DC Easy Cash 2022 : Pengertian, Tugas & Etika Penagihan

DC Easy Cash – Pinjaman online memang cukup populer belakangan ini, dimana salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih mengajukan pinjaman online dibandingkan pinjaman perbankan adalah karena syaratnya yang mudah dan prosesnya yang cepat. Ya, kebanyakan pinjaman online hanya memerlukan syarat berupa KTP saja. Kemudian untuk proses pinjaman, pengguna bisa mendapatkan pinjaman hanya hitungan menit saja, dan dana akan langsung masuk ke rekening.

Nah berbicara mengenai pinjaman online, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Easy Cash. Selain Easy Cash, ada banyak lagi pinjaman online terbaik yang bisa kalian pilih seperti halnya Kredivo, Akulaku, Adakami, Indodana dan masih banyak lagi lainnya. Penting kalian ketahui bahwa setiap aplikasi pinjaman online tentu tidak luput dari yang namanya pelanggan gagal bayar. Maka dari itu setiap aplikasi pinjaman online tentu saja memiliki atau meminta bantuan kepada pihak ketiga yang dikenal dengan nama Debt Collector atau DC.

Citayam

Sama halnya dengan beberapa layanan pinjaman online lainnya, Easy Cash juga biasanya menggunakan pihak ketiga untuk melakukan penagihan ke rumah pengguna yang gagal bayar atau menunggak pembayaran lebih dari 2 bulan atau 60 hari. Pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai DC Easy Cash, mulai dari pengertian, tugas, etika penagihan dan cara menghadapi DC yang datang ke rumah. Umumnya DC Easy Cash akan melakukan penagihan ke rumah apabila penagihan melalui SMS maupun telepon tetap tidak ada tanggapan.

Easy Cash merupakan aplikasi pinjaman online yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi kami rasa untuk penagihan lapangan oleh DC akan dilakukan dengan benar sesuai dengan kode etik yang ditetapkan. Namun tidak sedikit pengguna yang mengalami penagihan tidak mengenakan yang dilakukan oleh DC Easy Cash. Entah apapun itu, mungkin tidak semua DC melakukan penagihan kasar kepada pengguna Easy Cash. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita simak penjelasan lengkap yang telah idekredit.com siapkan berikut ini.

DC Easy Cash

Apa Itu DC Easy Cash?

Di poin awal pembahasan kali ini kami akan menjelaskan lebih dulu apa itu DC Easy Cash. Mungkin ada diantara kalian pengguna Easy Cash yang pernah telat bayar hingga lebih dari 60 hari dan ada DC yang datang ke rumah. Nah, biasanya ketika DC datang ke rumah, pengguna tersebut tidak menanggapi ketika ada penagihan yang dilakukan pihak Easy Cash baik lewat telepon maupun SMS. Dan alhasil, ketika pihak Easy Cash tidak bisa mengatasi permasalahan ini, mereka biasanya menggunakan jasa pihak ketiga atau Debt Collector untuk melakukan penagihan ke rumah pengguna tersebut.

Baca  Kapan DC Pinjol Datang ke Rumah? Ini Pengalaman di Beberapa Pinjol!

Lalu apa yang dimaksud dengan DC Easy Cash? DC atau Debt Collector adalah seseorang yang dipekerjakan oleh bank atau kreditur sebagai pihak ketiga dengan maksud untuk menagih utang ke peminjam. Di Indonesia sendiri terkadang DC kerap melakukan penagihan dengan cara yang kasar atau tidak sesuai dengan kode etik. Namun, tidak semua DC memiliki cara kerja yang seperti itu, biasanya DC dengan model penagihan yang kasar merupakan DC eksternal atau bukan resmi. Jika DC tersebut merupakan DC resmi, biasanya mereka akan melakukan penagihan dengan cara yang lebih manusiawi seperti dengan negosiasi.

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi buruknya cara kerja Debt Collector adalah sistem perekrutan yang masih memanfaatkan perusahaan outsourcing. Sehingga hal ini menyebabkan kurang profesionalnya penagih utan serta hanya mengutamakan kekuatan fisik dan emosi saja. Sering kali debt collector juga tidak memahami dan mengabaikan etika atau batasan dari pihak pertama untuk melakukan penagihan sesuai dengan aturan dan hukum berlaku. Inilah yang menjadi alasan mengapa kebanyakan debt collector sering bertindak secara berlebihan.

Kapan DC Easy Cash Datang ke Rumah

Nah terkait kapan DC Easy Cash datang ke rumah, ini menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh beberapa pengguna Easy Cash yang mungkin pernah mengalami telat bayar. Seperti sudah kami jelaskan sedikit diatas bahwasanya DC akan mendatangi rumah pengguna telat bayar setelah ada instruksi dari pihak terkait, disini berarti Easy Cash. Untuk kapan pastinya tidak ada informasi pasti mengenai hal ini, namun kami rasa DC akan datang ketika pengguna sudah telat bayar melebih 60 hari atau 2 bulan. Biasanya DC juga akan menghubungi lebih dulu ke nomor pengguna untuk menginformasikan bahwa ia akan datang ke rumah.

Baca  √ DC Traveloka Paylater : Tugas, SOP Penagihan & Cara Menghadapi

Jadi, prosedur penagihan ini dilakukan pertama melalui telepon dan juga SMS dari pihak Easy Cash. Jika pengguna tetap saja tidak merespon atau tidak ada itikad baik untuk melunasi pinjaman, maka Easy Cash akan meminta bantuan pihak ketiga untuk melakukan penagihan dengan mendatangi rumah pengguna tersebut. Dan penting diketahui disini bahwa pihak Easy Cash sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, jadi jika ada indikasi sebar data, maka kalian bisa segera melaporkannya ke OJK dan pihak berwajib.

Cara Menghadapi Debt Collector Easy Cash

Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan apabila DC Easy Cash mendatangi rumah kalian untuk menagih hutang. Adapun tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama kalian bisa memeriksa surat tugas Debt Collector tersebut. Pastikan bahwa Debt Collector datang sesuai dengan periode penagihan di surat tugas tersebut. Apabila DC datang di luar periode penagihan, maka kalian berhak menolak mereka.
  • Periksa juga identitas DC yang dilengkapi dengan foto asli.
  • Penagihan oleh DC dilarang menggunakan kekerasan serta ancaman, kalian dapat melaporkan jika mengalami kekerasan karena melanggar hak asasi manusia.
  • Pastikan penagihan dilakukan di antara jam 8 pagi hingga 8 malam.
  • Sampaikan kepada DC mengapa kalian menunggak pembayaran karena alasan yang jelas dan masuk akan tentunya.
  • Berikan kepastian kapan kalian akan melunasi tagihan tertunggak agar nantinya DC tidak lagi datang ke rumah.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa disimpulkan bahwa Easy Cash sendiri memang menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan penagihan ke pengguna yang gagal bayar atau telat bayar hingga 2 bulan lebih. Prosedur penagihan hutang juga akan dilakukan dengan sesuai kode etik yang ditetapkan. Jika ada indikasi penagihan kasar atau tidak manusiawi, maka kalian bisa melaporkan ke pihak OJK.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai DC Easy Cash. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.