8 Syarat Pinjam Uang Di Koperasi Yang Wajib Dipenuhi

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi – Masalah keuangan memang dihadapi semua orang terlebih jika ada kebutuhan mendadak. Tentunya kita tidak tahu kapan saatnya harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Kadangkala orang berpikiran untuk mencari pinjaman tanpa melihat dulu bunga dan juga tanggungan kedepan nya. Alangkah baiknya jika anda memilih pinjaman dengan bunga yang tidak memberatkan.

Lebih pastinya anda dapat melihat tabel angsuran setiap bulan nya agar bisa tau apakah pihak peminjam memberikan bunga semena mena atau tidak. Salah satu solusi untuk pinjaman dengan bunga standar yaitu koperasi. Koperasi menyediakan jasa berupa simpanan dan pinjaman yang berasal dari dana anggotanya. Jaman dahulu memang koperasi hanya memberikan pinjaman kepada anggota saja, namun kini semakin banyak yang memberikan nya untuk pihak luar.

Kini pihak luar yang ingin meminjam dana diwajibkan mendaftar sebagai anggota koperasi terlebih dahulu. Proses pengajuan dana yang cepat dengan syarat mudah menjadi alasan utama mengapa orang memilih meminjam di Koperasi. Dapat diakui memang syarat pinjam uang di Koperasi tidak terlalu banyak dan dapat dengan mudah dipenuhi. Selain itu anda dapat melakukan pengecekan tagihan dengan mudah dan transparan.

Untuk pengajuan pinjaman nya memang anda wajib memberikan beberapa informasi pribadi mencakup KTP, KK, slip gaji maupun agunan lain jika anda. Data ini digunakan untuk menghindari terjadinya penipuan dan sebagai verifikasi layak atau tidaknya mendapat pinjaman. Bagi yang baru pertama kali meminjam tentunya jumlah besaran nya tergolong kecil, namun bagi anggota yang sudah beberapa kali sudah meminjam maka akan diberikan limit yang cukup besar.

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi

Syarat Pinjam Uang Di Koperasi

Seluruh syarat pinjaman di Koperasi memang wajib anda penuhi agar proses dapat berjalan dengan cepat. Disamping itu meminjam di koperasi akan lebih menguntungkan karena anda akan terbebas dari bunga tidak beraturan yang biasanya diterapkan rentenir.

1. Merupakan Warna Negara Indonesia (WNI) ditandai dengan kepemilikan KTP

2. Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota

3. Memiliki tujuan penggunaan dana yang jelas mencakup modal usaha, biaya rumah sakit, biaya pendidikan maupun lain nya.

4. Mengisi formulir pinjaman dana dengan mencantumkan tujuan penggunaan dana

5. Memberikan salinan KTP, jika sudah menikah wajib melampirkan KTP suami dan istri

6. Memberikan salinan Kartu Keluarga

7. Memberikan salinan Slip Gaji, rekening listrik dan juga agunan (bila ada)

8. Menyepakati akad pinjaman koperasi dan bertanda tangan.

Apabila semua syarat sudah dipenuhi maka tinggal ajukan pinjaman anda. Waktu penerimaan permintaan pinjaman anda memang bervariasi tergantung kepada pihak koperasi itu sendiri. Namun jika semua syarat lengkap dan tidak ada masalah maka kemungkinan pinjaman goal lebih besar.