25 Syarat & Cara Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah 2021

Cara Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah – Membeli barang untuk kebutuhan rumah tangga atau lainnya saat ini memang dapat dilakukan dengan mudah. Kalian bisa mengajukan pembiayaan melalui lembaga penyedia pembiayaan syariah maupun non syariah.

Home Credit, Kredivo lalu Akulaku bisa dikatakan merupakan beberapa dari aplikasi layanan pembiayaan non syariah yang dapat dipilih. Hanya saja untuk besaran suku bunga serta BIAYA HOME CREDIT, Kredivo maupun Akulaku dikenal cukup tinggi, jadi kalian dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Namun jika kalian ingin mencari produk pembiayaan dengan sistem syariah, Duha Syariah dapat kalian manfaatkan untuk mendapatkan barang dengan cara cicilan. Karena menggunakan akad sesuai syariah, pembiayaan Duha Syariah pastinya memiliki biaya serta margin keuntungan berbeda dengan aplikasi pembiayaan non syariah diatas.

Duha Syariah sendiri dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store. Syarat maupun cara pengajuan pembiayaan Duha Syariah juga tentunya cukup mudah. Daripada penasaran, langsung saja simak informasi lengkap mengenai produk pembiayaan Duha Syariah serta cara pengajuannya berikut ini.

Cara Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah

Apa Itu Duha Syariah?

Bagi yang belum tahu apa itu Duha Syariah, Duha Syariah adalah penyelenggara layanan jasa keuangan berdasar pada prinsip syariah yang mempertemukan atau menjembatani pemberi pembiayaan dengan penerima pembiayaan dalam rangka melakukan akad pembiayaan secara digital. Duha Syariah menggunakan 4 akad, yakni sebagai berikut:

  • Wakalah Bil Ujroh yaitu kerja sama pemberian kuasa untuk menyalurkan langsung dana dari Pemberi Pembiayaan (Pemilik dana) kepada Penerima Pembiayaan melalui platform Duha Syariah.
  • Waad yaitu pemberian janji pembiayaan dari Duha Syariah kepada Penerima Pembiayaan berupa plafon pembiayaan setelah pengajuan pembiayaan diterima atau disetujui.
  • Murabahah yaitu jual beli atas suatu barang dengan tingkat margin yang telah disepakati sebelumnya antara pihak penjual dan pihak pembeli.
  • Ijarah yaitu akad pemindahan hak guna atau manfaat atas suatu jasa dengan membayarkan sewa atau jasa pemakaian.

Tipe Pembiayaan Duha Syariah

Tipe Pembiayaan Duha Syariah

Duha Syariah memiliki 2 tipe produk pembiayaan , pertama adalah pembiayaan konsumtif (barang/jasa) dan kedua adalah pembiayaan religi. Adapun penjelasannya, simak berikut ini.

Pembiayaan Konsumtif

Pembiayaan ini juga dikenal dengan nama pembiayaan multiguna. Dimana kalian dapat membeli barang di merchant rekanan Duha Syariah. Maksimal limit pembiayaan produk ini adalah Rp 20 juta dengan tenor angsuran mulai dari 3, 6, 9 serta 12 bulan.

Limit PembiayaanTenor Angsuran
Rp 1.500.000 – Rp 20.000.0003, 6, 9, 12 bulan

Pembiayaan Perjalanan Religi

Kedua adalah pembiayaan perjalanan religi. Perjalanan Umroh dan Wisata Halal yang dijual di e-commerce atau martketplace rekanan Duha Syariah. Maksimal limit pembiayaan produk ini adalah Rp 30 juta serta tenor angsuran mulai dari 12, 18 dan 24 bulan.

Limit PembiayaanTenor Angsuran
Rp 30.000.00012, 18 dan 24 bulan

Margin & Biaya Pembiayaan Duha Syariah

Margin Biaya Pembiayaan Duha Syariah

Adapun untuk perhitungan Margin/Ujroh, kalian dapat langsung simak tabel di bawah ini.

Margin Pembelian Barang/JasaMargin Perjalanan Umroh & Wisata Halal
2,0% per bulan (Flat)1,5% per bulan (Flat)

Sedangkan untuk biaya dan lain-lain, Duha Syariah tidak membebankan biaya apapun untuk nasabahnya. Hampir semua biaya seperti biaya admin, biaya pendaftaran, biaya keterlambatan bayar dan lain sebagainya tidak ada. Hal ini karena Duha Syariah lebih mengedepankan nilai persaudaraan.

Perlu diketahui juga bahwa untuk pembiayaan Duha Syariah pembelian barang/jasa ini tidak memerlukan uang muka. Namun untuk pembiayaan perjalanan, diperlukan uang muka sebesar 20%.

Persyaratan Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah

Syarat Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah

Lalu mengenai persyaratan pengajuan pembiayaan Duha Syariah, ada beberapa syarat yang wajib diketahui. Lebih jelasnya langsung saja simak di bawah ini.

Persyaratan Umum

  • WNI
  • Berusia minimal 21 tahun atau kurang 21 tahun namun sudah menikah
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, dan wilayah Perusahaan Pemberi Kerja yang bekerja sama dengan Duha Syariah.
  • Memiliki nomor HP yang dapat diverifikasi.
  • Memiliki identitas e-KTP valid.
  • Memiliki alamat tinggal jelas.
  • Pegawai Tetap.
  • Memiliki penghasilan tetap bersih minimal Rp 3 juta per bulan.
  • Memberikan dokumen pendukung yaitu NPWP, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan Mutasi Rekening Tabungan (Rekening Koran) 3 bulan terakhir.
  • Memberikan data orang terdekat agar dapat dihubungi dalam keadaan darurat sebanyak 2 orang. Ijinkan pihak Duha Syariah untuk melakukan verifikasi dengan menghubungi orang bersangkutan.

Persyaratan Dokumen

  • e-KTP
  • Slip gaji bulan terakhir atau surat keterangan gaji terkini.
  • Mutasi Rekening Tabungan (Rekening Koran) 3 bulan terakhir.
  • Dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga, NPWP, SIM, STNK dan Tagihan Pembiayaan/Internet/Telepon/TV Berlangganan/PBB.

Cara Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah Online

Cara Pengajuan Pembiayaan Duha Syariah Online

Untuk cara pengajuan pembiayaan Duha Syariah, kalian bisa melakukannya dengan sangat mudah seperti langkah di bawah ini.

1. Unduh Aplikasi Duha Syariah

Pertama unduh dan instal aplikasi Duha Syariah melalui Play Store maupun App Store. Setelah itu daftarkan diri kalian menggunakan nomor HP. Nantinya admin Duha akan memverifikasi dan menganalisa data untuk persetujuan plafon.

2. Kunjungi Platform Marketplace Rekanan Duha

Cara selanjutnya kunjungi martketplace rekanan Duah seperti Bhinneka.com, Duniahalal.com dan lain sebagainya. Kalian juga dapat mengajukan pesanan barang/jasa dari tempat favorit dengan langsung menghubungi CS via WhatsApp.

3. Pilih Barang/Jasa

Setelah itu pilih barang/jasa yang ingin dibeli, dilanjutkan melakukan proses checkout barang.

4. Pilih Sistem Pembayaran

Disini kalian dapat menggunakan sistem pembayaran dengan cara cicilan menggunakan Duha Syariah. Tentukan juga tenor pembiayaan sesuai kemampuan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara pengajuan pembiayaan Duha Syariah yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.