√ Pengajuan Kredit Motor Ditolak ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Pengajuan Kredit Motor Ditolak – Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang sudah masuk dalam kategori kebutuhan primer bagi orang-orang. Bisa dilihat bahwasanya hampir setiap orang sudah memiliki kendaraan roda dua ini. Mereka bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan, seperti pergi ke kantor, mengantar anak ke sekolah, bekerja sebagai ojek online dan lain sebagainya. Mengenai hal ini, kredit motor banyak dipilih oleh sebagian kalangan masyarakat, karena dinilai lebih ringan walaupun untuk urusan bunga memang cukuplah besar.

Pihak Dealer yang bekerjasama dengan pihak leasing sendiri juga kerap memberikan berbagai promo menarik seperti potongan angsuran, hadiah menarik, tanpa DP/Uang Muka dan lain sebagainya. Hal ini tentu dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli motor secara kredit. Melihat dari keuntungan yang didapatkan oleh konsumen, mereka tentu akan lebih ringan ketika melakukan pembayaran tagihan di setiap bulannya. Besaran tagihan juga akan disesuaikan berdasarkan harga motor yang dipilih, entah itu dari merek Yamaha, Honda maupun lainnya.

Umumnya, rata-rata cicilan hanya berkisar antara Rp 600 ribu – Rp 800 ribu untuk motor dengan harga paling murah. Membahas mengenai kredit motor, konsumen tentunya diwajibkan untuk menyiapkan syarat-syarat terlebih dahulu, baik syarat umum serta syarat dokumen. Apabila dari syarat tersebut tidak lengkap, maka kemungkinan besar pengajuan kredit motor ditolak sangat besar. Selain itu juga ada beberapa penyebab lain yang mengakibatkan pengajuan kredit motor ditolak oleh pihak leasing. Hal ini wajib kalian ketahui agar nantinya bisa mencari solusi atas masalah ini.

Advertisements

Pemecahan masalah ini juga bisa dilakukan dengan meminta bantuan kepada petugas leasing maupun Dealer tempat kalian membeli sepeda motor. Untuk mengatasi permasalahan ini, kami dari tim idekredit.com juga akan membagikan beragam tips agar pengajuan kredit motor bisa disetujui dengan mudah. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan kali ini, kalian bisa langsung simak informasi terlengkap penyebab dan cara mengatasi pengajuan kredit motor ditolak berikut ini.

Pengajuan Kredit Motor Ditolak

Penyebab Utama Pengajuan Kredit Motor Ditolak

Seperti sudah kami jelaskan diatas bahwa ada beberapa penyebab yang memungkinkan konsumen akan sulit mendapatkan persetujuan ketika pengajuan kredit motor. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak penjelasan penyebab pengajuan kredit motor ditolak berikut ini.

Baca  √ KPR Bank Bukopin 2022: Keunggulan, Jenis & Syarat Pengajuan

1. Masuk Dalam Daftar Blacklist

Dalam istilah kredit, ada yang namanya Blacklist atau daftar hitam. Blacklist ini biasanya didapatkan ketika konsumen pernah mengalami gagal bayar atau kredit macet di pinjaman lainnya, entah itu leasing, perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Ketika konsumen sudah masuk dalam daftar Blacklist ini, maka pihak Leasing akan memilih untuk menolak pengajuan kredit motor tersebut. Perlu diketahui juga bahwa pihak Leasing juga akan melakukan tracking melalui Leasing lainnya apakah nama pemohon kredit pernah memiliki riwayat buruk atau tidak.

2. Penghasilan Dinilai Tidak Mencukupi

Sebelum memutuskan melakukan pengajuan kredit motor, kalian bisa memastikan lebih dulu apakah penghasilan kalian dinilai mencukupi untuk membayar angsuran kredit motor tersebut atau tidak. Jika pada saat survey, petugas survey menanyakan penghasilan kepada konsumen namun penghasilan tersebut dinilai tidak mencukupi, maka pengajuan kredit motor akan ditolak. Hal ini juga sebagai pertimbangan dari pihak Leasing karena dinilai bisa menjadi konsumen gagal bayar nantinya.

3. Persyaratan Tidak Lengkap

Penyebab pengajuan kredit motor ditolak yang ketiga adalah karena persyaratan tidak lengkap. Syarat menjadi salah satu yang paling penting ketika mengajukan kredit sepeda motor. Jika ada salah satu syarat yang kurang, maka proses pengajuan akan ditolak.

4. Kurang Kooperatif Saat Proses Survey

Sebenarnya proses pengajuan kredit motor sangatlah mudah, hanya saja ada beberapa konsumen yang kerap mengabaikan informasi akan hal ini. Sehingga pengajuan mereka ditolak oleh pihak leasing. Seperti diketahui juga bahwa setiap pengajuan tentu akan dilakukan survey oleh pihak leasing. Pada saat tahap ini, konsumen akan ditanyai beberapa pertanyaan seperti informasi penghasilan, jumlah tanggungan, dan lain sebagainya. Jika disini konsumen kurang kooperatif, maka bisa menjadi penyebab pengajuan kredit motor ditolak oleh pihak leasing.

Baca  √ KPR Sejahtera FLPP Bank Kalteng 2022 : Syarat & Cara Pengajuan

Cara Mengatasi Pengajuan Kredit Motor Ditolak

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai penyebab mengapa pengajuan kredit sepeda motor ditolak. Berikutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi pengajuan kredit motor yang ditolak. Sebenarnya informasi cara pengajuan kredit motor agar disetujui sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya. Namun disini kami akan bahas kembali agar kalian bisa mudah memahami dan menemukan solusi tepat agar pengajuan bisa diterima.

Salah satu tips paling penting agar pengajuan disetujui adalah dengan memastikan bahwa kalian tidak masuk dalam daftar hitam Leasing. Kemudian selain itu pastikan semua persyaratan dokumen sudah lengkap, karena ini menjadi syarat utama dan terpenting ketika melakukan pengajuan kredit kendaraan bermotor. Dan selain itu, usahakan juga untuk kooperatif kita petugas survey datang ke rumah. Jawab semua pertanyaan dengan jujur dan jelas agar pihak Leasing juga percaya sehingga proses pengajuan bisa langsung disetujui dan motor akan langsung dikirim keesokan harinya.

Tips Jitu Agar Pengajuan Kredit Motor Disetujui

Ada juga beberapa tips lain yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi pengajuan ditolak. Adapun tips-tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan bahwa nama kalian tidak masuk dalam daftar hitam
  2. Berikan data-data secara lengkap
  3. Memiliki pekerjaan maupun usaha dan berpenghasilan
  4. Usahakan untuk memberikan DP/Uang Muka lebih besar
  5. Pastikan kepemilikan tempat tinggal atas nama sendiri atau pribadi
  6. Berusia minimal 21 tahun & maksimal 60 tahun
  7. Memberikan salinan NPWP

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi pengajuan kredit sepeda motor di tolak. Disini bisa disimpulkan bahwa disetujui atau tidaknya pengajuan akan dilakukan berdasarkan pada hasil survey yang dilakukan. Untuk kekurangan persyaratan kemungkinan masih bisa di tolerir oleh pihak leasing. Dimana konsumen bisa melengkapinya kembali di kemudian hari. Namun kebanyakan pihak leasing menolak pengajuan kredit motor dikarenakan konsumen masuk dalam daftar hitam atau Blacklist.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pengajuan kredit motor ditolak. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements