5 Perbedaan PNM ULaMM dan MEKAAR, Mau Pinjam? Baca Ini!

Perbedaan PNM ULaMM dan MEKAAR – Kepedulian bank BRI kepada masyarakat terutama para pelaku UMKM memang tidak bisa kita anggap remeh. Tidak saja hanya menyediakan KUR sebagai solusi permasalahan permodalan dan kebutuhan pendanaan guna kelancaran usaha mereka.

BRI melalui anak usaha mereka yakni PT. Permodalan Nasional Madani atau yang lebih dikenal dengan PNM juga memberikan fasilitas pinjaman permodalan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman modal dana bantuan untuk keperluan usaha mereka.

Tidak tanggung-tanggung PNM sendiri menyediakan dua fasilitas kredit pinjaman yang bisa dipilih masyarakat. Kedua fasilitas pinjaman tersebut adalah PNM ULaMM dan juga PNM Mekaar baik dalam bentuk konvensional maupun syariah.

Pun begitu, perlu kami katakan bahwa kedua fasilitas pinjaman kredit ini memiliki beberapa perbedaan mendasar. Oleh karena itu, sesuai judul kali ini idekredit.com akan memberikan penjelasan lengkap mengenai apa saja perbedaan PNM ULaMM dan Mekaar.

Perbedaan PNM ULaMM dan MEKAAR

Daftar Perbedaan PNM ULaMM dan Mekaar

Yah seperti apa yang sebelumnya sudah kami sampaikan, antara PNM ULaMM dan Mekaar secara tujuan & fungsi memang sama yakni untuk membantu memberikan pinjaman permodalan bagi para pelaku UMKM & UMK degan mudah dan cepat.

Hanya saja, kedua layanan tersebut memiliki beberapa perbedaan yang mungkin perlu untuk di pahami / diketahui, terutama bagi masyarakat yang tertarik menggunakan produk fasilitas pinjaman dari PNM ini. Lalu apa saja sih daftar perbedaan PNM ULaMM dan Mekaar tersebut?.

1. Pengajuan Pinjaman

Salah satu perbedaan yang terdapat pada layanan pinjaman kredit ULaMM dan Mekaar adalah sistem proses pengajuan pinjamannya. Dimana baik PNM Mekaar maupun PNM ULaMM akan memberikan modal pinjaman & pelatihan dengan mengacu pada:

  • Sistem perorangan
  • Sistem kelompok.

Untuk sistem perorangan, ini merupakan fasilitas kredit pinjaman yang akan dapat digunakan setiap masyarakat ketika ingin mendapatkan modal pinjaman mandiri / perorangan sesuai dengan namanya. Fasilitas ini hanya akan kalian dapat pada jenis kredit PNM ULaMM.

Sedangkan sistem kelompok, adalah fasilitas kredit yang harus kalian pilih ketika menggunakan PNM Mekaar. Yang dimana anggotanya merupakan kelompok ibu-ibu dengan jumlah kurang lebih 10 – 30 orang dengan sistem tanggung renteng.

Yang artinya ketika ada salah satu dari anggota PNM Mekaar tersebut sedang mengalami masalah terkait kesulitan melakukan pembayaran angsuran. Maka anggota lain akan siap membantu sampai angsuran tanggal jatuh tempo tersebut bisa dibayar sesuai janji PNM Mekaar.

2. Plafond Pinjaman

Selain perbedaan dari sisi pengajuan pinjaman di atas, perbedaan PNM ULaMM dan Mekaar yang lainnya terdapat pada besaran nominal pinjaman yang ditawarkan kepada para calon nasabah. Dimana hal ini juga perlu menjadi catatan bagi kalian yang tertarik menggunakan kredit pinjaman ini.

Lalu berapa besaran plafond pinjaman dari masing-masing jenis pinjaman tersebut?

  • PNM Mekaar:  Rp2.000.000 sampai Rp250.000.000
  • PNM ULaMM: Rp750.000.000

Namun dengan limit besar yang ditawarkan tersebut tentunya tidak semata-mata kalian baru melakukan pinjaman langsung bisa mendapatkan limit tersebut. Jelas dari pihak PNM pun akan memberikan limit tersebut dengan cara bertahap.

3. Penggunaan Jaminan / Agunan

Perbedaan ketiga antara PNM ULaMM dan Mekaar berikutnya adalah penggunaan jaminan atau agunan. Yah hal ini juga menjadi catatan penting yang perlu kalian lakukan agar kalian bisa memilih produk mana yang akan kalian pilih.

Dimana bagi yang masih belum tahu, PNM memberikan perbedaan pada sistem pengajuan pinjaman mereka baik Mekaar maupun ULaMM. Yang mana penjelasan terkait pemakaian agunan / jaminan bisa kalian simak berikut ini.

  • PNM ULaMM: pengajuan pinjaman wajib menggunakan agunan / jaminan sebagai syarat utamanya
  • PNM Mekaar: tidak membutuhkan agunan / jaminan saat proses pengajuan pinjaman.

4. Tenor Pinjaman

Selain hal di atas, perbedaan PNM ULaMM dan Mekaar yang selanjutnya juga perlu untuk kalian pahami / ketahui adalah terkait lamanya tenor pinjaman yang bisa di pilih saat proses pengajuan kredit.

Dimana dalam hal ini PNM UlaMM mungkin lebih bisa dibilang punya tenor pinjaman lebih sedikit karena hanya ditawarkan dalam 1 – 4 tahun (12 – 48 bulan) dalam satu kali pengambilan kredit. Sementara tenor pinjaman dari PNM Mekaar lebih panjang yakni 1 – 5 tahun (12 – 60 bulan).

5. Suku Bunga Kredit Pinjaman

Perbedaan terakhir PNM ULaMM &Mekaar yakni terletak pada suku bunga yang ditawarkan selama proses pinjaman berjalan.

Untuk PNM ULaMM setidaknya menawarkan suku bunga kurang lebih sekitar 5-7% per tahun sedangkan PNM Mekaar sekitar 4-7% per tahun. Adapun pembayaran bunga tersebut akan diikutsertakan pada pembayaran angsuran yang dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Kesimpulan

Jadi bila kita tarik kesimpulan terkait perbedaan PNM ULaMM dan PNM Mekaar di atas. Jelas di sini bisa kita katakan bahwa PNM ULaMM mungkin menjadi pilihan yang paling baik ketika kalian sedang membutuhkan modal pinjaman untuk keberlangsungan usaha yang sedang dijalani.

Kenapa? karena meskipun secara syarat harus memberikan agunan / jaminan, akan tetapi kalian sama sekali tidak akan terpengaruh pada anggota lain karena sifat dari pinjaman ini adalah perorangan. Nah itulah kiranya informasi yang dapat kali ini idekredit.com sampaikan semoga membantu.

Sumber Gambar: pnm.co.id, idekredit.com

Tags: , ,