Apa Itu Finance Administration Officer: Gaji, Tugas & Tes!

Apa Itu Finance Administration Officer – Memantau dan menjaga sektor keuangan dalam sebuah perusahaan menjadi hal yang amat sangat penting. Dengan pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang tertata dengan jelas, membuat keberlangsungan perusahaan dapat terkontrol secara mudah.

Untuk membantu pengelolaan keuangan sebuah perusahaan, saat ini ada bagian Finance Administration Officer. Yang dimana tugas utama dari seorang Finance Administration Officer menjadi begitu penting karena akan selalu terkoneksi dengan keluar masuknya dana perusahaan.

Melihat pentingnya peran Finance Administration dalam sebuah perusahaan. Tidak bisa kita pungkiri pekerjaan menjadi Finance Administration sendiri bisa dibilang merupakan salah satu impian bagi banyak orang, terutama mereka yang memiliki kemampuan di sektor tersebut.

Hal tersebut tidak terlepas dari penghasilan yang terbilang tinggi / besar serta peran pentingnya dalam perkembangan sebuah perusahaan. Hanya saja tidak sedikit masyarakat yang mungkin tahu apa itu Finance Administration Officer, tugas utama dan berapa gaji serta bagaimana tes masuknya.

Apa Itu Finance Administration Officer

Oleh karena itu, setelah sebelumnya kita membahas tentang Beasiswa Bank Syariah Indonesia. Sesuai dengan judul artikel di atas, kali ini idekredit.com akan mencoba menjelaskan secara lengkap dan detail apa itu Finance Administration Officer, tugas dan tanggung jawab mereka di sebuah perusahaan.

Apa Itu Finance Administration Officer?

Bagi kalian yang dalam masa pendidikan mengambil jurusan akuntan / akuntansi, mungkin sudah tidak lagi asing ketika mendengar istilah Finance Administration. Namun kami juga paham tentu tidak semua lapisan masyarakat tahu betul tentang ini.

Maka dari itulah sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tugas & tanggung jawab serta gaji & tes masuk menjadi seorang Finance Administration. Berikut akan coba kami jelaskan secara singkat tentang apa itu Finance Administration Officer.

Jadi Finance Administration Officer merupakan seorang yang memiliki tugas sebagai administrasi keuangan sebuah perusahaan. Yang dimana dalam proses kerjanya mereka akan mencatat seluruh aktivitas transaksi keuangan dari uang masuk ataupun keluar.

Nah dalam struktur organisasi perusahaan, seorang Finance Administration masih berada dibawah akunting perusahaan. Meski demikian peran penting mereka di sebuah perusahaan benar-benar besar, tidak heran apabila saat ini banyak sekali dibutuhkan jabatan tersebut di perusahan besar.

Tugas Finance Administration Officer

Nah, jadi itulah yang dimaksud apa itu Finance Administration Officer. Sampai disini apakah kalian sudah bisa memahaminya?. Apabila sudah mulai sedikit paham, akan kami lanjutkan pembahasan lain mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Finance Administration.

Dengan peran pentingnya di dalam sebuah perusahaan, tidak bisa kita pungkiri untuk saat ini hampir semua perusahaan sangat membutuhkan jasa seorang Finance Administration Officer. Hal ini karena mereka akan dapat membantu hampir semua pekerjaan yang terkait dengan urusan akuntan.

Bahkan kerjasama yang dilakukan antara Finance Administration dan Akunting di sebuah perusahaan akan dapat membuat laporan keuangan yang dihasilkan semakin sempurna dan kredibel. Hal tersebut karena seluruh aktivitas keuangan perusahaan akan dicatat setiap hari oleh Finance Administration.

Sementara itu, apa sih sebenarnya tugas dan tanggung jawab Finance Administration Officer dalam sebuah perusahaan?

  • Melakukan penyusunan keuangan perusahaan
  • Melakukan penginputan seluruh data transaksi keuangan ke dalam program perusahaan
  • Melakukan transaksi keuangan perusahaan
  • Melakukan pembayaran pada supplier / pihak ketiga yang bekerjasama dengan perusahaan
  • Menjalin hubungan dengan pihak internal maupun eksternal yang terkait urusan keuangan perusahaan
  • Melakukan penagihan keuangan pada customer
  • Mengontrol kesibukan transaksi keuangan perusahaan
  • Membuat laporan terkait kesibukan keuangan perusahaan
  • Menerima dokumen dari vendor internal maupun external
  • Melakukan verifikasi pada keabsahan & keakuratan dokumen keuangan
  • Entry SAP
  • Membuat laporan keuangan manajemen pada induk perusahaan
  • Melakukan accrue pendapatan serta beban pada akun-akun tertentu
  • Menyiapkan dokumen penagihan invoice / kwitansi tagihan & kelengkapannya
  • Melakukan rekonsiliasi dengan unit lain

Nah itulah kiranya beberapa tugas serta tanggung jawab seorang Finance Administration di dalam sebuah perusahaan. Memang dari data tersebut terbilang sangat banyak tugas maupun tanggung jawab yang diemban. Namun semua itu tentu sebanding dengan gaji / penghasilannya.

Gaji Finance Administration Officer

Nah bicara tentang gaji / penghasilan Finance Administration di sebuah perusahaan. Tentu hal ini sangat kompleks untuk bisa kita jelaskan secara tepat / detail. Karena tentunya setiap perusahaan di Indonesia punya standarisasi sendiri dalam memberikan gaji kepada karyawan mereka.

Namun bila kita mengacu pada situs id.indeed.com di sana dijelaskan bahwa gaji rata-rata seorang Finance Administration di perusahaan berkisar antara Rp3.793.961 – Rp5.918.364 per bulan. Namun itu hanya sebatas gambaran dari informasi yang kami dapat.

Kemungkinan besar seperti yang sudah kami jelaskan di atas, penghasilan / gaji Finance Administration Officer mungkin akan berbeda di setiap kantor.

Tes Pendaftaran Finance Administration Officer

Nah setelah memahami apa itu Finance Administration Officer serta tugas dan tanggung jawabnya. Bagi kalian yang tertarik dan ingin mencoba peruntungan dengan melamar sebagai staff Finance Administration.

Setidaknya ada beberapa tes yang harus dilakukan, yang dimana salah satu tes tersebut yakni pemahaman terhadap bidang akuntansi. Nah berikut ini adalah beberapa contoh tes pendaftaran Finance Administration yang bisa kalian simak.

1. Persamaan Dasar Akuntansi

Hal pertama yang perlu dipahami sebagai seorang Finance Administration yakni pemahaman dasar akuntansi. Dimana dari beberapa informasi yang kami peroleh salah satu pemahaman dasar akuntansi sendiri yakni konsep persamaan yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Assets (Harta) = Liabilities (Kewajiban) + Equity (Modal)

  • Assets (Harga): Merupakan semua aset kekayaan yang dimiliki perusahaan.
  • Liabilities (Kewajiban): Memahami kewajiban perusahaan dalam urusan hutang ke pihak lain.
  • Equity (Modal): Pemahaman tentang hak serta modal perusahaan.

2. Materi Jurnal Dasar Akuntansi

Dalam proses pendaftaran sebagai Finance Administration, biasanya pihak perusahaan akan melakukan tes pengetahuan terhadap materi jurnal dasar akuntansi. Oleh karena itu bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkan kisi-kisinya, berikut adalah beberapa jurnal dasar akuntansi yang bisa dipelajari.

  • Jurnal Umum
  • Jurnal Khusus
  • Jurnal Penutup
  • Jurnal Penjualan
  • Jurnal Pembelian
  • Jurnal Pembalikan
  • Jurnal Penerimaan Kas

3. Penyusutan Depresiasi / Aktiva

Tes pendaftaran Finance Administration yang berikutnya seringkali dimasukkan adalah pemahaman tentang penyusutan depresiasi / aktiva. Bahkan tidak semata hanya dilakukan dalam sesi tertulis. Biasanya tes pemahaman tentang hal ini juga dilakukan saat sesi wawancara.

4. Accounting Cycles

Dan kisi-kisi tes pendaftaran staff Finance Administration di sebuah perusahaan juga terkadang mengharuskan kita untuk dapat memahami tentang materi Accounting Cycles. Yang dimana hal ini merupakan pondasi awal untuk para Finance Administration dapat menyusun laporan secara benar.

Kesimpulan

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat idekredit.com rangkum serta jelaskan. Semoga apa yang sudah kami sampaikan terkait tugas, tanggung jawab, serta kisi-kisi tes pendaftaran dan pengertian apa itu Finance Administration Officer bisa membantu dan bermanfaat.

  • Referensi: brainly.co.id, dconsultingbusinessconsultant.com
  • Sumber Gambar: idekredit.com, google.com
Tags: , ,