika ketika melakukan oper kredit motor untuk selalu bekerjasama dengan pihak leasing terlebih dahulu.

Nah itulah beberapa pembahas menarik dan terlengkap mengenai cara oper kredit motor, syarat, prosedur dan kelebihan serta kekurangan oper kredit motor yang dapat kalian pahami. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai cara penundaan cicilan kredit dipostingan sebelumnya. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua mengenai oper kredit motor.