√ Pinjaman Amartha : Suku Bunga, Syarat & Tabel Angsuran

Pinjaman Amartha – Untuk mendapatkan modal usaha memang bukan suatu yang mudah karena debitur harus terlebih dahulu melengkapi persyaratan dan melakukan pengajuan. Setelah proses pengajuan pinjaman belum tentu disetujui,belum lagi proses verifikasinya yang memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu PT. Amartha Mikro Fintek memberikan solusi untuk pembiayaan modal bagi pengusaha UMKM khususnya diwilayah pedesaan.

Dengan mendapatkan pinjaman dari Amartha para pelaku usaha mikro bisa mengembangkan bisnis dan meningkatkan perekonomian. Seperti halnya Kredit Multiguna ACC, debitur dapat melakukan pengajuan langsung pada kantor cabang Amartha ataupun agen marketing secara mudah. Sasaran pinjaman Amartha adalah diperuntukkan bagi ibu ibu yang memiliki usaha UMKM atau akan membangun bisnis baru.

Hingga sampai saat ini Amartha sudah membantu lebih dari 1 juta usaha UMKM ibu ibu untuk berkembang dan memperoleh kesejahteraan ekonomi. Kelebihan utama pinjaman Amartha adalah tidak membutuhkan jaminan atau agunan sehingga meringankan beban debitur. Kemudian prosesnya cepat dengan dukungan pendanaan yang siap diandalkan ketika membutuhkan pembiayaan modal usaha berkelompok.

Keringanan juga dapat diperoleh karena tidak ada biaya penalti ketika debitur ingin melunasi pinjaman secara cepat. Meskipun Amartha memakai sistem Peer to peer lending atau P2P namun yang bisa mengaksesnya hanya pihak pendana atau mitra. Sedangkan untuk peminjam akses pembiayaannya didapatkan langsung dari kantor cabang ataupun sales marketing yang ada pada tiap wilayah operasionalnya.

Pinjaman Amartha
Citayam

Jenis Pinjaman Amartha

Sampai saat ini Amartha sudah memiliki cakupan wilayah operasional meliputi provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga Banten. Kantor operasional sudah tersebar dibeberapa kota sehingga memudahkan akses pembiayaan untuk UMKM. Memang nominal kredit yang diberikan tidaklah terlalu besar karena mulai dari Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 dimana berfokus pada masyarakat kalangan menengah kebawah.

Dengan tenor yang tidak terlalu besar, pinjaman Amartha memang masih dapat diandalkan untuk masyarakat kecil. Selain itu juga diberikan tenor cicilan 3, 6 dan juga 12 bulan sehingga akan membuat beban pengeluaran bulanan bertambah ringan. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia terutama organisasi perempuan seperti PKK ataupun perkumpulan tani yang mendapatkan pinjaman dengan sistem cicilan ringan.

Baca  6 Cara Menaikkan Limit Tunaiku Amar Bank 2022: Cepat Disetujui!

Akses permodalan dapat diakses pengusaha UMKM pada wilayah operasional Amertha. Proses pengajuannya sangat mudah dan pencairan Amartha termasuk cepat dimana mampu menjaga kelangsungan usaha. Terdapat 2 jenis pinjaman Amartha dimana masing masing menawarkan fasilitas berbeda kepada debitur mulai dari tenor singkat sampai dengan panjang sehingga memudahkan untuk dipilih.

Pembiayaan Mikro

Adalah produk pinjaman berkelompok atau sering disebut group lending untuk usaha menengah kebawah. Debitur dapat mengajukan kredit dengan nominal mulai Rp.3.000.000 sehingga termasuk kedalam kredit mikro. Lalu memiliki pilihan tenor 3, 6 dan juga 12 bulan dimana dapat dicicilan dengan bunga yang ringan sehingga mampu dijangkau oleh masyarakat kecil. Angsuran akan dibayar menggunakan sistem mingguan dimana mengikuti kapasitas penerima pinjaman.

Secara langsung Amartha juga mendampingi setiap minggunya untuk memaksimalkan pengelolaan modal sehingga usaha akan maju. Karena pinjaman Amartha maka angsuran dapat dibayarkan oleh anggota kelompok sehingga satu dengan lainnya bisa saling menutupi jika ada kekurangan. Selain itu terdapat juga pelatihan gratis yang bertujuan membangun komitmen dalam jalannya usaha sampai kesulitan pembayaran.

A Shorter Loan

Kemudian produk pinjaman ini menawarkan tenor cicilan lebih singkat dan juga nominal pembiayaan lebih rendah. Menggunakan sistem akan konvensional dimana memiliki perhitungan beban cicilan jauh lebih ringan sehingga dapat diambil debitur secara mudah. Lalu pengembaliannya akan dilakukan dengan sistem cicilan mingguan melalui mitra atau sales marketing sampai dengan tenor angsuran berakhir. tak heran jika produk pinjaman ini banyak dimanfaatkan karena memberikan pilihan angsuran rendah.

Syarat Pinjaman Amartha

Dari produk pinjaman kelompok mingguan ataupun shorter loan masing masing memiliki kelebihan tersendiri. Berikutnya adalah syarat pinjaman Amartha dimana memang tidak dapat diambil oleh individu melainkan harus berkelompok. Kalian wajib mengumpulkan orang untuk membangun usaha ataupun menjadi anggota UMKM yang sudah berjalan. Persyaratannya memang termasuk mudah untuk dipenuhi tak heran jika pinjaman Amartha cukup terkenal di pulau Jawa.

Namun meski syaratnya mudah namun dalam pengajuan pinjaman Amartha akan dievaluasi mengikuti sistem skor kredit yang ada. Jadi sebagai pelanggan wajib tidak memiliki tunggakan atau tanggungan yang belum dilunasi sebelumnya. Lantas apa saja persayratan pinjaman Amartha? Lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

  • Perempuan.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Sudah ataupun ingin mempunyai usaha.
  • Membentuk kelompok yang terdiri dari 15 sampai maksimal 20 orang.
  • Mengikuti pelatihan wajib secara berkelompok.
  • Menghadiri pertemuan kelompok mingguan.
  • Melengkapi dokumen dan formulir pengajuan.
  • Diutamakan tinggal pada wilayah yang terbatas akses lembaga keuangan ataupun perbankan.
  • Berada pada wilayah operasional Amerta yaitu provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga Banten.
Baca  7 Cara Mengajukan Pinjaman di Amartha : Pencairan & Kantor Cabang

Pada dasarnya syaratnya memang cukup mudah dipenuhi karena dapat menggunakan organisasi wanita desa seperti PKK sehingga memudahkan dalam proses pengajuannya. Kemudian akan ada pelatihan yang wajib diikuti sehingga semua anggota harus hadir setiap minggu. Amerta akan mendampingi mulai dari usaha baru sampai dengan nantinya dapat berjalan.

Bunga Pinjaman Amartha

Lantas berapa bunga pinjaman Amartha? Saat ini bunga pinjaman Amartha mulai dari 10% hingga 12% pertahun, jadi perbulannya kurang lebih 1% saja. Bisa dikatakan bunganya sangat ringan sehingga membuat proses angsuran tidak akan memberatkan masyarakat kecil. Besaran bunganya juga mengikuti profil resiko peminjam dimana bertambah besar ketika suatu saat melakukan keterlambatan ataupun menunggak.

Tabel Angsuran Amartha

Sesudah mengetahui nominal bunganya maka selanjutnya adalah tabel angsuran pinjaman Amartha. Pada dasarnya karena bunganya rendah maka cicilan perbulan akan mempengaruhi jumlah angsurannya. Meskipun pinjaman online Amartha belum bisa dilakukan namun akses pembiayaan melalui cabang serta sales masih terbukti lebih efektis terutama bagi masyarakat kecil. Kemudian untuk tabel angsurannya silahkan simak dibawah ini.

Plafond3 Bulan6 Bulan12 Bulan
3.000.0001.016.712514.684263.747
4.000.0001.355.617686.245351.663
5.000.0001.694.521857.806439.579
6.000.0002.033.4251.029.368527.495
7.000.0002.372.3291.200.929615.411
8.000.0002.711.2341.372.491703.327
9.000.0003.050.1381.544.052791.242
10.000.0003.389.0421.715.613879.158

Kesimpulan

Kalian dapat mengajukan pinjaman di kantor cabang Amartha terdekat berbekal informasi diatas. Kemudian pencairan Amartha termasuk cepat karena ada kontak langsung antara debitur dan juga petugas sehingga prosesnya berjalan lancar. Keunggulan lainnya adalah adanya skema tanggung renteng dimana saat salah satu anggota tidak bisa membayar maka anggota lain dapat memberikan talangan dana sehingga lebih aman.

Tak heran apabila pinjaman Amartha memiliki resiko yang sangat kecil. Hal tersebut juga dipengaruhi nominal pinjaman yang tidak terlalu besar sehingga menyebabkan kemampuan pembayaran cicilan masih dapat dijangkau. Sekian penjelasan dari idekredit.com, semoga kalian akan lebih mudah menentukan akan mengajukan kredit untuk UMKM.