2 Cara Menunda Pembayaran Home Credit Dijamin Bisa 2022

Cara Menunda Pembayaran Home Credit – Seperti pinjaman online lainnya, Home Credit memang memberikan kemudahan bagi seluruh debitur mendapatkan fasilitas cicilan. Namun seringkali konsumen salah melakukan perhitungan sehingga menyebabkan keterlambatan pembayaran cicilan Home Credit. Akibatnya pasti akan terkena denda dimana nominalnya memang akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Kini pembayaran Home Credit memang cukup banyak pilihannya, kamu bisa memilih cara bayar Home Credit lewat Jenius ataupun metode lainnya. Seringkali karena kebutuhan ataupun ketidakmampuan dari sisi finansial membuat pembayaran tidak bisa dilakukan. Demi menghindari denda atau bahkan gagal bayar maka sebagian orang lebih memilih cara menunda pembayaran Home Credit terlebih dahulu.

Debitur dapat mengajukan relaksasi cicilan dimana bertujuan menunda pembayaran sampai batas waktu yang disepakati. Relaksasi kredit atau cicilan adalah usaha untuk menunda pembayaran bagi debitur yang sulit memenuhi semua kewajibannya. Dengan menunda angsuran maka debitur akan memiliki waktu untuk memikirkan cara pembayaran serta pelunasannya. Selain perpanjangan waktu beberapa bentuk relaksasi mencakup penurunan bunga, pengurangan tagihan pokok, menambah fasilitas kredit maupun penyetaraan modal dalam waktu sementara.

Memang untuk menunda pembayaran Home Credit kalian harus melaporkan permasalahan yang terjadi secara rinci agar diberikan solusi terbaik. Home Credit memang memberikan fasilitas call center dimana dapat dihubungi ketika memang kalian tidak mampu bayar tagihan bulanan. Tentunya semuanya harus memiliki faktor serta penyebab yang kuat misalnya putus hubungan kerja, terkena bencana alam maupun kejadian buruk lainnya.

Cara Menunda Pembayaran Home Credit

Saat tidak sanggup bayar cicilan Home Credit sebenarnya masih ada peluang untuk dapat menyelesaikan tanggungannya. Ketika kamu sudah menjelaskan kondisi keuangan saat ini secara detail maka pihak Home Credit akan mengambil kebijakan supaya pelunasannya dapat berjalan lancar. Kemudian skor kredit juga akan berpengaruh dimana riwayat pembayaran kamu apakah lancar ataupun tidak.

Cara Menunda Pembayaran Home Credit

Home Credit memang terus memantau seluruh transaksi yang dilakukan penggunanya dimana ada catatannya. Ketika riwayat atau catatan pembayaran cicilan kalian baik dan tidak pernah terlambat maka kemungkinan besar bisa menunda pembayaran Home Credit serta diberikan kelonggaran. Namun beda halnya jika akun kamu bermasalah dimana akan sulit untuk menunda pembayaran karena terbukti bukan debitur yang terpercaya dan mempunyai prospek baik.

Akibatnya jika cara menunda pembayaran Home Credit tidak bisa diproses maka resiko gagal bayar semakin besar. Efek paling buruknya terkena blacklist OJK sehingga tidak dapat lagi mengajukan pinjaman ataupun cicilan diberbagai fasilitas keuangan. Pada dasarnya cara pelunasan Home Credit memang dapat dilakukan langsung namun nyatanya tidak semua orang mempunyai dana yang cukup.

Semisal menggunakan fasilitas Home Credit bayar nanti kemudian tak bisa melunasinya maka kamu akan didatangi debt collector. Demi mencegahnya memang harus ada komunikasi antara debitur dan juga pihak Home Credit Indonesia. Oleh karena itu silahkan simak cara menunda pembayaran Home Credit yang dirangkum idekredit.com dibawah ini.

1. Cara Menunda Pembayaran via Email

Cara menunda pembayaran Home Credit dapat dilakukan menggunakan email dimana memakai format khusus. Kamu dapat mengirimkan email ke care@homecredit.co.id dimana subjeknya khusus yaitu Permohonan Relaksasi Cicilan_(Nomor Kontrak). Pastikan kalian memakai email yang digunakan dan terdaftar di akun Home Credit untuk mempermudah verifikasinya.

Setelahnya pada bagian isi emailnya jelaskan dengan detail mengenai permasalahan keuangan yang sedang dialami. Kemudian berikan penyebab mengapa pembayaran Home Credit tidak dapat dilakukan lalu mengajukan untuk menunda pelunasannya. Pastikan menggunakan bahasa yang baik serta sopan agar mudah diterima.

Berikan juga informasi identitas berupa nomor kontrak, nama lengkap serta nomor HP yang sudah terdaftar di Home Credit. Terakhir tinggal tuliskan harapan kalian kedepannya untuk menunda pembayaran Home Credit. Berikutnya tinggal mengirimkannya, ketika masih bingung silahkan gunakan contoh email dibawah ini.

Kepada: care@homekredit.co.id
Subjek: Permohonan Relaksasi Cicilan_23134567254
Isi:

Dear Care Home Kredit

Karena situasi yang tidak menentu seperti ini bulan ini saya mengalami keterlambatan untuk pembayaran Home Kredit cicilan yang ke… senilai …………………dengan:

Nomor Kontrak:
Nama:
Nomor Telepon:

Yang saya takutkan adalah kedepannya akan mengalami keterlambatan kembali bahkan macet bayar dan bisa jadi akan menunggak karena belum tentu saya tetap bekerja.

Mohon untuk diberikan perhitungan Jika saya ingin mengajukan Pelunasan akankah ada keringanan atau potongan untuk sisa hutang ini mengingat Jika dilihat dari track record saya tidak pernah terlambat.

Mohon untuk dibantu

regard
……….(nama kamu)

Pihak Home Credit akan melakukan verifikasi kemudian pengecekan dari permohonan kalian. Berikutnya kamu akan mendapatkan email balasan kemudian ikuti semua yang diperintahkan. Ketika sudah memenuhi syarat maka akan diberikan informasi mengenai keringanan seperti apa yang diberikan bagi debitur.

2. Kontak Customer Care Home Credit

Lalu cara menunda pembayaran Home Credit berikutnya dapat dilakukan langsung ke customer care. Kamu dapat menelpon, mengirimkan chat ataupun pesan ke fasilitas customer care. Pastikan memberikan informasi nama lengkap, nomor kontrak serta handphone terdaftar agar mempermudah pengecekan dan verifikasinya.

Ketika menghubungi via telepon pastikan pulsanya mencukupi minimal 20 ribu, kemudian sampaikan dan jelaskan kondisi keuangan kalian. Silahkan minta menunda pembayaran secara langsung kemudian tinggal menunggu verifikasinya. Saat disetujui kamu akan mendapat keringanan sesuai dengan aturan serta ketentuan Home Credit.

  • Customer Care Home Credit Indonesia: 02129539600
  • WhatsApp: 08170865723 (Senin-Minggu, 07.00-21.00 WIB)
  • Facebook: @homecreditid
  • Instagram: homecreditid
  • Twitter: @homecreditid
  • Alamat: PT Home Credit Indonesia Plaza Oleos Lantai 8 Jl.TB Simatupang No.53A, Jakarta Selatan 12520

Resiko Tidak Sanggup Bayar Cicilan Home Credit

Ketika pelanggan sudah tidak sanggup lagi melakukan pembayaran maka ada cukup banyak resikonya. Pada dasarnya membayar cicilan sudah jadi tanggung jawab penuh debitur karena itu pihak Home Credit akan memiliki hak. Saat alasan tidak dapat diterima maka secara otomatis nama kalian dapat terkena blacklist OJK. Berikut ini beberapa resiko yang harus ditanggung ketika gagal bayar.

  • Terkena denda ketika sudah terlambat bayar hari ke 5 sebesar Rp.50.000. Saat terus tidak terjadi pembayaran maka denda terus bertambah sehingga membuat tagihan membengkak.
  • Bunga Home Credit terus bertambah dimana menambah beban hutang debitur.
  • Ditagih lewat telepon ketika sudah lebih dari 1minggu tak membayar. Efek buruknya kalian akan terus dihubungi bahkan sampai ke anggota keluarga ataupun teman. Hal ini membuat semuanya tidak nyaman.
  • Debt collector datang kerumah ketika sampai 6 bulan debitur tak kunjung melakukan pembayaran. Hal ini menakutkan karena kamu akan ditagih langsung.
  • Debitur dapat terkena sanksi hukum karena Home Credit masih dibawah OJK. Ketika kamu tidak bayar dalam waktu tertentu maka kasusnya diajukan ke pengadilan, efeknya akan terancam hukuman penjara.

Kesimpulan

Padahal cara bayar Home Credit lewat ATM BTPN ataupun metode lainnya sangat mudah dilakukan namun nyatanya banyak yang terjerat kasus keuangan. Pastinya cara menunda pembayaran Home Credit akan jadi pilihan terbaik dimana kalian nantinya diberikan batas waktu untuk dapat melunasi sesuai aturan berlaku.

Tags: , ,