7 Cara Mengajukan Pinjaman di Amartha : Pencairan & Kantor Cabang

Cara Mengajukan Pinjaman di Amartha – Mencari pembiayaan kecil menengah memang menjadi hal yang tidaklah mudah karena kebanyakan penyedia pinjaman memberikan suku bunga tinggi. Bagi yang mencari pinjaman dengan bunga rendah maka produk dari PT. Amartha Mikro Fintek dapat menjadi pilihan karena mendukung usaha UMKM untuk masyarakat kecil. Pinjaman di Amartha ditujukan untuk kelompok perempuan yang memiliki usaha UMKM dengan plafon dana mikro.

Termasuk kedalam pinjaman kelompok mingguan dimana memiliki sistem angsuran per minggu dan diperuntukkan bagi 15 sampai dengan 20 orang. Kelebihan pinjaman di Amartha adalah tidak memerlukan agunan ataupun jaminan apapun. Kemudian cara mengajukan pinjaman di Amartha sangatlah mudah melalui kantor cabang ataupun petugas layanan terdekat dari lokasi debitur. Selain itu mempunyai skema bagi hasil yang flat tiap minggunya sehingga memungkinkan pembayaran angsuran secara mudah.

Pinjaman di Amartha tidak memiliki biaya admin dimana akan meringankan beban angsuran perminggu sampai tenornya berakhir. Lalu debitur juga diberikan pilihan tenor mulai dari 3, 6 sampai dengan 12 bulan sehingga termasuk panjang. Kalian juga tidak dikenakan biaya penalti ketika ingin melunasi pinjaman lebih awal ataupun dipercepat. Kemudian tersedia plafon dana mulai dari Rp.3.000.000 hingga maksimal Rp.10.000.000, meskipun tidak termasuk besar namun mampu memenuhi kebutuhan modal dari masyarakat kecil.

Setelah cara mengajukan pinjaman di Amartha dilakukan kalian juga akan diberikan pelatihan setiap minggunya untuk memaksimalkan pengelolaan modal. Hingga kini Amartha juga memiliki riwayat pembiayaan yang dijadikan penilaian skor kredit. Debitur bisa meningkatkan kelayakan kredit dengan membayarkan angsuran tepat waktu dan menhindari telat bayar ataupun tunggakan. Dengan memakai riwayat pembiayaan maka memungkinkan debitur mendapat nominal pinjaman dengan nominal lebih besar termasuk dari Bank konvensional.

Cara Mengajukan Pinjaman di Amartha
Citayam

Produk Pinjaman Amartha

Amartha termasuk kedalam perusahaan fintech atau financial technology yang menggunakan sistem peer to peer lending (P2P). Amartha mampu menghubungkan investor ke peminjam dana lewat platform online. Memang pinjaman online Amartha belum ada fiturnya, yang ada hanyalah fasilitas pendana untuk menginvestasikan dananya. Cara mengajukan pinjaman di Amartha masih dilakukan secara tradisional melalui kantor cabang ataupun petugas layanan diwilayah operasional.

Pada saat mengajukan pinjaman di Amartha kalian perlu mengetahui mengenai produk yang disediakan. Semuanya menggunakan sistem cicilan mingguan dengan pilihan tenor maksimal mencapai 12 bulan. Besat nominal plafond yang ditawarkan pun sama, namun ada perbedaan dari sistem cicilan dan juga angsurannya. Supaya lebih jelasnya simak penjelasan mengenai layanan pinjaman di Amartha berikut.

Shorter Loan

Adalah pinjaman dengan tenor lebih singkat dimana nominal plafonnya juga lebih kecil. Bisa dikatakan produk pinjaman ini dikhususkan pinjaman jangka pendek namun masih memiliki sistem cicilan perminggu setelah pencairan Amertha dilakukan. Meskipun dana yang diberikan lebih sedikit dibanding plafond normal namun proses pengajuannya termasuk mudah dan juga cepat.

Baca  √ Tabel Angsuran Pinjaman Bank Danamon 2022 : Syarat, Jenis Pinjaman

Pinjaman Kelompok Mingguan

Pinjaman kelompok mingguan atau group lending adalah pinjaman mikro untuk pengusaha UMKM dimana memiliki tenor 3, 6 hingga maksimal 12 bulan. Kalian bisa mengajukan pinjaman di Amartha dengan plafon dana mulai dari Rp.3.000.000 hingga maksimal Rp.10.000.000. Anggota kelompok harus terdiri dari minimal 15 sampai maksimal 20 orang. Cara mengajukan pinjaman di Amartha dilakukan lewat kantor cabang maupun petuhas.

Syarat Pinjaman Amartha

Lantas apa saja syarat pinjaman Amartha? Pada dasarnya syarat pinjaman dapat dilengkapi secara mudah oleh debitur secara berkelompok. Pengajuan pinjaman memang diutamakan bagi perempuan yang tiunggal pada wilayah dengan akses lembaga keuangan ataupun perbankan terbatas. Namun bagi yang tinggal diwilayah pedesan lainnya tetap bisa mengajukan pinjaman asalkan memenuhi semua persyarataan.

Jadi sebelum mengajukan pinjaman di Amartha diwajibkan membentuk kelompok usaha karena memang modal usaha dikhususkan bagi group. Kemudian pengajuan hanya dapat dilakukan pada wilayah operasional Amertha, diluar itu maka akses pembiayaan masih belum bisa didapatkan. Lebih jelasnya simak persyaratan dibawah ini.

  • Perempuan.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Telah atau ingin memiliki usaha.
  • Membuat kelompok 15 hingga 20 orang.
  • Ikut pelatihan kelompok.
  • Datang ke pertemuan kelompok seminggu sekali.
  • Bertempat tinggal didaerah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta serta Banten.
  • Melengkapi syarat dokumen serta formulir pendaftaran.

Kantor Cabang Amartha

Lalu cara mengajukan pinjaman di Amartha dapat dilakukan pada kantor cabang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Selain itu kamu juga bisa mengajukan melewati petugas Amerta yang ada pada tiap daerah biasanya sales ataupun marketing. Kemudian dalam cara mengajukan pinjaman memang cukup berbeda dengan lembaga perbankan karena Amerta akan mendampingi dan memberikan pelatihan tiap minggunya.

kantor cabang amartha

Melalui kantor cabang Amartha kalian juga dapat menanyakan mengenai cara kerja serta prosedur lengkapnya. Lalu pada tiap kantor cabang akan disediakan informasi mengenai tabel angsuran Amartha sehingga memudahkan dalam menentukan nominal pinjaman. Silahkan langsung saja datangi kantor operasional Amartha dibawah ini.

KantorAlamat
PusatJl.Ampera Raya No.16 Jakarta Selatan, Indonesia 12560
CianjurBojong, Kec. Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43281
LeuwimundingJl.Madrasah No.1, Karang Tengah, Ciparay, Kec. Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45473
KemangJl.Kemang Selatan VIII No.18, RT.7/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
ArjawinangunGraha Pesona No.C4, Kebonturi, Kec. Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45162

Call Center Amartha

Selain datang ke kantor kalian juga dapat menanyakan mengenai pengajuan ke call center Amartha. Perlu kamu ketahui bahwa call center hanya bisa dihubungi ketia jam layanan yaitu senin sampai jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kamu bisa kontak langsung ke nomor telepon, WhatsApp, email ataupun sosial media Amartha dibawah ini.

Cara Mengajukan Pinjaman di Amartha

Pinjaman di Amartha memiliki suku bunga antara 10% hingga maksimal 12% pertahun. Apabila diperhitungkan maka perbulan kurang lebih kalian dikenakan bunga sebesar 1% saja dimana sangat meringankan beban cicilan. Lantas bagaimana cara mengajukan pinjaman di Amartha? Prosesnya akan dimulai dari pembentukan kelompok usaha yang terdiri dari 15 sampai 20 orang.

Baca  √ TunaiKita Pinjaman Online 2022 : Syarat, Bunga & Keunggulan

Setelah itu kalian dapat menanyakan kepada petugas mengenai proses pengjuan secara lengkap. Cara mengajukan pinjaman di Amartha termasuk mudah karena memakan waktu cukup singkat. Terlebih pencairan dananya juga dapat langsung dinikmati dalam hitungan hari saja. Sebagai debitur kalian wajib mengikuti semua aturan serta ketentuan dari Amartha supaya mendapatkan kemudahan dalam pencarian. Untuk mengajukan pinjaman Amartha simak cara dibawah ini.

1. Membuat Kelompok Usaha

Cara pertama adalah membentuk kelompok usaha dengan anggota 15 sampai maksimal 20 orang. Lalu diusahakan domisili tiap aggotanya dekat sehingga memudahkan dalam melakukan koordinasi. Ketika sudah berkumpul maka silahkan buat kesepakatan ataupun komitmen tanggung jawab renteng ataupun saling membantu apabila salah satu anggota memiliki kesulitan dalam membayar cicilannya.

2. Hubungi Call Center

Kemudian hubungi call center di nomor 150170 atau melalui WhatsApp 081119150170 dengan tujuan menanyakan prosedur pengajuan. Hubungi disaat jam kerja yaitu senin sampai jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lalu pastikan kalian berada pada wilayah operasional Amartha untuk memudahkan dalam mendapatkan pinjaman.

3. Melengkapi Semua Syarat

Sebelum mengajukan pinjaman di Amartha kalian perlu menyiapkan semua syarat sesuai dengan panduan dari call center. Usahakan melengkapi kriteria dan juga dokumen supaya proses mengajukan berjalan lancar tanpa adanya hambatan. Pada proses ini usahakan juga semua anggota sudah siap melakukan pelatihan.

4. Pengajuan Pinjaman di Kantor atau Petugas

Cara selanjutnya adalah mengajukan langsung ke kantor ataupun petugas lapangan Amertha sesuai wilayah layanan. Serahkan dokumen kemudian isi formulir pengajuan pinjaman sesuai dengan arahan dari petugas. Pada proses mengajukan pinjaman ini kalian wajib memberikan infromasi data diri dan anggota secara benar.

5. Proses Verifikasi

Pihak Amartha akan melakukan verifikasi dari profil debitur kemudian melakukan evluasi berdasarkan dari skor kreditnya. Berikutnya pengajuan pembiayaan ditampilkan kedalam aplikasi Amartha Fintech P2P Indonesia. Investor atau pendana bisa melihat rencana usaha dan profil debitur kemudian dapat memilih untuk memberikan dananya.

6. Persetujuan Pinjaman

Kemudian setelah pinjaman disetujui maka dilakukan akad untuk menentukan aturan pelunasan dan cicilannya. Petugas Amertha akan memberikan kabar kepada debitur ketika pinjaman di setujui ataupun ditolak. Apabila disetujui maka dilakukan akad kemudian pencairan Amartha sesuai dengan aturan berlaku.

7. Pelatihan & Cicilan

Ketika pinjaman sudah dicairkan maka selama tenor berjalan semua anggota wajib hadir ke pertemuan rutin mingguan. Amartha akan memberikan informasi mengenai cara mengelola modal, disiplin dan juga memajukan usaha. Kemudian cicilan atau angsurannya wajib dibayar seminggu sekali oleh tiap anggota kelompok.

Berapa Lama Pencairan Amartha ?

Sesudah cara mengajukan pinjaman di Amartha kemudian disetujui maka proses pencairannya memakan waktu paling lamnat 7 hari kerja. Jadi kurang lebih waktu pencairan Amartha hampir sama dengan beberapa lembaga perbankan ataupun keuangan di Indonesia. Sebagai debitur bisa juga mendapatkan kemudahan karena bantuan langsung dari petugas dilokasi.

Kesimpulan

Memang cara mengajukan pinjaman di Amartha sangat mudah untuk dilakukan semua kalangan mulai dari masyarakat kecil sampai menengah. Kemudian cicilannya termasuk ringan karena memiliki bunga rendah sehingga tidak akan membebani pengeluaran bulanan. Disamping itu cara mengajukan pinjaman di Amartha dilakukan langsung dan mendapatkan bantuan dari petugas sehingga semuanya akan lebih cepat.

Walau cara mengajukan pinjaman di Amartha namun kelemahannya memang plafon dananya cukup kecil hanya maksimal 10 juta saja. Namun begitu memang sasaran pinjaman di Amartha memang untuk rakyat kecil sehingga memiliki resiko relatif kecil. Sekian pembahasan idekredit.com semoga dapat jadi bahan referensi dalam memilih modal usaha kecil menengah.