10 Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah Paling Ampuh !!

Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah – Pinjaman online sekarang telah banyak dipilih oleh kalangan masyarakat. Hal ini tentu dikarenakan persyaratan serta prosedur pengajuan pinjaman online ini dikenal mudah. Kecepatan proses biasanya tidak sampai 1 x 24 jam, dana pinjaman akan langsung masuk ke nomor rekening. Membahas mengenai pinjaman online, ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang bisa diunduh secara gratis melalui App Store atau Play Store.

Akulaku, Kredivo, Indodana, UangMe dan masih banyak lagi pinjaman online lainnya yang bisa kalian pilih. Setiap aplikasi tersebut juga memiliki besaran suku bunga serta limit pinjaman berbeda-beda. Kemudian ada juga beberapa aplikasi hanya menyediakan pinjaman tunai saja seperti UangMe contohnya. Lalu untuk Akulaku, Kredivo dan Indodana, ketiganya memiliki fitur pinjaman tunai dan juga cicilan tanpa kartu kredit bisa digunakan di merchant rekanan mereka.

Membahas mengenai pinjaman online, penting diketahui bahwa setiap ada nasabah tidak membayar tagihan mereka miliki. Biasanya pihak Pinjol akan melakukan penagihan melalui 3 cara, pertama adalah melakukan penagihan melalui pesan SMS atau WA, kemudian cara kedua melalui telepon dan cara terakhir adalah dengan mendatangi ke rumah nasabah. Nah untuk cara penagihan ketiga biasanya pihak Pinjol akan memerintahkan DC atau Debt Collector untuk melakukan penagihan.

Hal tersebut sudah pasti akan dilakukan pihak Pinjol ketika nasabah nya mangkir atau tidak mau membayar pinjaman yang mereka ajukan sebelumnya. Namun ada juga beberapa orang mencari informasi mengenai bagaimana cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah. Jika kalian tidak ingin DC pinjol datang ke rumah, maka kalian harus selalu membayar tagihan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Mengenai pembahasan kali ini, lebih jelasnya kalian bisa langsung simak informasi yang telah kami siapkan di bawah ini.

Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah

Apa Itu DC (Debt Collector)?

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah. Disini kalian bisa ketahui lebih dulu apa itu DC atau Debt Collector. Debt Collector adalah pihak ketiga yang menghubungkan antara pihak kreditur dan debitur dalam hal penagihan hutang. Di Indonesia sendiri, aplikasi Pinjol memiliki DC tentunya adalah aplikasi terdaftar dan di awasi langsung oleh pihak OJK. Hanya ada kurang lebih 4-5 aplikasi pinjol memiliki DC sendiri atau tidak menggunakan pihak ketiga.

Baca  √ Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri Ditolak ? Penyebab & Cara Mengatasi

Penting diketahui bahwa untuk aplikasi pinjol ilegal tidak memiliki DC, hanya aplikasi pinjol resmi saja yang memiliki DC. Itupun tidak semua aplikasi pinjol memilikinya. Hal ini perlu dicatat baik-baik, biasanya ketika aplikasi pinjol tidak memiliki DC, mereka akan menggunakan jasa ketiga untuk melakukan penagihan dengan langsung datang ke rumah nasabah.

Penyebab DC Datang ke Rumah

Penyebab DC Datang ke Rumah

Membahas mengenai cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah mungkin akan kurang lengkap jika kita tidak mengetahui apa penyebab DC datang ke rumah. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa penyebab DC datang ke rumah tentu dikarenakan tidak ada itikad baik dari nasabah. Setelah melalui proses penagihan lewat pesan dan juga telepon, namun tetap tidak ada jawaban, maka DC akan langsung datang ke rumah untuk melakukan penagihan. Nah bagi petugas DC yang melakukan penagihan juga harus sesuai dengan aturan dan etika yang dikeluarkan OJK. Untuk informasi CARA PENAGIHAN PINJAMAN ONLINE MENURUT OJK ini bisa kalian simak di postingan sebelumnya.

Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah

Cara Agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah 1

Nah sampailah kita di pembahasan utama mengenai cara agar Debt Collector pinjol tidak datang ke rumah. Sebenarnya ketika kalian memiliki tunggakan tagihan tidak di bayarkan dalam waktu lama, kalian sudah pasti akan mendapatkan penagihan melalui pesan SMS, WA, telepon dan juga paling akhir adalah di datangi oleh Debt Collector. Nah jika sudah demikian, mau tidak mau kalian harus mencari cara bagaimana cara bernegosiasi dengan pihak DC agar menemukan titik terang.

Untuk cara agar DC Pinjol tidak datang ke rumah ini hanya satu, kalian harus membayar atau melunasi semua tagihan tertunggak. Biasanya DC akan menghubungi lebih dulu dengan menanyakan alamat pasti, dan salahnya orang tersebut menjawab telepon dan mau tidak mau mereka harus memberikan alamat lengkap dan menunggu DC datang ke rumah. Menurut informasi yang kami dapatkan, ketika DC menghubungi, usahakan untuk tidak menjawabnya agar DC pinjol tidak datang ke rumah.

Akan tetapi hal tersebut mungkin hanya menunda waktu saja, tetap pada akhirnya DC akan sampai ke rumah dan melakukan penagihan. Disini bisa kami simpulkan bahwa tidak ada cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah. Semua hanya tergantung dari itikad dari kita sendiri, hendak melunasi pinjaman atau mangkir. Jika sudah demikian, yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara untuk bernegosiasi dengan DC pinjol yang datang ke rumah.

Baca  √ BNI Fleksi Pensiun 2021 : Syarat, Keunggulan & Suku Bunga

Tips Negosiasi dengan DC yang Datang ke Rumah

Tips Negosiasi dengan DC yang Datang ke Rumah

Ada beberapa tips bisa dilakukan ketika DC pinjol datang ke rumah. Tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tanyakan Identitas

Pertama kalian bisa menanyakan lebih dulu mengenai identitas dari DC tersebut. Tanyakan kepada mereka datang atas perintah siapa dan meminta kontak pemberi tugas penagihan.

2. Tanyakan Kartu Sertifikasi Profesi

Penting diingat bahwa setiap debt collector menagih pinjaman dari pinjol wajib memiliki setifikasi dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) untuk melakukan aktivitas profesinya.

3. Jelaskan Alasan Telat atau Menunggak Membayar Pinjaman

Kemudian kalian dapat menjelaskan kepada debt collector bahwa dirinya akan menghubungi perusahaan pinjaman online untuk membicarakan mengenai utang-piutang ini. Ini paling penting!! Jangan pernah berjanji apa-apa kepada pihak debt collector!

4. Minta Tunjukkan Surat Kuasa

Surat kuasa adalah bukti bahwa barang yang pembayarannya menunggak bisa diambil. Surat ini harus berasal dari perusahaan pinjaman online atau pinjol yang nasabah ajukan. Pastikan juga kepada debt collector untuk menunjukkan surat tersebut bila mereka ingin melakukan penyitaan.

5. Harus Ada Sertifikat Jaminan Fidusia

Tips terakhir untuk menghadapi debt collector. Kalian bisa meminta Sertifikat Jaminan Fidusia dapat berupa yang asli maupun salinan. Peminjam memiliki hak untuk menolak penarikan atau penyitaan barang jika debt collector tidak membawa sertifikat jaminan fidusia.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah. Disini tidak ada cara yang bisa dilakukan sebenarnya, kalian hanya perlu menyiapkan diri dan mencari cara agar bisa melakukan negosiasi dengan DC terkait permasalahan hutang tersebut. Dan ingat sekali lagi, jangan pernah memberikan janji apapun kepada pihak DC.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara agar DC pinjol tidak datang ke rumah. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.