Apa Itu mToken BTN: Pengertian, Contoh & Fungsi

Apa Itu mToken BTN – Saat ini transaksi finansial perbankan jauh lebih mudah dengan hadirnya layanan mobile banking dan internet banking. Bahkan hampir semua lembaga perbankan di Indonesia menyediakan dua layanan tersebut, tidak terkecuali bank BTN.

Dihadirkannya mBanking dan iBanking tersebut jelas akan menumbuhkan rasa mobilitas yang simple, praktis dan juga fleksibel. Mengingat pemakaian fasilits ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan mengandanlan koneksi internet baik menggunakan HP maupun PC.

Namun yang menariknya disini, hampir sama seperti Bank BCA. Guna menjaga keamanan data setiap nasabah, fasilitas iBanking dan mBanking BTN juga dilengkapi dengan mToken BTN. Jadi tidak pemegang akun tersebut bisa dengan mudah melakukan transaksi.

Menjadi proteksi yang cukup baik, akan tetapi sampai saat ini ternyata masih banyak pengguna yang justru masih belum tahu apa itu mToken BTN baik itu fungsi ataupun kegunaannya. Oleh karena itu, sesuai judul dibawah ini akan kami sampaikan penjelasan lengkap tentang mToken.

Apa Itu mToken BTN
Citayam

Apa Itu mToken BTN?

Bila mengacu pada penjelasan resmi dari pihak bank BTN. Di katakan bahwa mToken adalah nomor identifikasi pribadi yang punya sifatnya sangat rahasia dan hanya diketahui oleh nasabah itu sendiri. Dengan sifat yang sangat rahasia tersebut.

Bisa kita simpulkan bahwa mToken merupakan salah satu bagian paling penting yang benar-benar harus kalian jaga layaknya sebuah PIN ATM. Mengingat mToken ini akan selalu diminta dan harus di input setiap nasabah ketika ingin melakukan transaksi melalui internet banking / mBanking.

Baca  Apa Itu Hold Amount BTN? Penjelasan, Cara Buka & Penyebab

Di samping itu, masih mengacu pada penjelasan resmi dari pihak bank BTN. Penggunaan mToken BTN sendiri akan selalu berdampingan dengan user ID, Password dan juga PIN Mobile banking yang dimiliki. Jadi sangat beresiko rasanya menggunakan mToken ini di depan orang banyak.

Fungsi mToken BTN

Lantas apa sebenarnya fungsi mToken BTN itu? mengacu pada penjelasan singkat tentang apa itu mToken seperti kami jelaskan di atas. Jelas fungsi / kegunaan dari komponen satu ini sangatlah penting bagi nasabah bank BTN.

Terutama ketika mereka ingin melakukan transaksi menggunakan aplikasi BTN Mobile ataupun melalui layanan internet banking BTN.

Mengingat secara garis besar fungsi utama mToken BTN sendiri yakni untuk membuktikan bahwa nasabah bersangkutan adalah nasabah yang benar-benar berhak atas penggunaan mBanking dan iBanking BTN.

Nah untuk menggunakannya sendiri umumnya aplikasi BTN Mobile akan selalu meminta beberapa data keabsahan mulai dari PIN dan mToken ketika nasabah tersebut akan melakukan transaksi mulai dari cek saldo, transfer, tarik tunai cashless dan transaksi finansial lainnya.

Jumlah Digit mToken BTN

Dari penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa mToken sendiri merupakan nomor identifikasi. Jadi jelas bentuk / tampilannya merupakan kumpulan kode angka. Namun pertanyaannya berapa jumlah digit mToken BTN itu sendiri?.

Terkait berapa jumlah digit kode mToken tersebut. Pihak bank Bank Tabungan Negara membedakan antara mToken internet banking dan juga mobile banking. Untuk detail selengkapnya dapat kalian simak di bawah ini.

1. Mobile Banking

Untuk para pengguna mobile banking, kode mToken sendiri akan selalu terdiri dari 3 digit angka unik yang bisa kalian dapat dari SMS yang dikirim Bank Tabungan Negara ke nomor HP terdaftar.

Baca  5 Cara Mengetahui Nomor Rekening Pinjaman BTN 2022

2. Internet Banking

Sedangkan untuk pengguna internet banking BTN. Kode mToken yang akan digunakan terdiri dari 10 digit angka yang bisa kalian peroleh melalui aplikasi token BTN internet banking.

Contoh mToken BTN

Dari sini bisa kita pahami bahwa untuk mendapatkan kode mToken tersebut setidaknya kita harus meminta secara manual ketika akan melakukan transaksi. Dan nantinya kode mToken tersebut akan dikirim ke nomor HP terdaftar untuk pengguna mobile banking.

Sedangkan untuk penggunaan di layanan internet banking maka akan dapat diperoleh di aplikasi token BTN. Atau untuk lebih jelasnya terkait masalah cara mendapatkan mToken kita akan bahas di lain kesempatan yah.

Lalu seperti apa sih tampilan mToken tersebut? berikut contoh mToken BTN yang bisa kalian lihat.

1. mToken Mobile Banking

mToken BTN Mobile

2. mToken Internet Banking

mToken Internet Banking BTN

Kesimpulan

Demikian kiranya penjelasan yang dapat idekredit.com sampaikan terkait masalah apa itu mToken BTN. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa kalian pahami dengan mudah. Namun yang jelas bila melihat uraian di atas.

Kita bisa ambil kesimpulan bahwa mToken merupakan kode unik yang akan selalu diminta ketika setiap nasabah akan melakukan transaksi. Baik itu menggunakan mobile banking / internet banking BTN dan dapat diperoleh melalui SMS / aplikasi token BTN internet banking.

Sumber Gambar: Youtube @Bank BTN, @Hanya MV, google.com, idekredit.com