12 Cara Cek Limit Kartu Kredit BCA Semua Metode Terlengkap

Cara Cek Limit Kartu Kredit BCA – Bagi sebagian orang, kartu kredit adalah salah satu fasilitas layanan perbankan yang sangat membantu dalam hal transaksi. Mengingat fasilitas ini memang bisa digunakan untuk keperluan transaksi, baik transfer, pinjaman, cicilan barang, tarik tunai dan lain sebagainya. Pada umumnya, pinjaman online dan juga paylater di aplikasi memang mengadopsi cara kerja daripada kartu kredit satu ini. Hanya saja, semuanya dibedakan dari besaran limit, suku bunga dan juga proses pengajuannya. Khusus di pembahasan kali ini, idekredit.com akan membahas mengenai salah satu kartu kredit terbaik di Indonesia, yaitu Kartu Kredit BCA.

Ya, Bank Central Asia atau lebih dikenal sebagai Bank BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia yang memiliki layanan kartu kredit terbaik dan banyak digunakan oleh setiap nasabahnya. Memang untuk pengajuan kartu kredit BCA dikenal memiliki syarat-syarat yang tergolong rumit, dan juga proses lamanya pengajuan juga cukup lama hingga 14 hari kerja setelah berkas dokumen persyaratan diterima pihak bank. Setelah pengajuan diterima, kalian juga harus melakukan aktivasi kartu kredit BCA untuk mendapatkan limit kredit yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan transaksi.

Besaran limit kartu kredit BCA ini juga tergantung dari jenis kartu kredit yang diajukan. Untuk pengguna baru, biasanya mereka akan mendapatkan limit yang kecil dan bisa diajukan kenaikkan limit dengan mengikuti prosedur yang diarahkan oleh pihak bank tersebut. Memiliki limit kartu kredit, pengguna tentu harus benar-benar kontrol bagaimana cara penggunaan limit yang baik agar manajemen keuangannya tetap terjaga. Seperti diketahui bahwa ada beberapa orang yang kurang kontrol dalam penggunaan limit, dan alhasil malah terjebak hutang yang menumpuk. Hal ini harus benar-benar dihindari.

Maka dari itu, jika kalian memiliki kartu kredit BCA, alangkah baiknya untuk selalu mengecek limit tersebut sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Cara cek limit kartu kredit BCA juga bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa metode. Disini kami akan menyampaikan beberapa cara cek limit kartu kredit BCA secara lengkap. Baiklah daripada penasaran seperti apa caranya, langsung saja simak informasi terlengkap mengenai cara cek sisa limit kartu kredit BCA yang bisa langsung kalian pahami berikut ini.

Cara Cek Limit Kartu Kredit BCA
Citayam

Apa Itu Limit Kartu Kredit?

Sebelum kita menuju ke pembahasan utama mengenai cara cek limit kartu kredit BCA. Di pembahasan awal kami akan menjelaskan lebih dulu apa yang dimaksud dengan limit kartu kredit. Limit Kartu Kredit adalah batas maksimal nominal transaksi per bulan yang dapat digunakan oleh setiap nasabah pemegang kartu kredit tersebut. Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai limit pada kartu kredit nasabahnya, tergantung daripada kondisi finansial, layanan, dan jenis kartu tersebut.

Baca  8 Cara Cek Transaksi Kartu Kredit BCA 2022: SMS, Internet & M Banking

Perlu diketahui juga bahwa dasar pengaturan limit kartu kredit ini terdapat dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 yang merupakan perubahan atas PBI Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan menggunakan Kartu. Disamping itu, Surat Edaran Bank Indonesia memberikan rincian mengenai kepemilikan dan limit pada kartu kredit, yaitu sebagai berikut.

  1. Calon pemegang kartu kredit utama wajib berusia minimal 21 tahun atau telah kawin sedangkan penerima kartu kredit tambahan wajib berusia sekurang-kurangnya 17 tahun atau telah kawin.
  2. Pendapatan calon pemegang kartu kredit adalah minimal Rp 3 juta yang diperkuat dengan bukti pendapatan atau setoran pajak.
  3. Limit diberikan oleh bank secara kumulatif kepada tiap penerima kartu kredit adalah sebesar tiga kali pendapatan per bulan.
  4. Masing-masing pemegang kartu maksimal memiliki 2 penerbit kartu kredit.
  5. Maksimum limit dengan ketentuan 3 kali lipat pendapatan tidak berlaku bagi nasabah dengan penghasilan Rp 10 juta ke atas karena mereka akan dikenai limit berdasarkan risk appetite (jumlah risiko) yang mampu diterimanya.

Cara Cek Limit Kartu Kredit BCA

Masuk ke pembahasan utama mengenai cara cek limit kartu kredit BCA, perlu diketahui juga bahwa cek limit ini memiliki fungsi yang tentu sangat bermanfaat bagi penggunanya. Seperti mengontrol penggunaan limit berlebih, memastikan pembelanjaan atau penggunaan limit agar mencukupi dan beberapa lagi lainnya. Nah untuk cara cek limit kartu kredit BCA ini bisa kalian lihat di bawah ini. Kami juga memberikan cara cek limit untuk semua metode, baik melalui Call Center, SMS, Fast Dial, BCA Mobile, Klik BCA dan ATM BCA. Lebih jelasnya simak tutorial berikut ini:

1. Cek Limit BCA Via Call Center

Cara cek limit kartu kredit BCA yang pertama adalah melalui Call Center BCA di nomor 1500888. Setelah terhubung dengan CS, kalian bisa bertanya mengenai sisa limit kartu kredit BCA kalian dengan memberikan data guna proses cek limit yang dilakukan CS nantinya. Cara ini tergolong mudah dan efisien serta informasinya juga pasti.

2. Cek Limit Via Fast Dial

Kemudian untuk cara kedua adalah dengan melalui Fast Dial di smartphone kalian. Cara Cek limit ini bisa dilakukan dengan mudah seperti cara di bawah ini.

  • Masuk ke menu panggilan di HP kalian kemudian tulis *141*2# dan tekan panggil.
  • Di menu berikutnya kalian bisa masuk ke menu Kartu Kredit dan pilih bagian Tagihan.
  • Lalu pilih salah satu antara tagihan per kartu kredit atau tagihan semua kartu.
  • Tunggu beberapa saat dan kalian akan mendapatkan notifikasi berisi informasi sisa limit kartu kredit BCA kalian.
Baca  9 Macam Macam Kartu Kredit BCA Beserta Limitnya

3. Cek Limit Via SMS BCA

Selanjutnya kalian juga bisa melakukan cek limit melalui SMS Banking BCA. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian simak di bawah ini.

  • Buka menu SMS dan tulis SMS dengan format Tagihan[spasi]Kode Akses[spasi]16 digit Nomor kartu kredit BCA lalu kirim ke nomor 69888
  • Contoh : Tagihan 3225 5646628131149090 dan kemudian kirim ke nomor 69888
  • Nantinya akan ada SMS balasan berisi informasi limit kartu kredit BCA kalian.

4. Cek Limit Via BCA Mobile

Cara cek limit keempat adalah melalui aplikasi BCA Mobile. Fitur cek limit juga tersedia di aplikasi ini, kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mendapatkan informasi sisa limit kartu kredit BCA.

  • Masuk ke BCA Mobile dan pilih menu M-BCA.
  • Masukkan kode akses M-BCA kalian dan akan muncul beberapa sub menu dan pilih M-Info.
  • Pilih menu Info Kartu Kredit dan klik Saldo.
  • Lalu tunggu informasi limit ditampilkan di layar HP kalian.

5. Cek Limit Via KlikBCA

Cara cek limit kartu kredit BCA berikutnya bisa juga melalui layanan klikBCA. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak di bawah ini.

  • Masuk ke laman resmi di ibank.klikbca.com.
  • Login menggunakan User ID dan PIN kalian.
  • Berikutnya klik menu Informasi Kartu Kredit dan pilih Tagihan.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan informasi sisa limit kartu kredit BCA.

6. Cek Limit Via ATM

Dan untuk cara terakhir adalah melalui ATM BCA. Cara ini bisa kalian pilih jika cara diatas tidak bisa dilakukan karena ada masalah sistem atau lainnya. Nah, untuk prosedurnya kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama kunjungi ATM BCA.
  • Lalu masukkan kartu kredit ke mesin ATM BCA.
  • Pilih menu Transaksi.
  • Masukkan PIN kartu kredit BCA.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Info Saldo Terkini.
  • Tunggu hingga info limit kartu kredit BCA muncul.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara cek limit kartu kredit BCA. Bahwa ada banyak sekali metode yang bisa kalian pilih untuk mengetahui sisa limit atau informasi lain terkait kartu kredit BCA. Setiap cara diatas juga kami rasa sangat mudah dilakukan, namun untuk yang paling efektif kalian bisa menggunakan BCA Mobile atau Internet Banking BCA.

Nah itulah beberapa informasi terlengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara cek limit kartu kredit BCA. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa idekredit.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.