√ Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2020 : Cara & Biaya

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian – Pegadaian adalah salah satu lembaga yang menawarkan jasa pinjaman uang kepada masyarakat dengan jaminan benda milik masyarakat yang hendak melakukan pinjaman uang.

Terkadang di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang membutuhkan uang untuk kepentingan mereka. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang menggadaiakan beberapa barang berharganya di Pegadaian, seperti emas, BPKB kendaraan bermotor dan lainnya.

Lalu apa saja sih syarat yang diperlukan jika ingin menggadaikan barang di Pegadaian? Pertanyaan seperti ini kerap dilontarkan oleh beberapa masyarakat yang mungkin baru pertama kali menggadaikan barang mereka. Nah disini idekredit akan memberikan informasi mengenai syarat gadai BPKB motor di Pegadaian.

Syarat gadai BPKN motor di Pegadaian ini ada beberapa dokumen lain yang perlu kalian ketahui. Disamping itu, kami juga akan memberikan langkah-langkah gadai BPKB motor di Pegadaian. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak informasi lengkap yang telah idekredit siapkan berikut ini.

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian : Cara Mengajukan & Biaya

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Membahas mengenai informasi ini, ada beberapa barang lain yang dapat di gadaikan, seperti emas, barang elektronik dan masih ada beberapa lainnya. Bukan hanya sebagai tempat untuk menggadaikan barang, kalian juga dapat melakukan KREDIT EMAS DI PEGADAIAN dengan syarat mudah dan keuntungan yang menarik.

Kembali kepembahasan utama mengenai syarat gadai BPKB motor di Pegadaian, di bawah ini kalian dapat simak cara dan juga tips gadai BPKB motor. Lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Persyaratan Gadai di Pegadaian

Persyaratan Lengkap Gadai BPKB Motor di Pegadaian
  • WNI berusia 21-60 tahun dan teleh bekerja minimal selama 1 tahun
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli beserta fotokopinya
  • Kartu keluarga (KK) asli beserta fotokopinya
  • Surat Nikah jika sudah menikah
  • Faktur pembelian
  • Surat keterangan usaha
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli beserta fotokopinya
  • BPKB motor asli yang akan di gadaikan beserta fotokopinya

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian dengan Sistem Gadai

Cara Gadai BPKB Motor Pegadaian Sistem Gadai

Di Pegadaian ada 2 sistem yang dapat kalian gunakan, yakni sistem gadai dan juga sistem fidusia. Untuk sistem gadai sendiri adalah pemberian kredit atau pinjaman dengan menyerahkan barang jaminan asli (BPKB dan STNK) serta wujud fisik dari motor yang akan dijaminkan.

Pembiayaan dengan sistem ini bersifat umum dan dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Proses gadai BPKB motor di Pegadaian juga cukup mudah dan tidak perlu waktu lama. Simak langkah-langkah gadai BPKB motor di Pegadaian berikut ini.

Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan

Pertama kalian dapat membawa persyaratan yang diperlukan, mulai dari KTP, KK, BPKB, STNK dan kendaraan yang akan dijaminkan.

Mengisi Formulir Pengajuan Gadai

Setelah sampai di lokasi, kalian dapat mengisi formulir pinjaman dan kemudian isi dengan lengkap lalu serahkan kepada petugas beserta persyaratan yang kami sebutkan diatas.

Menaksir Nilai Kendaraan

Lalu petugas akan menaksir nilai kendaraan dan hasil taksiran maksimal barang akan menjadi palfon pinjaman yang akan disampaikan kepada kalian. Apabila setujua, maka petugas akan langsung memproses lebih lanjut permohonan pinjaman kalian.

Pembuatan Surat Bukti Kredit

Setelah itu petugas juga akan membuatkan surat bukti kredit (SBK). Kemudian kalian akan dipanggil dan dijelaskan batas jatuh tempo kredit dan waktu pelelangan jaminan.

Pembayaran Biaya Administrasi

Terakhir kalian akan diminta untuk menandatangani SBK serta membayar biaya administrasi yang besarnya kurang lebih 10% dari plafon pinjaman. Biaya ini dapat dibayarkan langsung atau dipotong dari plafon pinjaman. Perlu kalian ketahui juga bahwa BPKB, STNK dan kendaraan kalian akan dtinggal di Pegadaian sampai masa kredit berlangsung.

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian dengan Sistem Fidusia

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian dengan Sistem Fidusia

Sistem Fidusia ini hanya berlaku pada jenis agunanan BPKB saja. Dalam sistem ini nasabah hanya perlu menyerahkan BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian sebagai jaminan kredit di Pegadaian. Sementara itu wujud fisik motor akan tetap ditangan kalian dan dapat digunakan untuk usaha.

Pembiayaan ini hanya dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dengan syarat memiliki kelayakan usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun. Berikut ini cara gadai BPKB motor di Pegadaian dengan menggunakan sistem fidusia.

1. Pertama kalian dapat datang ke kantor Pegadaian terdekat dan sampaikan maksud untuk mengajukan pinjaman sistem fidusia pada petugas.

2. Isi formulir dan berikan syarat yang dibutuhkan pada petugas Pegadaian. Jika syarat lengkap, maka pengajuan dapat diproses dalam 3 hari kerja. Nasabah juga akan dicek kriteria kelayakannya oleh petugas. Apabila memenuhi kriteria, petugas akan menghubungi nasabah dan menginformasikan pencairan pinjaman.

3. Nasabah datang ke kantor Pegadaian untuk mengajukan pinjaman dengan membawa BKPB motor asli. Sebelum pencairan dana, nasabah juga harus melakukan penandatanganan perjanjian kredit sistem fidusia dan menyerahkan BPKB asli sebagai jaminan.

4. Dan terakhir pembayaran administrasi. Pembayaran ini dapat dilakukan secara tunai atau di potong dari plafon pinjaman.

Tips Aman Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Tips Aman Gadai BPKB Motor di Pegadaian
  • Tentukan tujuan utama gadai BPKB motor, jangan sampai uang hasil pinjaman dipakai untuk kegiatan konsumtif yang membuat kalian kesulitas membayar cicilan.
  • Penuhi juga persyaratan administrasi yang asli, jangan berikan informasi palsu kepada petugas karena hal tersebut dapat merugikan pihak Pegadaian dan kalian.
  • Ketahui juga mengenai informasi produk pinjaman, usahakan tingkat bunga di bawah 30% agar dapat memudahkan ketika pembayaran cicilan.
  • Pelajari kebijakan yang berlaku untuk mengetahui besaran denda dan sanksi yang diberikan jika telat melunasi angsuran.
  • Pastikan untuk membayara cicilan tepat waktu untuk menghindari pinalti, sanksi ataupun denda agar BPKB tidak disita.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara gadai BPKB motor di Pegadaian yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.