10 Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Kecil dan Besar 2020

Jenis Jaminan Kredit – Pinjaman memang terkadang kita perlukan karena membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan usaha yang sedang kita rintis. Namun terkadang kita terbentur akan adanya syarat jaminan yang kebanyakan berupa surat penting seperti SPPT, SHM, BPKB Kendaraan dan lain sebagainya.

Melihat jaminan tersebut yang terkadang tidak dimiliki oleh beberapa orang, mereka lebih memilih untuk beralih memanfaatkan aplikasi pinjaman online tanpa agunan yang tentu harus siap menerima segala resiko, khususnya perhitungan bunga yang lebih besar dibandingkan dengan bank-bank atau lembaga pembiyaan lainnya.

Berbicara mengenai jaminan atau agunan pinjaman kredit, disini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai jenis jaminan kredit untuk pinjaman kecil dan juga pinjaman besar. Pinjaman dengan jaminan sudah pasti menjadi salah satu persyatan utama ketika kita meminjam dana segar di bank-bank yang ada di Indonesia.

Dengan persyaratan utama tersebut biasanya bank akan memberikan pinjaman dengan nominal yang besar. Nah selain jaminan yang kami sebutkan diatas, ada beberapa jenis jaminan kredit lain yang perlu kalian ketahui. Daripada penasaran  lebih baik langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Kecil dan Besar

Jenis Jaminan Kredit

Jenis Jaminan Kredit Pinjaman Kecil

Jaminan kredit untuk pinjaman dengan nilai yang kecil. Yang dimaksud disini adalah pinjaman yang diajukan untuk kebutuhan yang lebih kecil. Nah biasanya mereka yang mengajukan pinjaman ini bisa dari berbagai kalangan, seperti petani, mahasiswa, nelayan dan lain sebagainya.

1. Hasil Kebun dan Ternak

Jenis jaminan ini biasanya digunakan oleh petani dan juga peternak. Untuk suku bunganya juga tidak terlalu tinggi, yakni o,5% per bulan unutk perkebunan. Di Indonesia, para penyedia jasa gadai juga kerap menerima produk perkebunan, pertanian dan peternakan seperti kopi, gabah, cokelat, karet, sapi dan kerbau sebagai jaminan kredit untuk menambah modal usaha mereka (petani dan peternak).

2. Alat-Alat Elektronik

Jika kalian ingin menggadaikan barang elektronik sebagai jaminan, pastikan dulu jika masa produksi barang tersebut tidak lebih dari satu tahun. Hal ini bertujuan agar proses pencairan lebih mudah nda cepat. Artinya barang elektronik yang dijadikan jaminan harus tipe terbaru.

3. Barang Branded

Selain itu kalian juga dapat menggunakan barang-barang branded seperti tas, jam tangan, kacamata ternama dan lainnnya untuk mendapatkan dana segar. Pastikan juga bahwa barang tersebut benar-benar asli bukan tiruan. Jika perlu sertakan surat-surat pendukung keontetikan barang ketika akan menjaminkannya.

4. Alat Pertanian dan Nelayan

Alat pertanian seperti traktor, bajak, jala, perahu atau pompa air juga dapat kita jadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan dana tambahan. Penyedian pinjaman yang  menerima barang seperti ini biasanya beroperasi di pedesaan atau desa nelayan. Karena sifatnya berfungsi untuk menghasilkan uang, biasanya para pemberi pinjaman akan menerimanya.

Jenis Jaminan Kredit Pinjaman Besar

Jenis jaminan kredit untuk pinjaman dengan nilai besar tenu haru sebanding dengan nominal pinjaman yang akan diperoleh. Maka dari itu seperti bank akan lebih mengutamakan jaminan berupa surat penting, mobil atau kendaraan lain yang memiliki nilai jual besar. Lebih jelasnya mari kita simak berikut ini.

1. Mobil dan Kendaraan Lainnya

Seperti kita ketahui bahwa motor dan mobil ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Maka tak heran jika banyak orang yang menjaminkan kendaraan tersebut untuk mendapatkan pinjaman. Perlu kalian ketahui juga semakin tinggi nilai kendaraan maka semakin tinggi pula pinjaman yang akan kalian dapatkan.

Biasanya peminjam tak perlu memberikan kunci mobil atau motor tersebut. Setelah diperiksa kondisi, kelengkapan surat dan tahun produksi, kalian tetap dapat menggunakan kendaraan untuk beraktivitas. Kami menyarankan untuk menjaminkan motor atau mobil dengan atas nama pribadi. Biasanya peminjam hanya perlu menyerahkan BPKB saja sebagai jaminan.

2. Mesin Pabrik

Bagi kalian yang memiliki pabrik dan sedang membutuhkan dana tambahan, kalian dapat mengajukan kredit dengan jaminan mesin pabrik. Plafon tertinggi yang diberikan bank atau lembaga keuangan lain atas jaminan tersebut rata-rata sebesar Rp 5 milyar. Akan tetapi ini tergantung juga seberapa besar mesin pabrik yang kalian jadikan jaminan.

3. Kapal dan Pesawat

Jenis jaminan yang satu ini bisa dikatakan memiliki nilai yang sangat tinggi. Akan tetapi transaksi ini biasanya hanya dilakukan anatar bank dan kreditur perusahaan. Cara memberikan jaminanannya pun cukup unik, yakni dengan cara pemberian fidusia atas komponen penting pesawat seperti mesin, baling-baling dan lainnya. Nilai pinjaman dengan jaminan ini dapat mencapai milyaran rupiah.

4. Emas/Logam Mulia

Logam mulia adalah salah jenis jaminan pinjaman yang paling sering digunakan sebagai jaminan. Disamping hampir rata-rata orang Indonesia memilikinya, tempat untuk menjaminkan emas juga cukup banyak. Selain itu emas sangatlah mudah untuk diuangkan karena harga jualnya sudah pasti. Perlu kalian ketahui juga bahwa ini hanya berlaku untuk emas batangan saja.

Bagi kalian yang ingin menggadaikan emas perhiasan, kemungkinan hanya akan dihargai sekitar 70-80% dari harga asli. Alasannya tempat gadai hanya menghitung dari berat emas bukan dari bentuk ataupun model emas perhiasan tersebut.

5. Properti

Ada banyak sekali jenis properti yang dapat kalian jadikan jaminan pada saat mengajukan pinjaman. Jenis properti tersebut antara lain adalah rumah, apartemen, ruko dan lain-lain. Sama halnya dengan benda-benda diatas, kalian hanya perlu menyerahkan sertifikatnya saja pada pihak bank. Nantinya pihak peminjam akan menerjunkan tim untuk menaksir harga rumah dan kondisi seperti lingkungan dan lokasi.

6. Surat Berharga dan Saham

Surat berharga dan saham juga dapat kita jadikan jaminan kredit. Khusus unutk saham, benda yang dijaminkan harus dalam kondisi aktif diperdagangan BEI (Bursa Efek Indonesia) atau memiliki peringkat investasi.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai jenis jaminan kredit yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai kredit tanpa agunan BCA yang telah idekredit.com sampaikan di postingan sebelumnya.