Easycash Sebar Data ? Begini 12 Cara Mengatasi & Mencegah

Easycash Sebar Data – Pinjaman online memang merupakan salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan pada saat membutuhkan dana mendesak pada saat itu juga. Terlebih, syarat pinjaman dan juga prosedur pengajuan pinjaman online juga dikenal sangat mudah, hanya kurang dari 1 x 24 jam, dana pinjaman akan langsung masuk ke rekening. Mengajukan kredit online, tentu harus diketahui bahwa ada banyak sekali resiko yang harus dihadapi.

Salah satu resiko tersebut diantaranya suku bunga kredit besar, tenor yang minim, kemungkinan sebar data jika tidak membayar tagihan dan beberapa lagi yang lainnya. Dari beberapa poin resiko yang kami sebutkan, kami akan membahas mengenai resiko sebar data oleh pihak kredit online, salah satunya adalah Easycash sebar data. Easycash sendiri merupakan kredit online yang terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada banyak pengguna yang mengalami telat bayar dan menanyakan apakah Easycash akan melakukan sebar data jika nasabahnya telat bayar atau gagal bayar pinjaman mereka? Penting diketahui bahwa setiap aplikasi yang terdaftar dan diawasi OJK tidak akan melakukan sebar data pribadi nasabah. Biasanya pihak-pihak tersebut akan melakukan penagihan sesuai dengan yang dianjurkan oleh OJK. Informasi mengenai hal tersebut juga sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya yakni CARA PENAGIHAN PINJAMAN ONLINE MENURUT OJK.

Membahas mengenai informasi sebar data pribadi, ada beberapa pengguna Easycash yang bertanya apakah Easycash kerap melakukan sebar data jika pengguna mengalami masalah telat bayar atau bahkan gagal bayar. Ini menjadi pertanyaan yang menarik, untuk bisa mendapatkan jawaban mengenai pertanyaan tersebut, disini kami akan membahas secara lengkap. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak pembahasan Easycash menyebar data nasabah, cara mengatasi dan cara mencegahnya yang telah kami siapkan di bawah ini.

Easycash Sebar Data

Poin Penyebab Easycash Sebar Data Nasabah

Sebar data nasabah memang kerap dilakukan oleh sejumlah aplikasi kredit online ilegal. Disini bisa disimpulkan bahwa setiap aplikasi atau layanan kredit online yang terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak akan melakukan hal demikian. Hal ini dikarenakan sudah menyalahi aturan yang ditetapkan oleh pihak OJK itu sendiri. Jadi jika ada data salah satu pengguna Easycash yang di sebar oleh pihak terkait, kalian bisa melakukan pelaporan ke pihak ]yang menangani masalah tersebut.

Baca  10 Pinjaman Online Untuk Ibu Rumah Tangga Paling Rekomendasi

Cara melaporkan penyebaran data pinjaman online juga bisa dilakukan melalui beberapa metode, pertama melalui kantor polisi, melalui pengaduan di website resmi OJK dan terakhir melalui website aduan di Kominfo. Kebanyakan, aplikasi kredit online ilegal yang biasanya melakukan sebar data nasabah. Sangat minim terjadi ketika pinjaman online legal melakukan penyebaran data tersebut. Di Internet sendiri banyak sekali informasi terkait akan hal ini, banyak juga CONTOH SEBAR DATA dilakukan oleh oknum kredit online ilegal.

Cara Mengatasi Easycash Sebar Data

Setelah mengetahui beberapa poin-poin diatas mengenai Easycash menyebar data nasabah. Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi jika Easycash melakukan sebar data nasabah. Disini kita hilang Easycash, anggap saja cara mengatasi sebar data nasabah yang dilakukan oleh kredit online ilegal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lunasi Semua Tagihan

Langkah pertama adalah dengan melunasi semua total tagihan dan juga denda yang dibebankan. Ketika pihak pinjaman online mengancam untuk sebar data biasanya karena pengguna belum juga ada niatan untuk mengembalikan pinjaman. Biasanya ada 3 tahap, pertama pemberitahuan pembayaran tagihan melalui SMS atau pesan WA, kemudian melalui telepon dan terakhir adalah dengan menggunakan pihak ketiga atau Debt Collector untuk melakukan penagihan ke alamat tertuju.

Terkadang pada saat penagihan melalui WA dan orang tersebut tidak kunjung melakukan pembayaran atau pelunasan, mereka terkadang melakukan pengancaman akan menyebar luaskan data ke nomor kontak ada di HP pengguna. Ini juga wajib diketahui, bahwa setiap aplikasi kredit online ilegal akan meminta banyak akses seperti lokasi, nomor kontak, kamera dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan ketika pengguna galbay, maka mereka bisa dengan mudah melakukan penyebaran data pribadi.

2. Laporkan ke Pihak Berwajib

Lalu untuk cara kedua adalah dengan melaporkan tindakan tersebut ke pihak berwajib. Seperti sudah disampaikan diatas bahwa ada 3 cara bisa dilakukan untuk melaporkan jika Easy Cash atau kredit online lainnya melakukan sebar data. Laporkan saja ke pihak kepolisian, email ke waspadainvestasi@ojk.go.id dan terakhir dengan mengirim email aduankonten@kominfo.go.id atau nomor WA di 08119224545 serta laman aduankonten.id.

Baca  √ Tabel Pinjaman PNS Bank Jateng 2021: Syarat & Cara Pengajuan

Cara Mencegah Agar Easycash Tidak Sebar Data

Membahas terkait Easycash sebar data nasabah, kalian juga harus mengetahui apa saja poin yang bisa mencegah data pribadi di sebar oleh kredit online. Di bawah ini bisa kalian simak beberapa poin yang bisa mencegah data pribadi di sebar oleh para oknum kredit online ilegal.

1. Lunasi Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

Selain bisa mengatasi, dengan melunasi semua pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo juga bisa mencegah masalah sebar data pribadi dilakukan oleh oknum Easycash atau pinjaman online ilegal lainnya. Jika pembayaran dilakukan dengan tepat waktu, kemungkinan terjadi masalah ini tentu sangatlah kecil. Setelah pinjaman lunas, kalian usahakan untuk tidak mengajukan pinjaman online lagi, dan kalian bisa HAPUS DATA PINJAMAN ONLINE tersebut.

2. Berikan Izin Akses Sesuai Aturan OJK

Lalu cara mencegah Easycash menyebar data adalah dengan memberikan izin akses sesuai anjuran oleh OJK. Pihak OJK sendiri memberikan aturan untuk izin akses ke aplikasi pinjaman online legal, diantaranya adalah Kamera, Lokasi dan Suara. Hanya 3 saja, jadi jika lebih dari itu, kalian bisa menolak izin akses dan jangan sesekali mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai Easycash sebar data pribadi, penting diketahui bahwa sebenarnya Easy Cash tidak akan melakukan sebar data mengingat Easycash merupakan pinjaman online terdaftar dan di awasi langsung oleh pihak OJK. Jika Easycash melakukan hal demikian, maka pihak OJK akan melakukan tindakan dan pemberian sanksi kepada Easycash. Kemungkinan sebar data sudah pasti akan dilakukan oleh PINJAMAN ONLINE ILEGAL tidak terdaftar di OJK.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai Easycash sebar data pribadi, cara mengatasi dan mencegahnya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.