Angsuran BRI Telat 1 Bulan? Ini Resiko & Dendanya!

Angsuran BRI Telat 1 Bulan – Meminjam uang di bank mengharuskan nasabah membayar angsuran atau cicilan tepat waktu. Dengan membayar angsuran tepat waktu, nasabah akan mendapatkan nilai atau kualitas kredit yang bagus. Sehingga nantinya setelah pinjaman tersebut dilunasi, nasabah dapat mengajukan kembali pinjaman dengan nominal yang lebih tinggi.

Telat bayar angsuran juga banyak dialami nasabah BRI. Seperti cicilan BRI telat 1 bulan, 2 bulan bahkan sampai lebih. Namun apa saja resiko angsuran BRI telat 1 bulan? Serta berapa denda ketika cicilan BRI telat 1 bulan?

Citayam

Sebelum menerima uang pinjaman dari BRI, tentunya nasabah sudah memahami serta menyetujui beberapa ketentuan dan kebijakan nya. Angsuran BRI telat 1 bulan tentunya nasabah akan mendapatkan resiko. Dimana resiko tersebut seperti denda, skor kredit dan beberapa resiko lainnya.

Nah pada artikel kali ini, Idekredit.com akan menyajikan ulasan mengenai angsuran BRI telat 1 bulan. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang cicilan BRI telat 1 bulan, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Resiko Cicilan BRI Telat 1 Bulan

Angsuran BRI Telat 1 Bulan

Telat bayar cicilan di BRI baik pada layanan KUR, KPR, BRIguna, Kupedes, KKB dan beberapa layanan pinjaman lainnya pastinya sudah ada resiko dan denda nya. Sehingga apapun layanan pinjaman BRI yang digunakan terdapat resiko dan denda yang sudah ditentukan. Untuk pembahasan resiko telat bayar angsuran BRI, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Resiko Cicilan BRI Telat 1 Bulan

Ada beberapa resiko yang bisa nasabah BRI terima ketika telat membayar angsuran. Seperti denda, pengurangan skor kredit, penagihan dan beberapa resiko lainnya. Penjelasan resiko cicilan BRI telat 1 bulan adalah sebagai berikut :

Baca  10 Resiko Telat Bayar Easy Cash 2022 : 1 - 42 Hari

1. Denda

Resiko pertama yang dapat nasabah terima ketika angsuran BRI telat yaitu mengenai denda keterlambatan. Hal tersebut sebenarnya sudah tertuang dalam perjanjian sebelum nasabah mengambil pinjaman di BRI. Dimana denda tersebut wajar terjadi. Pasalnya setiap bank sudah memberlakukan denda bagi nasabah yang telat bayar angsuran mulai dari 1 bulan, 2 bulan atau lebih.

Denda tersebut tentunya semakin lama akan meningkat tergantung dari berapa lama nasabah tidak membayarkan angsuran. Namun jika nasabah baru telat angsuran 1 bulan, maka denda yang didapatkan masih tergolong ringan.

2. Skor Kredit

Resiko kedua yang bisa nasabah terima ketika angsuran BRI telat 1 bulan yaitu mengenai skor kredit. Dimana setiap bank tentunya sudah memberikan peraturan tentang skor kredit. Semakin banyak nasabah mengalami keterlambatan, maka skor kredit semakin buruk.

Resiko terbesar ketika skor kredit sangat buruk yaitu adanya Blacklist atau tidak bisa lagi meminjam uang di BRI maupun di beberapa bank lainnya. Pasalnya skor kredit akan langsung tercatat di laporan SLIK OJK.

3. Penagihan

Resiko ketiga ketika telat bayar cicilan di BRI yaitu adanya penagihan. Dimana biasanya ketika sudah telat angsuran 1 bulan, maka pihak BRI akan melakukan penagihan. Penagihan pertama biasanya dilakukan melalui panggilan telepon. Namun setelah ada penagihan pertama angsuran belum dibayarkan, biasanya pihak BRI akan datang kerumah untuk menginformasikan kembali angsuran BRI yang telat tersebut.

4. Pelaporan ke Pihak Berwajib

Resiko selanjutnya ketika telat bayar angsuran di BRI dengan waktu yang lama dan tidak ada itikad baik dari nasabah, maka bisa saja pihak BRI melaporkan masalah tersebut ke kepolisian. Selain tidak ada itikad baik dari nasabah, jika terindikasi adanya penipuan maupun masalah hukum lainnya juga dapat membuat pihak BRI melaporkan masalah tersebut ke kepolisian.

Baca  Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah : Syarat dan Cara

Nah itulah informasi mengenai angsuran BRI telat satu bulan. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai resiko dan denda ketika telat bayar angsuran 1 bulan di Bank Rakyat Indonesia?

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa ada beberapa resiko yang nasabah terima ketika angsuran BRI telat 1 bulan. Seperti denda keterlambatan, penurunan skor kredit, penagihan, dimasukkan ke daftar Blacklist maupun dilaporkan ke pihak berwajib. Oleh karena itu, silahkan bayar angsuran BRI secara tepat waktu untuk menghindari beberapa hal tersebut di atas.

Sekian artikel kali ini tentang pembahasan angsuran BRI telat satu bulan. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Idekredit.com dan semoga ulasan di atas tentang angsuran BRI telat dapat menambah wawasan buat kalian semuanya.