√ Gagal Bayar Maucash ? Ini Dia Risiko dan Sanksinya

Gagal Bayar Maucash – Pinjaman online Maucash merupakan salah satu aplikasi pinjaman online terbaik yang saat ini sangat direkomendasikan kepada kalian semua. Terkadang kebutuhan materi khususnya finansial memang kerap membuat kita pusing, terlebih ketika kebutuhan tersebut datang secara mendadak. Tentunya, mau tidak mau kita harus segera mencari pinjaman uang agar bisa menutup kebutuhan tersebut. Nah, maka dari itu hadirnya aplikasi pinjol seperti halnya Maucash ini pastinya sangat membantu.

Informasi mengenai Maucash juga sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya, disana kami juga menyampaikan secara detail mengenai apa itu Maucash, keunggulan, besaran bunga, plafon pinjaman dan lain sebagainya. Penting diingat juga bahwa ketika mengajukan pinjaman online di Maucash, kalian harus selalu tepat waktu membayar pinjaman kalian di setiap bulannya. Lalu bagaimana jika kita tidak membayar tagihan di setiap bulan atau gagal bayar Maucash? Apakah ada risiko dan sanksi yang akan kita dapatkan?

Ya, tentu saja kalian akan mendapatkan sanksi, dimana untuk risiko terberatnya adalah kalian tidak akan bisa mendapatkan akses pinjaman online Maucash kembali. Di pertemuan kali ini idekredit.com akan memberikan informasi terkait risiko dan sanksi gagal bayar Maucash. Penting diketahui disini risiko dan sanksi gagal bayar yang akan didapat bisa dikatakan cukup berat, mulai dari masuk daftar hitam SLIK OJK, sampai lain sebagainya yang nanti akan kami sampaikan di pembahasan utama nanti.

Yang pasti didapat ketika gagal bayar Maucash juga denda dan bunga yang akan semakin menumpuk. Maucash sendiri merupakan pinjaman online terdaftar di OJK, sehingga jika ada pengguna yang gagal bayar tentu akan langsung ditindak lanjuti sesegera mungkin. Penagihan yang dilakukan juga akan menggunakan DC (Debt Collector) yang tentunya akan membuat pengguna tersebut merasa tidak nyaman. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai risiko dan sanksi gagal bayar Maucash berikut ini.

Gagal Bayar Maucash
Citayam

Risiko & Sanksi Gagal Bayar Maucash

Kemudahan penggunaan layanan pinjaman online Maucash memang terbaik, namun bukan berarti kalian sampai tidak bertanggung jawab untuk tidak melunasi pinjaman tersebut. Ada risiko yang harus ditanggung jika telat membayar apalagi sampai gagal bayar pinjaman tunai maupun paylater yang ada di Maucash. Lalu apa saja risiko dan sanksinya, kalian bisa simak penjelasan di bawah ini.

Baca  √ Tabel Angsuran KKB BCA 2022 : Syarat & Bunga

1. Denda & Bunga Menumpuk

Pertama adalah denda dan suku bunga yang menumpuk. Denda dan bunga yang menumpuk juga mau tidak mau harus tetap dibayarkan. Biasanya untuk soal denda, pemberian denda ini dilakukan per hari yang akan di hitung sejak pertama kali melewatkan tanggal jatuh tempo. Beban denda akan terus berjalan dan tentunya semakin menumpuk apabila pinjaman tidak segera dilunasi. Denda juga berlaku baik untuk limit yang digunakan untuk pinjaman tunai maupun paylater Maucash, jadi pastikan untuk selalu membayar tepat waktu agar tidak terkena denda dan bunga yang semakin menumpuk.

2. Limit Pinjaman Dibekukan

Kemudian untuk sanksi dan risiko kedua adalah limit pinjaman akan dibekukan sementara waktu oleh pihak Maucash. Limit pinjaman yang didapatkan adalah berasal dari penilaian profil pengguna. Limit pinjaman akan terus meningkat apabila pengguna selalu melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Namun sebaliknya, apabila telat bayar pinjaman Maucash, maka pihak Maucash akan membekukan limit pinjaman sementara waktu.

Disini bisa diartikan, pengguna tidak akan bisa menggunakan limit pinjaman sampai pengguna benar-benar sudah melunasi pinjaman yang lewat jatuh tempo. Jika dalam waktu 90 hari pinjaman belum juga dilunasi, maka limit akan dibekukan secara permanen dan kalian tidak akan bisa mengajukan pinjaman kembali di Maucash.

3. Blacklist SLIK OJK

Seperti diketahui bahwa Maucash menjadi salah satu aplikasi pinjaman online berizin dan diawasi oleh OJK, Maucash akan melaporkan data para penggunanya yang gagal membayar atau menunggak pinjaman kepada OJK dan Fintech Data Center (FDC). Apabila OJK dan FDC telah menerima laporan data nasabah gagal bayar, artinya pengguna akan masuk ke daftar hitam sehingga akan sulit mengajukan pinjaman baik di Maucash maupun fintech dan lembaga keuangan lainnya.

Baca  5 Pinjaman Pensiunan Janda Bunga Rendah 2022

4. Pikiran Stres

Dan terakhir pengguna yang gagal bayar akan menjadi stres yang merupakan dampak psikologis. Tidak menampik, nasabah gagal bayar akan mendapatkan tagihan untuk membayar cicilan dengan denda dan bunga yang sangat menumpuk. Belum lagi penagihan yang dilakukan baik melalui SMS, pesan WA bahkan melalui DC yang datang ke rumah. Tentu saja penagihan tersebut akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan hidup menjadi tidak tenang.

Tips Agar Tidak Gagal Bayar Pinjaman Maucash

Agar kalian jauh dari risiko serta sanksi gagal bayar pinjaman online di Maucash, ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan agar tidak gagal bayar pinjaman, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Membayar

Pertama usahakan untuk selalu meminjam uang di Maucash sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayar. Kalian bisa meminjam uang tidak melebihi 30% dari gaji pokok bulanan. Apabila lebih dari itu, potensi gagal bayar tentu akan lebih besar.

2. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Usahakan untuk tidak gali lubang tutup lubang, karena hal ini malah akan menambah pikiran dan mudah sekali stres. Memang sekilas terlihat memudahkan, namun justru hal tersebut akan membuat hutang semakin menumpuk. Kemudian di masa datang, kalian akan sulit mendapat pinjaman dari banyak lembaga karena nama kalian sudah tercatat sebagai konsumen gagal bayar.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika kalian memiliki tagihan yang hampir lewat jatuh tempo, kalian bisa meminjam uang ke saudara atau mencari penghasilan tambahan untuk membayar hutang tersebut. Ini mungkin menjadi solusi yang paling tepat agar terhindar dari gagal bayar.

Kesimpulan

Mengenai penjelasan diatas terkait gagal bayar pinjaman Maucash. Disini bisa disimpulkan bahwa ada beberapa risiko dan sanksi yang didapat akan sangat memberatkan. Untuk itu diatas kami juga sampaikan beberapa tips agar terhindar dari risiko gagal bayar Maucash. Kalian bisa terapkan tips tersebut agar bisa membayar hutang pinjaman tepat waktu.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai gagal bayar Maucash. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.