3 Pinjaman Bank Panin Terbaik Bunga Ringan 2022

Pinjaman Bank Panin – PT Bank Pan Indonesia TBK atau lebih dikenal Bank Panin menjadi lembaga perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman kredit bagi masyarakat dengan suku bunga ringan serta proses pengajuan mudah. Program kredit pinjaman ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bisa memperoleh modal usaha maupun kebutuhan konsumtif.

Dalam pemasaran produk pinjaman yang mereka miliki, Bank Panin memberikan beberapa jenis pilihan kredit pinjaman bagi nasabah untuk dapat mereka sesuaikan dengan kebutuhan. Menariknya dari beberapa produk tersebut, hampir semuanya memiliki suku bunga ringan yang membuat setiap kreditur tidak terbebani dengan besarnya bunga bulanan / tahunan.

Meski demikian, nyatanya untuk saat ini tidak sedikit dari nasabah / masyarakat umum yang tahu apa saja jenis pinjaman Bank Panin yang dapat mereka gunakan. Oleh karena itulah setelah sebelumnya idekredit ulas rangkuman tabel angsuran BFI Syariah.

Sesuai dengan judul di atas, di kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detail apa saja pinjaman Bank Panin lengkap dengan kelebihan kekurangan, suku bunga serta syarat pengajuan yang perlu dipersiapkan. Oleh karena itu jika memang sedang membutuhkan review pinjaman BankPanin.

Pinjaman Bank Panin

Maka ulasan yang kali ini akan kita rangkum tentu menjadi wacana yang cukup menarik. Untuk itulah bagi kalian yang sedang membutuhkan modal usaha, maupun kebutuhan konsumtif untuk keperluan harian maupun keperluan pembangunan & renovasi rumah, simak penjelasan lengkap idekredit.com berikut ini.

Pinjaman Bank Panin Terbaik Bunga Ringan

Hadir sejak tahun 1971 lalu, PT Bank Pan Indonesia dengan bisnis Bank Panin bisa dibilang merupakan salah satu lembaga perbankan tua yang kini sudah memiliki lebih dari 500 kantor cabang di seluruh Indonesia. Tidak heran apabila jumlah nasabah yang mereka miliki pun sudah begitu banyak.

Dengan seiring berjalannya waktu, dalam memberikan pelayanan terbaik. Bank Panin tidak semata hanya menawarkan produk tabungan / simpanan dalam berbagai macam jenis dengan kelebihan & kekurangannya. Namun lembaga perbankan ini juga menyediakan program kredit pinjaman.

Yang dimana, sesuai dengan penjelasan situs resmi mereka yakni https://www.panin.co.id/, diketahui bahwa untuk saat ini ada 3 jenis pilihan pinjaman Bank Panin yang dapat digunakan masyarakat. Ketiga produk pinjaman tersebut terdiri dari:

  • Pinjaman KPR Panin
  • Pinjaman Referral KPM Panin
  • Pinjaman Kredit Express Panin

Adapun untuk kalian yang penasaran dan ingin tahu apa saja kelebihan dari masing-masing produk pinjaman Bank Panin tersebut, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. KPR Panin

KPR Panin

Produk pinjaman Bank Panin pertama yang dapat kalian gunakan adalah KPR Panin. Masing mengutip dari situs resmi mereka, dijelaskan bahwa KPR Panin adalah sebuah fasilitas kredit yang dapat digunakan masyarakat untuk keperluan pembelian rumah, vila, ruko, apartemen maupun kavling.

Yang dimana dana pinjaman tersebut nantinya dapat dialokasikan untuk pembelian dari perorangan maupun developer atau bahkan sampai agen properti dengan range harga murah dan terjangkau serta aman dalam hal transaksi.

Bahkan tak ingin tertinggal dari program KPR yang ditawarkan oleh lembaga perbankan lain seperti KPR Kendali OCBC NISP / KPR Kendali OCBC NISP. Bank Panin juga menawarkan KPR Panin dalam dua jenis yang bisa kalian andalkan:

  1. KPR
    Merupakan program kredit perorangan untuk pembelian properti seperti rumah, apartemen, ruko, rukan & kavling hanya dalam komplek perumahan.
  2. KPR X-Tra
    Fasilitas refinancing yang memanfaatkan jaminan berupa rumah, ruko, rukan, apartemen / kavling untuk penggunaan renovasi, konstruksi maupun pembelian bangunan lain dalam komplek perumahan yang belum bisa dijaminkan.

Keuntungan Pinjaman KPR Panin

Bicara mengenai keuntungan, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan diperoleh nasabah ketika memanfaatkan fasilitas pinjaman KPR Panin untuk keperluan pembelian rumah / apartemen.

  • Pilihan suku bunga & biaya ringan serta kompetitif sesuai kebutuhan.
  • Cepat & mudah dalam hal proses persetujuan pinjaman (hanya dalam waktu 3 hari kerja).
  • Cicilan tetap / fixed selama jangka waktu kredit dengan tenor maksimal sampai 20 tahun.
  • Tersedianya kemudahan dalam hal pembayaran.
  • Keamanan dokumen / agunan yang diprioritaskan.

Suku Bunga KPR Panin

Kemudian untuk suku bunga pinjaman bank Panin produk KPR ini, bisa dibilang cukup menarik. Mengingat Bank Panin memberikan dua pilihan penerapan suku bunga yakni Bunga Berjenjang dan Bunga Fixed yang detailnya dapat kalian lihat di bawah ini.

1. Bunga Berjenjang

Jangka WaktuBunga KPR & KPR X-tra
Tahun ke – 14,50%
Tahun ke – 24,50%
Tahun ke – 37,80%
Tahun ke – 47,80%
Tahun ke – 59,80%
Tahun ke – 69,80%
Tahun ke – 79,80%
Tahun ke – 89,80%
Tahun ke – 9 s/d 209,80%

2. Bunga Fixed

Jangka WaktuBunga KPR & KPR X-tra
1-5 tahunFixed 6,75%
> 5-10 tahunFixed 8,25%
> 10-15 tahunFixed 8,75%
> 15-20 tahunFixed 9,75%

Syarat Pengajuan KPR Panin

Kemudian seperti yang sudah idekredit.com jelaskan di atas, persyaratan untuk proses pengajuan bisa dibilang cukup mudah. Namun disini ada dua jenis syarat yang perlu diperhatikan yakni syarat umum & syarat dokumen.

Syarat UmumSyarat Dokumen
Warga Negara Indonesia (WNI)Fotokopi KTP pemohon
Batas usia minimal 21 tahun atau sudah menikahFotokopi KTP suami/istri
Karyawan tetap/profesional/wiraswastaFotokopi kartu keluarga
Batas usia maksimal 55 tahun untuk karyawanFotokopi akta nikah/akta cerai/akta pisah harta
Batas usia maksimal 60 tahun untuk profesional atau wiraswastaFotokopi NPWP/SPT PPh21
Data keuangan dan / atau rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir
Slip Gaji & Surat Keterangan Kerja Asli dari perusahaan
Fotokopi Dokumen Jaminan (Sertifikat -AJB-IMB & PBB)

2. Referral KPM Panin

Referral KPM Panin

Pinjaman Bank Panin berikutnya adalah Referral KPM Panin. Nah pinjaman satu ini lebih cocok digunakan bagi nasabah / masyarakat umum yang ingin segera memiliki kendaraan mobil baru sebagai alat transportasi.

Keuntungan Pinjaman Referral KPM Panin

Secara garis besar program pinjaman ini hampir sama dengan pembiayaan kepemilikan mobil Bukopin yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Adapun program kredit pinjaman Bank Panin Referral KPM Panin sendiri punya cukup banyak kelebihan / Keuntungan, diantaranya seperti:

  • Suku Bunga & Biaya Kompetitif.
  • Tenor angsuran maksimal sampai 60 bulan / 5 tahun.
  • Proses cepat & fleksibel.

Suku Bunga Referral KPM Panin

Terkait masalah suku bunga, bisa kami katakan bahwa suku bunga program kredit pinjaman Bank Panin ini terbilang ringan dan flat. Karena bunga yang akan diperoleh setiap kreditur mulai dari 0.00% flat per tahun khusus mobil baru bertipe penumpang.

Namun ketentuan tersebut jelas memiliki S&K tersendiri yang dikeluarkan oleh pihak Bank Panin. Namun sebagai gambaran, berikut adalah rincian tenor & suku bunga Referral KPM Panin.

Kendaraan Penumpang61224364860
Bunga (Flat)0.00 %2.38 %2.68 %2.88 %3.48 %4.58 %
Kendaraan Niaga / Komersial12243648
Bunga (Flat)4.95 %5.25 %5.50 %5.75 %
Berlaku mulai per 1 Oktober 2022

3. Kredit Express Panin

Kredit Express Panin

Dan pinjaman Bank Panin yang terakhir adalah Kredit Express Panin. Kredit Express Panin sendiri merupakan produk kredit tanpa pinjaman (KTA) yang ditawarkan Bank Panin untuk nasabah dalam kelompok individu dengan tujuan untuk keperluan konsumtif.

Dalam penawarannya, bank Panin memberikan kesempatan bagi nasabah untuk bisa mengajukan kredit pinjaman mulai dari Rp3 – Rp300 juta rupiah dengan platform hingga 3 tahun dan suku bunga yang ringan dan kompetitif.

Keuntungan Pinjaman Kredit Express Panin

Adapun sama halnya dengan pinjaman Bank Panin lainnya Kredit Express Panin juga punya beberapa keuntungan yang sudah pasti akan bisa dinikmati setiap nasabah, diantaranya seperti:

  • Masa angsuran fleksibel mulai 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.
  • Plafond pinjaman mulai dari Rp3 juta hingga Rp300 juta.
  • Suku bunga ringan dan kompetitif mulai dari 0.65%.
  • Proses pengajuan cepat dengan persyaratan mudah.
  • Pinjaman tanpa jaminan apapun.

Biaya Pinjaman Kredit Express Panin

Sama halnya dengan program pinjaman KTA pada umumnya seperti KTA KEB Hana Bank maupun KTA Amar Bank dan lain sebagainya. KTA Kredit Express Panin juga punya biaya penanganan yang perlu dibayar ketika pengajuan dilakukan. Biaya-biaya tersebut antara lain seperti:

Jenis BiayaKeterangan
Biaya Provisi3% dari pinjaman yang disetujui
Biaya AdministrasiRp 100.0000 per tahun
Denda Keterlambatan6% dari jumlah angsuran yang tertunggak Penalti
Pelunasan Dipercepat7% dari sisa hutang pokok
Metode PencairanMelalui tabungan/rekening koran Panin Bank
Metode PembayaranDebet otomatis (autodebet) melalui tabungan/ rekening koran Panin Bank

Suku Bunga Kredit Express Bank Panin

Sementara itu untuk rincian suku bunga pinjaman Bank Panin jenis KTA / Kredit Express Panin ini dapat kalian lihat pada tabel di bawah ini.

Jangka WaktuSuku Bunga (Flat/Bulan)
12 Bulan0,65%*
24 Bulan0,65%*
36 Bulan0,65%*

Syarat Pengajuan Pinjaman Kredit Express Panin

Apabila kalian tertarik menggunakan program pinjaman bank Paning satu ini berikut adalah beberapa syarat perlu untuk kalian siapkan.

Syarat UmumSyarat Dokumen
Merupakan WNI & berdomisili di Indonesia.Fotokopi KTP

Usia minimal 21 tahun & maksimum 55 tahun
Fotokopi halaman depan buku Tabungan
Penghasilan bersih minimal Rp3 juta/bulan jika lokasi bekerja berada diluar JabodetabekSlip gaji terakhir /
Penghasilan bersih minimal Rp4 juta/bulan jika lokasi bekerja berada di Jabodetabek.Fotokopi Kartu Kredit (bagian depan) dan dengan melampirkan Fotokopi Tagihan 1 bulan terakhir
Telah memiliki Tabungan Panin.Fotokopi NPWP

Kesimpulan

Dari beberapa jenis pinjaman Bank Panin di atas, bisa kita simpulkan bahwa ketiga produk pinjaman Bank Panin tersebut memiliki peruntukan masing-masing yang tidak bisa kita sama ratakan. Bahkan di hampir setiap produk pinjaman juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Maka dari itu apabila tertarik dan ingin mengajukan pinjaman Bank Panin di atas, sangat idekredit.com sarankan untuk segera mendatangi kantor PT BankPanin terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Sekian dan semoga bermanfaat.

  • Referensi: https://www.panin.co.id/id/product/loan
  • Sumber Gambar: idekredit.com, panin.co.id
Tags: , , ,