5 Cara Pinjam Uang Di Koperasi Agar Cepat Disetujui

Cara Pinjam Uang Di Koperasi – Pinjaman memang menjadi solusi apabila kita memiliki kebutuhan mendadak yang tidak bisa dihindari. Kadang jika kita tidak memiliki tabungan untuk membayar kebutuhan penting maka cara salah satunya adalah dengan meminjam. Kini ada berbagai jenis pinjaman yang bisa dipilih dan memiliki keunggulan masing masing. Bahkan munculnya pinjaman online membuat proses pencairan dana semakin cepat.

Namun jangan mudah tergiur, banyak jenis pinjaman yangs justru merugikan karena bunga yang tidak stabil. Oleh karena itu penting hal nya untuk melihat tabel angsuran agar kita dapat tau bunga dari pinjaman. Pilihlah lembaga keuangan yang resmi dan sudah memiliki badan hukum sehingga kita tidak terlilit hutang. Salah satu lembaga yang memberikan pinjaman dengan bunga flat adalah Koperasi.

Dengan mengajukan pinjaman di koperasi kita akan mendapatkan bunga pinjaman flat dimana nominalnya akan sama tiap bulan nya. Selain itu ada pula yang memberikan bunga menurun dimana pinjaman semakin kecil maka bunga juga semakin kecil. Ada pula yang memberikan bunga berdasarkan pada keadaan saldo koperasi tiap bulan nya dimana kemudian bunga akan turun seiring berjalan nya bulan.

Dapat dikatakan bunga koperasi cukup rendah apabila kita bandingkan dengan lembaga keuangan yang lain. Anda terlebih dahulu harus memenuhi syarat untuk pengajuan pinjaman koperasi. Sertakan juga tujuan pinjaman dana secara jelas agar cepat disetujui dan bisa cair.

Cara Pinjam Uang Di Koperasi

Cara Pinjam Uang Di Koperasi

Cara Pinjam Uang Di Koperasi

Jika anda belum tergabung kedalam anggota koperasi maka wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dengan menjadi anggota koperasi maka identitas diri anda akan dapat dilihat dan memastikan tidak terjadi penipuan. Lebih lengkapnya silahkan simak cara pinjam uang di Koperasi dibawah ini

1. Mendaftar Anggota koperasi

Pertama kali anda wajib mendaftar anggota koperasi dengan menuju administrasi kemudian mengisi formulir pendaftaran. Setelah mengisi formulir anda wajib pula memenuhi syarat yang diajukan oleh pihak koperasi.

2. Mengajukan Pinjaman

Apabila sudah terdaftar sebagai anggota koperasi maka anda dapat mengajukan pengajuan pinjaman. Tentunya koperasi akan lebih cepat mencairkan dana apabila anda memiliki usaha pribadi. Namun jika tidak anda wajib mengikuti prosedur yang sudah ditentukan pihak kooperasi. Pada proses pengajuan ini biasanya anggota baru koperasi akan mendapatkan nominal pinjaman yang kecil. Tapi bagi yang sudah meminjam beberapa kali maka jumlah nya akan lebih besar.

3. Memenuhi Syarat Pinjaman

Pihak koperasi akan memberikan syarat pengajuan pinjaman meliputi pengisian formulir, fotocopy KK, KTP, slip gaji atau tanda bukti agunan jika ada. Tentunya pihak koperasi akan melakukan survey apakah anda layak memperoleh pinjaman atau tidak.

4. Pencairan Pinjaman 

Setelah pengajuan pinjaman anda diterima maka tinggal masuk pencairan pinjaman. Secara umum di Indonesia pihak koperasi akan memberikan 90% nilai pinjaman dari pengajuan terlebih dahulu. Untuk 10% sisanya maka diberikan setelah pinjaman lunas.

5. Angsuran Pinjaman

Jika dana sudah cair maka anda memiliki kewajiban untuk mengangsur setiap bulan nya. Angsuran ini sudah termasuk dengan bunga dimana untuk setiap koperasi di Indonesia berbeda beda jumlah nya.

Apabila anda mengikuti seluruh prosedur dengan benar maka secara otomatis pihak koperasi akan lebih cepat menerima pinjaman anda. Usahakan siapkan persyaratan dengan lengkap agar proses survey dapat berjalan dengan baik.