8 Resiko Telat Bayar UangMe 2022 : Denda & DC Lapangan

Telat Bayar UangMe – Salah satu pinjaman online yang sudah cukup lama hadir di Indonesia adalah UangMe. Platform pinjol ini secara resmi memiliki ijin serta diawasi sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan/OJK. Selain pinjaman dana, UangMe juga berkembang dengan memberikan fasilitas paylater dimana dapat digunkan untuk berbelanja dengan tenor 1 sampai 6 bulan.

Memang pengajuan UangMe sangatlah mudah lewat aplikasinya dimana memakan waktu paling cepat 5 menit. Namun bagaimana akibatnya jika telat bayar UangMe? Pastinya akan merepotkan apabila debitur lari dari tanggung jawab untuk bayar tagihan. Seperti pada telat bayar Easy Cash, pelanggan akan dikenakan denda bahkan paling buruknya sampai debt collector penagihan kerumah.

Citayam

Penagihan dimulai ketika debitur melewati tanggal jatuh tempo sesuai ketika pengajuan pinjaman berhasil diterima dan dicairkan. Setelah telat bayar UangMe barulah penagihannya dilakukan sesuai dengan urutan prosedur yang berlaku. UangMe juga akan mengikuti aturan dari AFPI serta OJK sehingga debitur tetap akan mendapatkan perlindungan secara hukum.

Belakangan ini cukup ramai pertanyaan apakah UangMe sebar data? Sesuai dengan peraturan OJK kontak dari debitur dilarang untuk diambil apalagi dipakai untuk menagih hutang. Biasanya yang diambil adalah keluarga ataupun kerabat dekat yang dimasukkan kedalam kontak darurat. Jadi memang cukup bahaya jika telat bayar UangMe karena efeknya juga akan malu karena diketahui orang terdekat.

Telat Bayar Uangme

Resiko Telat Bayar Uangme

Ketika mengalami kejadian seperti gagal bayar UangMe ada banyak resiko yang dapat ditimbulkan. Nama pengguna dapat dimasukkan kedalam daftar hitam atau blacklist sehingga sulit mengajukan pinjaman dimanapun. Selain itu jangan harap cara menaikan limit UangMe dapat dilakukan karena nama kalian akan tercatat sebagai debitur yang tidak kredibel.

Bisa dikatakan resiko telat bayar UangMe memang cukup besar, terlebih untuk yang ingin mengajukan pinjaman dilain tempat. Kalian akan diberikan pemberitahuan SMS pada waktu 5 hari sebelum masuk ketanggal jatuh tempo. Ini merupakan salah satu prosedur dari UangMe untuk mengingatkan pelanggan supaya dapat membayar tepat waktu.

Baca  12 Syarat Pinjam Uang di KOPNUSPOS : Biaya, Bunga & Pengajuan

Ketika sudah mencapai tanggal jatuh tempo barulah proses penagihan akan dimulai sesuai prosedur berlaku. Pada dasarnya terdapat beberapa tahapan telat bayar UangMe mulai dari dihubungi lewat telepon bahkan sampai DC datang kerumah. Lebih jelasnya untuk resiko telat bayar UangMe silahkan simak dibawah ini.

1. Denda Telat Bayar UangMe

Pertama ketika telat bayar secara otomatis kalian akan dikenakan dengan dengan besaran yang sudah tercantum didalam perjanjian. Besaran dendanya memang berbeda beda, jadi silahkan cek kembali perjanjian pinjaman dengan UangMe. Secara otomatis H+1 sesudah jatuh tempo dendanya akan aktif dan muncul kedalam aplikasi UangMe.

2. Ditagih Melalui SMS & WhatsApp

Berikutnya UangMe akan mengirimkan SMS ataupun pesan lewat WhatsApp mengenai tagihan pelanggan. Pihak DC UangMe akan memanfaatkan jalur komunikasi untuk mengingatkan debitur serta menagih pembayaran ke nomor pribadi pelanggan. Kamu akan diberikan waktu 3 hari untuk dapat melunasi pembayarannya.

Pada umumnya pesan yang didapatkan lebih ke pengingat serta memberitahu bagaimana cara melunasinya. Dalam pesannya juga akan tampil informasi pelunasan melalui OTC/mini market dan juga VA/virtual account. Secara otomatis juga denda akan disertakan kedalam total tagihannya.

3. Penagihan Telat Bayar UangMe via Telepon

Ketika pelunasan belum juga terjadi dan pihak peminjam tidak mempunyai itikat baik maka berikutnya adalah penagihan lewat telepon. Pada umumnya penagihannya terjadi setelah 3 hari jatuh tempo, pelanggan akan dihubungi terus menerus ke nomor telepon pribadi yang terdaftar di UangMe. Ketika ada resiko gagal bayar UangMe pada pelanggan tersebut maka akan lebih sering lagi ditelepon.

Jadi dengan adanya telepon maka membuktikan bahwa UangMe sudah berusaha memberitahu debitur mengenai tunggakan hutangnya. Sehingga UangMe berhak mengambil tindakan lanjut sesuai dengan ketentuan OJK serta AFPI.

4. Skor Kredit UangMe Diturunkan

Sesuai dengan ketentuan dari UangMe ketika pelanggan gagal melunasi pinjaman tepat waktu maka skor kreditnya diturunkan. Hal ini akan membuat kesulitan dalam pengajuan ulang pinjaman karena sudah tercatat riwayat tidak lancar. Disamping itu pelanggan akan sulit dalam menaikkan limit pinjaman UangMe karena sudah dibatasi.

5. DC Lapangan Datang ke Rumah

Banyak orang bertanya apakah UangMe ada DC lapangan? Jawabannya UangMe memiliki debt collectro atau DC lapangan yang bertugas menagih kerumah debitur. Jadi ketika pelanggan mengabaikan pemberitahuan pesan serta merespon panggilan telepon maka UangMe berhak untuk menagih di alamat rumah bahkan kantor.

Baca  20 Tabel Angsuran KSM Mandiri 2022

Biasanya DC akan mendatangi alamat debitur ketika sudah 30 hari dari tanggal jatuh tempo, namun bisa juga lebih cepat. Pada dasarnya UangMe bisa menjalin kerjasama dengan pihak DC dibeberapa lokasi asalkan mengikuti aturan berlaku. Jadi ketika pelanggan memang tidak ada itikat baik dan justru mengabaikan peringatan maka siap siap saja didatangi oleh debt collector seperti DC Akulaku.

6. Tagihan Menumpuk & Terus Bertambah

Berikutnya adalah sisi tagihan yang terus bertambah terutama denda berjalan dengan sistem per hari. Jadi ketika pelanggan tidak membayar dalam waktu tertentu maka tagihannya akan terus berjalan. Hal ini pastinya akan sangat merugikan, bisa jadi hutang menjadi berkali kali lipat dibandingkan nominal pinjaman diawalnya.

7. Penagihan ke Kontak Darurat

Berikutnya adalah penagihan secara langsung kekontak darurat dimana meliputi saudara, teman bahkan sampai kerabat dekat. Pengguna memang dapat melakukan cara melihat kontak darurat di UangMe untuk melihat siapay yang terdaftar saat pengajuan pinjaman. Dengan menghubungi kerabat dekat diharapkan debitur mempunyai keinginan untuk membayarkan tagihannya.

Pada dasarnya UangMe akan mengikuti aturan OJK dimana dilarang untuk mengambil serta menggunakan kontak ataupun data telepon dari smartphone debitur. Jadi yang boleh dihubungi hanyalah kontak yang terdaftar pada kontak darurat dimana dimasukkan pada awal pengajuan pinjaman.

8. Masuk Dalam Blacklist OJK

Riwayat pinjaman debitur akan dilaporkan ke OJK ketika telat bayar UangMe. Jadi secara otomatis nama pelanggan akan masuk kedalam riwayat skor kredit buruk dan tidak dapat mengajukan pinjaman pada berbagai fasilitas serta lembaga keuangan. Riwayat kredit akan jadi acuan setiap perusahaan ataupun lembaga dalam memberikan pinjaman sehingga ketika masuk daftar hitam maka dipastikan tidak bisa mengajukan.

Kesimpulan

Ketika dalam prosedurnya ada yang tidak beres maka kalian dapat kontak nomor WA CS UangMe ataupun call center. Masalah telat bayar UangMe memang sering dijumpai karena berbagai macam alasan. Namun perlu disadari bahwa membayar hutang sudah menjadi kewajiban debitur, terlebih sudah menyetujui juga perjanjian diawal.

Meskipun pengajuan pinjaman UangMe mudah namun tidak semerta merta kita bisa seenaknya untuk tidak melunasi tagihannya. Efeknya pasti akan sangat buruk bagi skor kredit serta tidak dapat mengajukan dilembaga keuangan ataupun perusahaan lainnya. Sekian penjelasan idekredit.com, semoga dapat bermanfaat.

Sumber gambar : uangme.id