Apa Itu Pinjaman Online ? Jenis, Suku Bunga, Keuntungan & Kekurangan

Apa Itu Pinjaman Online – Pinjaman memang bisa dikatakan sudah sangat melekat di setiap sisi kehidupan masyarakat sampai saat ini. Membahas mengenai pinjaman, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan pinjaman yang diberikan oleh perbankan serta pinjaman online yang menjadi salah satu fenomena populer belakangan ini. Nah di pertemuan kali ini kami akan membahas secara lengkap seputar pinjaman online, manfaat, jenis pinjaman, suku bunga dibebankan dan juga keuntungan serta kekurangan yang dimiliki oleh pinjaman online.

Pinjaman online atau dikenal juga dengan kredit online memang kebanyakan hadir dalam bentuk aplikasi. Dimana kalian bisa dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut melalui App Store maupun Play Store. Penting diketahui juga bahwa dari segi persyaratan pinjaman, kalian juga hanya perlu menyiapkan kartu identitas seperti KTP, kemudian nomor HP aktif serta nomor rekening atas nama pribadi sesuai dengan yang ada di KTP. Kemudahan inilah yang menjadi faktor mengapa kredit online lebih banyak dimintai dibandingkan dengan pinjaman bank.

Membahas mengenai apa itu pinjaman online, selain memberikan penjelasan lengkap terkait pengertian pinjaman online. Di pertemuan kali ini idekredit.com juga akan memberikan beberapa pembahasan penting lainnya, nah salah satu yang cukup menarik adalah mengenai suku bunga. Berbicara soal suku bunga, pinjaman satu ini memang umumnya memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman dari bank, koperasi maupun lembaga keuangan lainnya. Umumnya, beberapa jenis pinjaman online OJK ini akan membebankan suku bunga sebesar 0,8% per hari atau 24% per bulan.

Besaran bunga tersebut sudah pasti sangat besar dibandingkan dengan KUR BRI ataupun KUR bank lain yang hanya 6% per tahun. Namun semua jenis pinjaman memang sudah memiliki aturan masing-masing. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan kali ini terkait apa itu pinjaman online. Sebaiknya langsung saja simak informasi terlengkap mengenai apa itu pinjaman online, manfaat, jenis, suku bunga, kekurangan dan keuntungan kredit online yang telah idekredit.com siapkan di bawah ini.

Apa Itu Pinjaman Online

Apa Itu Pinjaman Online?

Di poin pembahasan awal, kita akan langsung masuk ke poin utama yakni mengenai apa itu pinjaman online. Mungkin dari sebagai orang di Indonesia, masih ada beberapa yang tidak mengetahui apa itu pinjaman online. Pinjol biasa juga dikenal Fintech Lending yang mana merupakan pinjaman berbasis teknologi informasi adalah satu di antara inovasi pada bidang keuangan dengan pemanfaatan teknologi yang memungkinkan pemberi dan penerima pinjaman melakukan transaksi pinjam meminjam tanpa harus bertemu langsung.

Adapun cara kerja dari pinjol ini adalah pihak penyelenggara hanya berperan sebagai perantara yang mempertemukan pemberi dan penerima kredit. Disamping itu, penyelenggara Fintech Lending juga harus mendapatkan tanda terdaftar sebelum menjalankan kegiatan operasional nya. Maksimal satu tahun setelah mendapatkan tanda terdaftar, pihak penyelenggara wajib mengajukan permohonan perizinan ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca  3 Pinjaman Bank Bukopin Untuk PNS 2021: Aktif & Pensiunan

Apakah Pinjaman Online Aman?

Setelah membahas mengenai apa itu pinjaman online, ada juga beberapa pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh beberapa orang mengenai apakah pinjol itu aman? Sebenarnya semua pinjol atau Fintech Lending aman-aman saja digunakan, hanya saja kalian harus lebih jeli dalam memilih aplikasi pinjol. Karena saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online ilegal yang ada di App Store maupun Play Store. Maka dari itu kalian bisa mencari informasi tentang pinjaman tersebut apakah sudah legal, terdaftar dan diawasi oleh OJK atau belum.

Selain hal tersebut, ada juga poin-poin lain yang bisa kalian ketahui seperti izin akses yang diberikan oleh pinjaman legal, bunga, tenor serta prosedur penagihan pinjaman online. Jadi disini bisa disimpulkan bahwa setia pinjol legal sangat aman digunakan, karena semua prosedur dilakukan sesuai aturan OJK dan juga Kominfo. Beberapa rekomendasi aplikasi pinjol legal diantaranya adalah Akulaku, Kredivo, Kredit Pintar, Easycash, Tunaiku, Indodana Paylater dan masih ada beberapa lagi yang lainnya.

Dan ketika kalian mungkin sudah terlanjur mengajukan pinjol ilegal karena sebelumnya tidak mengetahui bahwa pinjaman tersebut aman. Kalian tidak perlu khawatir jika mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan yang dilakukan pinjaman pinjol ilegal, kalian bisa segera lapor OJK mengenai kasus tersebut. Nantinya pihak OJK akan langsung memproses pihak dari pinjol ilegal tersebut. Biasanya mereka akan memberikan sanksi tegas berupa peringatan sampai pemblokiran aplikasi pinjol ilegal tersebut.

Jenis Pinjaman Online

Apa itu pinjaman online dan apakah pinjol aman sudah kami sampaikan diatas, berikutnya kita masuk ke pembahasan terkait jenis pinjaman online. Pinjaman online memang terkadang sangat membantu mereka yang membutuhkan pinjaman dana tunai pada saat itu juga. Terlebih lagi kita tahu bahwa saat ini Indonesia sedang dalam masa krisis ekonomi karena adanya pandemi Covid-19. Pinjol juga bisa diajukan oleh semua kalangan, bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa mengajukan kredit tersebut apabila memenuhi semua persyaratan yang ditentukan pihak pinjol.

Jika kalian berminat mengajukan pinjaman online, kalian bisa memilih beberapa jenis pinjaman online bunga rendah yang telah kami siapkan berikut ini.

  • Akulaku
  • Kredivo
  • Easycash
  • Kredit Pintar
  • Indodana

Suku Bunga

Berbicara kembali mengenai suku bunga, sebenarnya diatas kami sudah menyinggung sedikit mengenai besaran suku bunga yang diberikan oleh masing-masing pinjol. Hanya saja tidak semua pinjol ini memberikan besaran suku bunga yang sama. Menurut AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) sendiri, setiap aplikasi pinjol atau Fintech Lending harus memberikan bunga kepada peminjam tidak lebih dari 0,8% per hari. Jadi jika ada pinjol yang memberikan bunga lebih dari 0,8% per hari, kalian bisa segera lapor OJK karena hal tersebut sudah menyalahi kode etik yang disusun oleh AFPI.

Dengan mengikuti semua aturan yang diberlakukan oleh OJK, AFPI dan juga Kominfo, nantinya peminat pinjaman online akan naik karena dinilai memiliki bunga rendah, dan juga syarat pengajuan mudah. Terlebih lagi hampir semua aplikasi pinjol memproses pengajuan cepat, yakni hanya kurang dari 1 x 24 jam, dana tunai akan langsung masuk ke rekening peminjam.

Baca  5 Cara Bayar Angsuran KUR BRI Terlengkap 2021

Keuntungan Pinjaman Online

Nah mengenai keuntungan pinjol, ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati oleh para peminjam. Keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Syarat Pengajuan Mudah

Keuntungan pertama adalah syarat pengajuan yang mudah. Seperti kita ketahui bahwa syarat pengajuan pinjol ini sangat berbeda jauh dengan syarat ketika mengajukan pinjaman di perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Dimana disini kalian hanya memerlukan nomor HP aktif, KTP dan juga nomor rekening aktif atas nama pribadi. Selain itu tidak ada syarat dokumen lain yang diperlukan.

2. Proses Pengajuan Mudah & Cepat

Keuntungan kedua adalah proses pengajuan mudah dan juga cepat. Lain halnya dengan pengajuan pinjaman bank yang terkadang membutuhkan waktu hingga 7 hari kerja. Pinjol akan memberikan pinjaman tersebut kurang dari 1 x 24 jam. Bahkan ada juga yang hanya memberikan pinjaman dalam hitungan menit, seperti halnya Akulaku dan Kredivo.

3. Penggunaan Aplikasi Mudah

Kemudian terakhir adalah penggunaan aplikasi yang mudah dipahami. Bagi pengguna lama maupun pengguna baru, kami rasa untuk mengajukan pinjol di aplikasi pinjol ini sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan setiap aplikasi pinjol akan memberikan kenyamanan transaksi pinjaman dengan menghadirkan fitur-fitur lengkap yang mudah untuk dipahami.

Kekurangan Pinjaman Online

Selain memiliki kelebihan, pinjol juga memiliki beberapa kekurangan. Nah kekurangan ini juga wajib untuk diketahui oleh kalian semua. Adapun kekurangan pinjol adalah sebagai berikut.

1. Sistem Bunga Harian

Setiap pinjol memiliki sistem bunga harian, jadi disini besaran bunga akan dihitung per hari. Maka dari itu usahakan untuk tidak telat dalam melakukan pembayaran karena bunga tersebut akan terus berjalan sampai benar-benar dilunasi. Kami rasa bunga dibebankan juga besar tidak seperti pinjaman bank yang relatif lebih ringan.

2. Limit Pinjaman Terbatas

Kekurangan kedua yakni limit pinjaman cukup terbatas. Kebanyakan pinjol memang memberikan pinjaman minimal Rp 300.000 dan maksimal hingga Rp 30.000.000. Namun untuk mengajukan pinjaman maksimal, terkadang dibutuhkan beberapa syarat lain sebagai jaminan oleh pihak pinjol. Dan hal tersebut sudah pasti sangat sulit untuk dilakukan.

3. Tenor Singkat

Dan terakhir adalah tenor singkat. Pinjol memang umumnya akan memberikan kredit dengan tenor mulai dari 30 hari sampai maksimal 6 bulan. Walaupun ada juga yang memberikan tenor maksimal hingga 12 bulan. Ini merupakan tenor yang sangat singkat mengingat pinjaman bank saja bisa memberikan tenor hingga 60 bulan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai apa itu pinjaman online. Disini dapat kami simpulkan bahwasanya informasi seperti memang cukup penting untuk diketahui oleh kalian semua. Ketahui juga bahwa ada beberapa poin yang ada dalam pembahasan ini, seperti bunga, kekurangan, keuntungan serta informasi lainnya yang bisa menambah wawasan kalian.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai apa itu pinjaman online. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.