Tabel Angsuran Pinjaman KUK Bank Mega Terbaru 2020

Tabel Angsuran Pinjaman KUK Bank Mega – Buat kalian yang memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pengajuan pinjaman.

Saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga-lembaga pembiayaan atau bank-bank yang ada di Indonesia. Nah, Bank Mega dapat menjadi salah satu opsi untuk kalian mengajukan pinjaman untuk modal usaha.

Selain memiliki produk tabungan, kartu kredit dan kartu ATM, Bank Mega juga memiliki produk pinjaman dengan nama KUK atau dikenal dengan nama Kredit Usaha Kecil. KUK ini juga tidak berbeda dengan KUR yang dikeluarkan oleh bank BRI dengan KUR BRI, Mandiri dengan KUR MANDIRI atau lainnya.

Kredit ini diperuntukkan untuk perorangan ataupun badan usaha yang ingin mengembangkan usaha yang sudah berjalan. Untuk mengajukan pinjaman di Bank Mega ini ada beberapa syarat dan prosedur yang harus kalian pahami terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Tabel Angsuran Pinjaman KUK Bank Mega Terbaru

Tabel Angsuran Pinjaman KUK Bank Mega

Tata Cara & Syarat Pengajuan Pinjaman KUK Bank Mega

Perlu kalian ketahui lebih dahulu mengenai persyaratan yang diperlukan sebelum mengajukan pinjaman ke Bank Mega. Ada 2 persyaratan, yakni untuk perorangan dan badan usaha.

Syarat Utama

  • Calon Debitur Perorangan berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo kredit
  • Calon Debitur harus berkewarganegaraan Indonesia.
  • Badan Usaha berkedudukan di Indonesia.
  • Calon Debitur memiliki pengalaman menjalankan usaha sejenis minimal 2 (dua) Tahun berturut-turut dan dapat diverifikasi kebenarannya.
  • Kriteria usaha Calon Debitur tidak masuk dalam kategori usaha dihindari atau ilegal.
  • Memiliki riwayat kredit yang baik (bagi yang pernah/memiliki kredit pada kreditur lain).
  • Tidak sedang terlibat dalam permasalahan hukum baik di Indonesia maupun diluar negeri.
  • Mempunyai kecakapan untuk bertindak secara hukum.

Persyaratan Dokumen Perorangan & Badan Usaha

Dokumen yang Wajib Dipenuhi

Perorangan

Badan Usaha

1. Dokumen Identitas Calon Debitur
KTPYaTidak
Akta Nikah/Akta Cerai/Akta KematianYaTidak
Kartu KeluargaYaTidak
Identitas Pemilik/Penanggung Jawab PerusahaanTidakYa
Identitas PerusahaanTidakYa
Identitas & data diri Perorangan dari PengurusTidakYa
2. Dokumen Legalitas Jaminan
Sertifikat Hak Kepemilikan atas Tanah/ Tanah dan BangunanYaTidak
IMBYaYa
SPPT dan STTS bukti pembayaran PBB tahun terakhirYaYa
BPKBYaYa
Dokumen Agunan lainnyaYaYa
3. Dokumen Legalitas Usaha
NPWPYaYa
SIUP/TDPYaYa
Akta Pendirian dan PerubahannyaTidakYa
4. Dokumen Finansial
Informasi Keuangan dan/atau Laporan KeuanganYaYa
Laporan/Rekap PenjualanYaYa
Laporan Rincian Piutang Dagang/ Posisi Persediaan Barang Dagangan (khusus fasilitas kredit untuk pembiayaan Modal Kerja)YaYa
Rekening BankYaYa

Untuk prosedur pengajuan pinjaman KUK Bank Mega, ada beberapa langkah-langkah yang dapat kalian pahami. Lebih jelasnya langsung saja kalian simak di bawah ini:

1. Calon debitur menyerahkan surat permohonan kredit melalui pengisian formulir aplikasi kredit atau FAK dan melakukan pembukaan rekening di cabang Bank Mega di seluruh Indonesia.

2. Calon debitur juga wajib memenuhi persyaratan utama untuk dapat diberikan pembiayaan.

3. Setiap pengjuan kredit, calon debitur yang telah memenuhi persyaratan akan di proses berdasarkan ketentuan yang berlaku.

4. Selanjutnya calon debitur juga wajib memberikan serta menjamin kebenaran atas dokumen yang dilampirkan. Disamping itua debitur juga membebaskan Bank Mega dari segala kerugian, tuntutan atau gugatan yang mungkin timbul di kemudian hari atas dokumen dan data yang diberikan.

5. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kredit pinjaman Bank Mega, calon debitur dapat datang langsung ke kantor terdekat atau menghubungi CS Bank Mega.

Biaya dan Lain-Lain

Jenis Biaya

Keterangan

Suku BungaSuku bunga dihitung berdasarkan suku bunga flat yang disamakan perhitungannya dengan suku bunga efektif per tahun dengan metode anuitas dan fixed selama jangka waktu kredit. Suku bunga yang dikenakan tetap memperhatikan tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK).
Biaya AdministrasiSetiap fasilitas yang diberikan nantinya akan dikenakan biaya tata laksana minimal sebesar 0.05% dari plafond atau Rp 100.000, mana yang lebih besar.
ProvisiMinimum 1% flat
Denda KeterlambatanDenda keterlambatan dihitung per hari dari jumlah kewajibannya, yakni minimal 4% per bulan dari jumlah yang terlambat dibayar.
Biaya Pelunasan DipercepatSetiap pelunasan fasilitas kredit yang bersifat angsuran dan dilakukan sebelum jangka waktu pinjaman selesai, maka debitur akan dikenakan biaya pelunasan dipercepat 5 kali angsuran. Ketentuan biaya ini tidak berlaku untuk fasilitas kredit dengan agunan tunai.
NotarisBiaya notaris yang digunakan untuk melegalisasi Perjanjian Kredit maupun Pengikatan Agunan akan dibebankan kepada calon debitur sesuai dengan tarif yang berlaku
Biaya Asuransi KerugianBiaya premi asuransi juga akan dibebankan kepada calon debitur sesuai dengan tarif yang berlaku
Biaya Asuransi Jiwa KreditBiaya premi asuransi jiwa kredit juga akan dibebankan kepada calon debitur sesuai dengan tarif yang berlaku

Tabel Angsuran Pinjaman KUK Bank Mega

Tabel Angsuran KUK Bank Mega

Manfaat Pinjaman KUK Bank Mega

  • Dapat digunakan oleh calon debitur perorangan atau badan usaha untuk memenuhi kebutuhan investasi usaha dan kebutuhan modal kerja.
  • Alternatif pembiayaan bagi calon debitur sesuai dengan model bisnis maupun arus kas calon debitur.

Resiko Pinjaman KUK Bank Mega

  • Debitur akan dikenakan denda jika terlambat membayar angsuran yang sudah disepakati
  • Akan tercatat di Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia atau OJK selama 2 tahun sebagai Debitur bermasalah
  • Bank dapat melakukan eksekusi terhadap agunan yang diberikan oleh calon debitur, baik melalui lelang atau penjualan agunan sukarela untuk penyelesaian kredit jika debitur lalai terhadap perjanjian kredit yang telah disepakati

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan tata cara pengajuan pinjaman Kredit Usaha Kecil (KUK) Bank Mega yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.