DC Julo Datang ke Rumah? Jangan Panik, Ini Tips Menghadapinya

DC Julo – Jika kalian mencari pinjaman online dengan syarat mudah dan proses cepat, mungkin Julo bisa menjadi pilihan utama. Banyaknya aplikasi pinjaman online memang memberikan kemudahan dalam hal pinjaman, hal inilah yang menjadikan aplikasi pinjaman online lebih banyak dipilih ketimbang mengajukan pinjaman offline seperti melalui perbankan, leasing, Pegadaian, Koperasi maupun lembaga keuangan lainnya. Berbicara mengenai Julo, setiap pengguna yang sudah berhasil mengajukan pinjaman dan disetujui, tentunya mereka memiliki kewajiban untuk membayar tagihan di setiap bulannya.

Melakukan pembayaran dengan tepat waktu tentu akan menjadikan skor kredit kalian baik, dan nantinya pengajuan di lain waktu akan bisa diterima dengan mudah. Namun sebaliknya jika kalian telat bayar atau bahkan gagal bayar, selain mendapatkan denda dan bunga yang menumpuk, maka kalian akan didatangi oleh DC atau Debt Collector dari pihak Julo. Apakah Julo memiliki DC? Penting diketahui bahwa Julo sebenarnya tidak memiliki DC sendiri, namun untuk hal penagihan ke rumah, biasanya pihak Julo akan meminta bantuan kepada pihak ketiga.

Citayam

Pihak ketiga disini yang dimaksud adalah Debt Collector. Nah membahas mengenai Debt Collector Julo, ada beberapa poin penting yang akan kami bahas disini, mulai dari pengertian DC Julo, tugas DC Julo, kapan DC Julo datang ke rumah dan juga tips menghadapi ketika DC datang ke rumah. Bagi pengguna Julo yang mungkin saat ini masih memiliki tunggakan tagihan, tentunya mereka akan bertanya-tanya perihal apakah DC Julo akan datang ke rumah? Apakah penagihan yang dilakukan DC Julo kasar? Dan beberapa pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada pertemuan kali ini kami akan kupas secara jelas, maka dari itu kalian bisa terus simak pembahasan kali ini sampai akhir.

Membahas sedikit mengenai kapan Debt Collector Julo datang ke rumah, banyak sekali sumber yang menyatakan bahwa DC biasanya akan datang ke rumah untuk melakukan penagihan ketika pengguna telat bayar lebih dari 2 atau 3 bulan. Yang pasti DC akan datang pada jam kerja mulai dari 08.00 sampai dengan 20.00 di hari Senin sampai dengan Jum’at. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita masuk ke topik pembahasan utama kali ini yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

DC Julo Datang ke Rumah

Apa Itu DC Julo?

Mungkin diantara kalian sudah banyak yang mengetahui apa itu DC atau Debt Collector. Nah bagi kalian yang belum mengetahui apa itu DC Julo, DC adalah seseorang yang dipekerjakan oleh bank, pinjol atau kreditur sebagai pihak ketiga dengan maksud untuk menagih utang ke peminjam yang telat bayar. Seperti di pembahasan sebelumnya, dalam dunia hutang piutang, ada 2 istilah DC yang bisa kalian ketahui, yakni DC Internal dan juga DC Eksternal. Untuk DC Internal sendiri merupakan DC yang dimiliki oleh bank, pinjol maupun lembaga keuangan lainnya. Sedangkan DC Eksternal bisa dikatakan sebagai pihak ketiga. Jadi, setiap pinjol biasanya akan menggunakan jasa pihak ketiga ini untuk melakukan penagihan ke pengguna yang telat bayar maupun gagal bayar.

Baca  Kapan DC Pinjol Datang ke Rumah? Ini Pengalaman di Beberapa Pinjol!

Kemudian mengenai tugasnya, sudah pasti DC akan melakukan tugas menagih hutang dari pengguna layanan Julo ini. Ketahui juga mengingat Julo merupakan aplikasi pinjol yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, setiap penagihan yang dilakukan juga akan sesuai dengan kode etik. Jadi tidak ada penagihan kasar, ancaman sebar data atau sebagainya. Mengenai sebar data, ada banyak sekali contoh sebar data yang tersebar di internet, dimana sebar data ini dilakukan oleh beberapa oknum DC dari layanan pinjol ilegal. Apabila pinjol tersebut legal, kemungkinan besar tidak akan ada ancaman sebar data yang sudah pasti akan sangat merugikan nasabah Julo. Jika terindikasi adanya penagihan kasar atau ancaman sebar data, kalian tinggal laporkan kepada pihak OJK dan juga pihak berwajib.

Kapan Debt Collector Julo Datang ke Rumah

Kemudian kita akan membahas mengenai pertanyaan kapan DC Julo datang ke rumah. Terkait kapan DC Julo datang ke rumah, hal ini bersifat tidak pasti, namun yang cukup mendekati adalah ketika pengguna telat bayar sudah melebih 90 hari atau 3 bulan. Jika sudah demikian biasanya DC akan mendatangi rumah untuk menagih hutang. Sementara itu ada juga yang menyatakan bahwa DC yang datang ke rumah akan menunggu lebih dulu instruksi dari pihak Julo. Biasanya penagihan dilakukan di jam kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan 20.00 mulai dari hari Senin sampai dengan Jum’at. Seperti sudah dijelaskan diatas sedikit bahwa sebelum mendatangi rumah nasabah, biasanya DC akan menghubunginya lebih dulu untuk memastikan bahwa nasabah berada di rumah atau tidak.

Tips Menghadapi DC Datang ke Rumah

Berikutnya kita akan memberikan tips yang bisa dilakukan ketika DC datang ke rumah. Ketika Debt Collector datang ke rumah, pertama kali yang bisa kalian lakukan adalah dengan menanyakan identitas terlebih dahulu. Selain itu tanyakan juga surat penagihan dari pihak Julo. Hal ini dilakukan agar nantinya kita lebih yakni bahwa Debt Collector tersebut merupakan suruhan dari pihak Julo, bukan DC ilegal yang mengaku-ngaku utusan pihak Julo. Baiklah, terkait tips yang bisa kalian lakukan, mari kita simak berikut ini.

  • Ketika DC datang ke rumah, kalian bisa sambut dengan sopan dan kemudian tanyakan identitas mereka lebih dulu. Ketahui juga untuk identitas, mulai dari siapa pemberi perintah dan kontak pemberi tanggung jawab.
  • Lalu mintalah DC untuk menunjukkan kartu profesi. Biasanya debt collector resmi akan mendapatkan sertifikat Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia atau APPI. Ini bertujuan agar penagih utang dapat menunjukkan bukti aktivitas profesinya.
  • Sampaikan kepada pihak Debt Collector alasan kalian menunggak pembayaran tagihan Julo.
  • Kalian harus bertanya perihal surat kuasa. Surat ini menjadi bukti barang sitaan imbas penunggakan cicilan. Surat ini juga diterbitkan oleh penyedia pinjol tempat kalian mengajukan pinjaman, semisal Julo.
  • Apabila terjadi penyitaan barang, pastikan juga ada sertifikat Fidusia yang merupakan dokumen asli penyitaan barang. Apabila DC tidak bisa menunjukkan sertifikat tersebut, kalian bisa menolak jika ada barang yang disita.
Baca  Penagihan Shopee Paylater ke Rumah : Penyebab dan Solusi

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait DC Julo, disini bisa kami simpulkan bahwa Debt Collector Julo merupakan pihak ketiga yang di sewa oleh pihak Julo untuk melakukan penagihan. Dari sini kita tahu bahwa Julo tidak memiliki DC Internal layaknya leasing maupun perbankan. Jadi tidak heran jika ada beberapa DC yang nekat melakukan penagihan degan cara kasar.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai DC Julo. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.