Apa Itu Casual Leasing? Pengertian, Tugas & Gaji

Apa Itu Casual Leasing – Dalam sebuah event besar yang diadakan oleh perusahaan, umumnya hal ini dilakukan dengan memanfaatkan Event Organizer (EO). Tujuannya untuk membuat acara yang dibuat bisa berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan dan sesuai dengan alur yang telah ditentukan.

Karena dalam hal ini, umumnya EO sudah mengatur dan mengarahkan para krew untuk melakukan tugas / job desk mereka sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan. Dimana hasil akhir dari semua perencanaan tersebut adalah berjalannya acara dengan aman dan meriah.

Namun bicara mengenai hal tersebut, apakah kalian pernah mendengar apa itu Casual Leasing?. Buat para pekerja Leasing tentu sudah tak lagi asing dengan istilah tersebut. Karena memang istilah ini seringkali berkaitan dengan administrasi Leasing.

Akan tetapi, bagi masyarakat umum yang baru mendengar istilah ini mungkin akan cukup bingung. Oleh karena itulah setelah sebelumnya kami bahas perbedaan Outsourcing dan Leasing. Sesuai dengan judul di atas, kal ini idekredit.com akan menjelaskan apa itu Casual Leasing.

Apa Itu Casual Leasing

Pengertian Apa Itu Casual Leasing

Memahami setiap istilah dalam Leasing mungkin menjadi hal penting, dengan begitu ketika kalian ingin melakukan pembelian barang dengan cara kredit yang memanfaatkan perusahaan leasing. Kalian tidak lagi bingung ketika mendengar istilah-istilah dalam leasing.

Termasuk halnya Casual Leasing ataupun Fidusia dalam Leasing. Untuk itu, sebagai media pembantu, disini idekredit akan menjelaskan secara rinci dan detail apa yang dimaksud dengan Casual Leasing, Tugas / job desk serta perkiraan penghasilan yang diperoleh.

Untuk yang pertama tentu hal yang harus kita pahami terlebih dahulu yakni definisi / pengertian apa itu Casual Leasing. Sebab jika kita tidak mengetahui arti / definisinya, kemungkinan akan cukup sulit untuk kita bisa memahami apa tugas utama dan berapa besaran penghasilan yang bisa diperoleh.

Jadi sebelum kita bahas masalah lain terkait apa itu Casual Leasing. Berikut ini adalah pengertian dari istilah tersebut yang harus kalian bisa pahami.

Dikutip dari berbagai sumber, Casual Leasing adalah sebuah divisi yang akan mengatur administrasi terkait transaksi yang dilakukan dengan memanfaatkan perusahaan leasing. Dimana divisi ini sepenuhnya akan memastikan kegiatan administrasi perjanjian antara pihak pertama dan pihak kedua berjalan dengan lancar.

Tentunya dengan mengedepankan SOP (Standard Operasional) seperti halnya:

  • Assignment
  • Lease termination on the insolvent tenant

Dengan begitu nantinya proses pembelian barang secara kredit lewat leasing maupun sewa akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan dari masing-masing pihak. Baik itu pihak pembeli maupun pihak leasing itu sendiri.

Tugas Staff Casual Leasing

Setelah mengetahui apa itu Casual Leasing seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Kami paham tentunya kalian juga ingin tahu kan apa saja tugas dan tanggung jawabnya bukan?. Untuk itulah disini akan kami jelaskan secara rinci apa saja tugas & tanggung jawab staff casual leasing itu.

  1. Menyiapkan kontrak sewa menyewa yang memuat informasi mengenai barang / jasa yang disewakan mulai dari jangka waktu sewa, harga sewa, serta ketentuan lain yang berlaku.
  2. Menjalin komunikasi dengan pihak yang ingin menyewa barang / jasa untuk menjelaskan informasi mengenai barang maupun jasa yang disewakan serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan sewa menyewa / membeli.
  3. Menyediakan informasi mengenai ketersediaan barang / jasa kepada pihak yang ingin menyewa.
  4. Menerima sekaligus mencatat pemesanan barang maupun jasa yang disewakan dari pihak yang ingin menyewa.
  5. Menyiapkan semua dokumen diperlukan untuk proses sewa menyewa maupun jual beli mulai dari surat pesanan, faktur, dll.
  6. Menjalankan proses pembayaran sewa menyewa / jual beli sesuai dengan S&K yang ditetapkan dalam kontrak.
  7. Melakukan pengecekan sekaligus pengujian terhadap barang / jasa sebelum maupun sesudah digunakan untuk memastikan kondisi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
  8. Mengelola inventaris barang / jasa, termasuk mencatat jumlah yang tersedia baik sebelum maupun sesudah terjual / disewa.
  9. Menjalankan proses pengembalian barang setelah jangka waktu sewa menyewa selesai.
  10. Menyediakan laporan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.
  11. Menjaga hubungan yang baik dengan pihak bersangkutan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan menjaga reputasi perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.

Gaji Staff Casual Leasing

Yang jelas melihat dari sudut pandang tugas dan tanggung jawab di atas. Bisa dibilang mereka sangat punya peran penting dalam sebuah acara / program yang telah disiapkan akan segera dilakukan oleh perusahaan leasing.

Pasalnya semua tugas penting seperti kami rangkum di atas terbilang menjadi kunci / ujung tombak nama perusahaan menjadi cukup kredibel di mata masyarakat terutama terkait pelayanan yang diberikan. Lantas berapa sih gaji / penghasilan yang didapat seorang Staff Casual Leasing?

Murut dari informasi yang kami dapat di beberapa sumber media, dijelaskan bahwa gaji / penghasilan staff casual leasing berkisar antara Rp4.5 – Rp5.5 juta rupiah per bulan. Dan itu belum termasuk bonus serta tunjangan.

Dengan penghasilan yang cukup besar ini tidak heran apabila saat ini banyak masyarakat yang berminat untuk menjadi staff casual leasing. Bagaimana dengan kalian apakan tertarik?.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat kami sampaikan tentang apa itu casual leasing dari pengertian, tugas serta tanggung jawab dan juga gaji / penghasilan. Semoga dengan apa yang sudah idekrdit.com sampaikan dan jelaskan di atas bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Tags: , , , ,