8 Cara Cek Skor Kredit Online Via SLIK OJK 2021

Cara Cek Skor Kredit – Pengecekan skor kredit atau BI Checking biasanya diperlukan untuk beberapa hal, salah satunya adalah PENGAJUAN PINJAMAN ONLINE ataupun offline di bank. Mengenai hal ini, kalian tentu sudah tidak asing lagi, khususnya bagi kalian yang sudah pernah mengajukan pinjaman di bank.

Cek skor kredit ini dapat dilakukan via online melalui layanan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Sistem ini berisi data-data keuangan perseorangan atau badan usaha terutama informasi debitur. SLIK sendiri diterbitkan oleh OJK per 1 Januari 2018 menggantikan SID (Sistem Informasi Debitur).

Sebelumnya untuk mengecek skor kredit yang kita miliki, kalian harus datang ke kantor OJK langsung dengan membawa KTP dan mengisi formulir disana. Namun saat ini kalian dapat melakukannya secara online dengan mengakses situs resmi ojk.go.id melalui PC atau smartphone kalian.

Membahas mengenai cek skor kredit, kalian yang mungking masih belum mengetahui caranya, kalian dapat simak langkah-langkah cek skor kredit yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

Cara Cek Skor Kredit

Tutorial Cek Skor Kredit Via SLIK OJK

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa untuk mencetak SLIK OJK secara online, kalian dapat menggunakan HP atau PC dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Kunjungi Laman Antrian Online

Pertama kunjungi laman antrian online di konsumen.ojk.go.id.

Buka Laman Konsumen OJK

2. Pilih Jenis Informasi Debitur dan Tanggal Antrian

Selanjutnya kalian dapat memilih jenis informasi debitur dan tanggal antrian. Untuk kolom kantor OJK, kalian dapat pilih kantor OJK terdekat di daerah kalian. Lalu layanan tanggal, pilih tanggal informasi debitur SLIK akan dikirim melalui email. Pilih tanggal dan jam yang kuotanya masih tersedia. Setelah itu klik Lanjut.

Baca  √ Pembiayaan Griya Berkah Mandiri Syariah 2021: Syarat & Pengajuan

3. Isi Data dengan Lengkap dan Benar

Untuk kolom alamat, isi sesuai dengan yang tertera di KTP. Dan untuk alamat lain isi dengan alamat yang pernah ditempati selain alamat yang ada pada KTP.

Isi Fomulir Cek Skor Kredit

4. Upload Foto atau Scan Dokumen Asli dan Pilih Salah Satu Tujuan permohonan

Upload dokumen dan kemudian centang kotak persetujuan disclaimer dan ketik teks captcha di kolom yang disediakan, lalu klik Kirim. Untuk debitur perseorangan, foto atau scan dokumen asli yang dibutuhkan adalah KTP atau Paspor.

Sedang debitur badan usaha, foto dan scan dokumen asli yang dibutuhkan adalah KTP pengurus (atau Paspor jika pengurus adalah WNA), NPWP badan usaha, dan Akta pendirian/anggaran dasar pertama (atau Akta pendirian/anggaran dasar terakhir jika terdapat perubahan Akta).

5. Verifikasi Data Oleh Pihak OJK

Kalian akan menerima email dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK online. Tungg OJK melakukan verifikasi data pertama. Jika kalian telah lolos verifikasi tahap pertama, kalian akan kembali mendapatkan email yang berisi informasi hasil verifikasi antrian SLIK online paling lambat H-2 dari tanggal antrian. Di email ini kalian akan menemukan formulir dan nomor WA OJK-SLIK.

6. Cetak Formulir dan Tanda Tangan

Disini kalian dapat cetak formulir dan bubuhkan tanda tangan sebanyak 3 kali. Scan formulir tersebut dan kirim ke nomor WA OJK-SLIK. Jangan lupa kirimkan foto selfie dengan menunjukkan KTP kalian.

7. Verifikasi Video Call

Kemudian pihak OJK biasanya akan melakukan panggilan video call untuk proses verifikasi tahap selanjutnya.

8. Informasi Hasil Debitur (iDeb) SLIK

Setelah lolos verifikasi WA, OJK akan mengirimkan hasil informasi debitur SLIK via email yang lengkap dengan cara membacanya. Kalian mungkin perlu menunggu beberapa menit untuk menerima email ini, tergantung kuota dan antrian pada hari itu juga.

Informasi Hasil Debitur

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara cek skor kredit yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Baca  15 Cara Bayar Kredit Plus via ATM BCA 2021